Cara Menampilkan File dan Folder Hidden di Mac - Tempat Blogging

Cara Menampilkan File dan Folder Hidden di Mac

Cara Menampilkan File dan Folder Hidden di Mac Cara Menampilkan File dan Folder Hidden di Mac

Kita sudah membahas bagaimana cara hidden file dan folder di Mac OS X atau macOS untuk menyembunyikan file dan juga bagaimana cara mengakses file tersembunyi tersebut. Mungkin kau mau tahu bagaimana cara menampilkan file yang tersembunyi tersebut?

Di Finder kau memang tidak akan pernah menemukan cara berbasis GUI untuk dapat menampilkan, setidaknya untuk dikala ini. Namun segala jenis perintah dapat kau kanal melalui Terminal. Inilah kehebatan dan kelebihan Terminal.

Baca Juga: 

Dengan memakai perintah di Terminal, kau dapat melihat file dan folder apa saja yang tersembunyi tanpa aplikasi pemanis apapun. Cukup dengan beberapa baris perintah saja, kau dapat melakukannya.

Berikut ini yaitu tutorial bagaimana cara untuk melihat hidden file di Mac OS X dan macOS beserta semua file dan folder tersembunyi lainnya.

  1. Kamu dapat pergi dulu ke folder apapun di mana kau yakin ada hidden file atau file dan folder tersembunyi. Tetapi kau tidak perlu melakukannya. Langsung saja ke langkah nomor selanjutnya.
  2. Masuk ke Terminal. Lalu ketik perintah di bawah ini untuk memerintahkan sistem operasi OS X atau macOS untuk menampilkan semua file yang tersembunyi. Setelah kau copas, tekan Return atau Enter.
    defaults write com.apple.finder AppleShowAllFiles TRUE
  3. Tepat sesudah mengetik perintah tersebut, beri satu
  4. Masukkan perintah berikutnya menyerupai di bawah ini. Fungsi dari perintah ini yaitu untuk menutup Finder dan memulai ulang lagi dari awal alias restart Finder. Setelah kau salin ke Terminal, pribadi tekan Return atau Enter.
    killall Finder
  5. Jika kau melaksanakan semua perintah dengan urut, maka kau akan mendapat tampilan Terminal menyerupai gambar di bawah ini.
    Cara Menampilkan File dan Folder Hidden di Mac Cara Menampilkan File dan Folder Hidden di Mac
  6. Coba kau masuk lagi ke Finder. Kamu sudah dapat melihat semua file dan folder tersembunyi yang mempunyai status hidden.
    Cara Menampilkan File dan Folder Hidden di Mac Cara Menampilkan File dan Folder Hidden di Mac

Menampilkan file dan folder tersembunyi memang sangat bermanfaat dalam keadaan tertentu. Namun kalau tidak ada keperluan yang penting dan mendesak, sebaiknya tetap biarkan saja semua dalam keadaan default, alias biarkan hidden file tetap tersembunyi dan tidak dapat dilihat oleh user atau pengguna.

Hal ini terang untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja ada yang secara tidak sengaja, atau bahkan sengaja, menghapus salah satu folder penting yang ada di sistem. Misalnya saja folder Adobe Creative Cloud yang secara default tersembunyi.

Bagaimana? Praktis kan?

Sudah Coba?


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Menampilkan File dan Folder Hidden di Mac"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close