Cara Reset PRAM dan NVRAM Mac dan MacBook - Tempat Blogging

Cara Reset PRAM dan NVRAM Mac dan MacBook

Cara Reset PRAM dan NVRAM Mac dan MacBook Cara Reset PRAM dan NVRAM Mac dan MacBook

Bingung dengan istilah PRAM dan NVRAM di Mac? Apa itu PRAM dan NVRAM di Mac dan MacBook? Apa bedanya dengan SMC Mac? Buat kau yang masih belum tahu apa itu PRAM di Mac atau juga NVRAM di Mac, kau tiba ke daerah yang tepat.

Mac dan MacBook sudah dilengkapi dengan OS X atau macOS yang terkenal stabil dan jarang terkena masalah. Begitu juga dengan hardware Mac dan MacBook yang mempunyai kualitas anggun sehingga sangat jarang mengalami dilema pula.

Namun tentu saja yang namanya mesin buatan insan niscaya dapat kena masalah, termasuk juga mesin buatan Apple. Beberapa dilema yang umum ibarat Bluetooth bermasalah, Wifi lambat, dan dilema lain kadang menciptakan kau jengkel kan?

Baca Juga:

Jangan panik, sebab kau masih dapat mencoba untuk memperbaiki dilema Mac dan MacBook dengan reset PRAM Mac atau reset NVRAM Mac. Kamu akan mempelajari cara reset PRAM dan NVRAM tersebut di artikel ini.

 

Apa Itu PRAM atau NVRAM?

PRAM akronim dari Parameter Random Access Memory. NVRAM akronim dari Nonvolatile Randon Access Memory. PRAM lebih terkenal di Mac dan MacBook keluaran lawas, sedangkan Mac dan MacBook gres lebih dikenal dengan istilah NVRAM.

NVRAM ialah memori komputer untuk menyimpan pengaturan tertentu di daerah yang dapat diakses dengan cepat oleh macOS. Pengaturan yang disimpan di NVRAM tersebut tergantung dari jenis Mac yang digunakan.

Beberapa gosip yang disimpan di NVRAM ialah volume speaker, resolusi layar, pilihan disk mulai, gosip panik kernel terkini, dan lain sebagainya. Pengaturan tersebut tidak akan hilang ketika tidak ada listrik.

 

Harus Reset PRAM atau NVRAM di Mac dan MacBook?

Beberapa Mac dan MacBook mengalami dilema yang tidak dapat dideteksi oleh OS X atau macOS. Untuk itulah, melaksanakan reset PRAM di Mac dan MacBook atau reset NVRAM akan sangat membantu dan layak dicoba.

Beberapa dilema tersebut dapat berupa bunyi yang tiba-tiba hilang, gerakan mouse Bluetooth yang tidak beres, trackpad tidak berfungsi, resolusi layar yang tiba-tiba berubah, dan lain sebagainya.

Namun jikalau dilema tersebut ialah dilema OS X atau macOS, kau masih dapat restore Mac dan MacBook kau dengan Time Machine. Baca: Cara Restore Mac dengan Time Machine.

 

Cara Reset PRAM atau NVRAM Mac

Jika kau mengalami dilema yang tidak dapat diselesaikan oleh reset OS X atau restore macOS, maka kau dapat mencoba untuk melaksanakan reset NVRAM Mac. Cara reset NVRAM dan PRAM juga sangat gampang kok.

Untuk kau yang ingin tahu bagaimana cara reset NVRAM dan PRAM di Mac dan MacBook, kau dapat ikuti tutorial gampang berikut ini.

  1. Matikan Mac. Jika Mac dan MacBook masih dalam keadaan menyala, pribadi sja shut down Mac atau MacBook kamu.
  2. Tunggu beberapa ketika sehabis Mac atau MacBook mati. Jangan pribadi dinyalakan Mac dan MacBook kamu.
  3. Siapkan tombol Command (⌘), Option, P, dan R di keyboard. Jangan tekan dulu, namun siapkan saja dirimu untuk menekan kombinasi tombol tersebut di beberapa langkah berikutnya.
  4. Nyalakan Mac atau MacBook kamu. Tentu kau akan mendengar bunyi booting atau bunyi startup Mac sebelum muncul logo Apple.
  5. Langsung tekan dan tahan tombol Command (⌘), Option, P, dan R di keyboard ketika kau mendengar bunyi booting. Tahan terus tombol-tombol tersebut.
    Cara Reset PRAM dan NVRAM Mac dan MacBook Cara Reset PRAM dan NVRAM Mac dan MacBook
  6. Tahan terus hingga Mac atau MacBook melaksanakan restart. Tunggu Mac untuk restart kedua kalinya dan kau mendengar bunyi boot yang kedua.
  7. Kamu sudah dapat melepas tombol-tombol tersebut dan tunggu hingga booting dan login ke desktop.

Beberapa gosip ibarat resolusi, jam, volume speaker, dan lain-lain akan berubah. Tentu saja kau dapat mengubah semua ibarat semula lagi sehabis proses reset NVRAM ini berhasil.

Beberapa dilema Mac dan MacBook dapat diselesaikan dengan cara reset NVRAM atau reset PRAM ini jikalau proses reset macOS gagal. Tidak ada salahnya kan mencoba untuk melaksanakan reset NVRAM di Mac dan MacBook kau ketika ada masalah?

Jika kau masih mengalami dilema dan kerusakan Mac dan MacBook sehabis reset NVRAM atau reset PRAM ini, kau dapat mencoba untuk melaksanakan reset SMC Mac dan MacBook. Baca: Cara Reset SMC Mac dan MacBook.

Bagaimana? Sudah coba reset PRAM dan NVRAM dan berhasil memperbaiki dilema milikmu?

Share pengalaman kau di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Reset PRAM dan NVRAM Mac dan MacBook"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close