11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple - Tempat Blogging

11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple 11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

MacBook yaitu komputer jinjing atau laptop buatan Apple yang mempunyai aneka macam keunikan dan kelebihan. Tidak heran jikalau banyak orang yang mulai melirik perangkat komputer Mac portabel yang satu ini.

Seperti yang kita ketahui, bermacam-macam PC dan laptop Windows sudah biasa ada di sekitar kita. Namun tidak begitu dengan perangkat komputer Mac. Kita hanya menemukan kumpulan pengguna Mac, khususnya laptop MacBook di tempat-tempat tertentu saja.

Baca Juga:

Saya sudah beberapa tahun memakai laptop Windows biasa dan beberapa produk PC Windows, kemudian satu tahun terakhir ini beralih ke Mac dengan memakai MacBook, jadi mungkin bisa dongeng sedikit ihwal keunggulan dan kelebihan MacBook dibandingkan laptop biasa.

 

Produk Flagship Dengan Material Premium

Mungkin kau sering mendengar istilah laptop low entry, mid-end, sampai high-end kan? Berbeda dengan bermacam-macam produsen lain yang bermain-main di semua lapisan pasar, Apple hanya menyasar pasar high-end saja.

 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple 11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

Itu artinya, semua produk MacBook ini yaitu produk flagship yang terang mempunyai kualitas dan kelebihan dibandingkan laptop biasa yang berbeda kelas. Kaprikornus jangan bandingkan MacBook dengan laptop kelas menengah atau kelas bawah, tapi MacBook hanya bisa dibandingkan dengan produk flagship lainnya.

Selain itu, MacBook juga dibekali dengan materi material yang sangat premium. Coba saja pegang dan rasakan bedanya. Beberapa laptop flagship lain yang pernah saya pegang tidak ada yang mempunyai material premium ibarat ini.

 

Layar Berkualitas Bagus

Saat ini sudah cukup banyak PC atau laptop yang dibekali dengan layar 4K atau bahkan 5K. Biasanya resolusi tersebut dijadikan patokan untuk memilih apakah kualitas layar tersebut elok atau tidak. Lalu bagaimana dengan Apple?

 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple 11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple
via Apple

Harus diakui, Apple memang terbilang agak telat untuk mengikuti tren resolusi ini. Mac dengan resolusi 4K dan 5K gres ada di lini iMac kelas atas saja, dan lini laptop MacBook masih belum ada yang support resolusi 4K.

Namun bukan berarti layar MacBook jelek. Apple mempunyai merek dagang sendiri yang berjulukan Retina Display. Tidak peduli berapa resolusi layar, selama layar tersebut berteknologi Retina Display, maka Apple menjamin kualitas layar tersebut sangat elok dan tajam.

Untuk lebih lengkapnya apa itu Retina Display, kau bisa baca artikel terpisah ini. Baca: Apa Itu Retina Display?

 

Hardware Cenderung Awet

Untuk yang satu ini tampaknya juga harus memasukkan faktor penggunaan juga, namun berdasarkan banyak review yang ada di luar sana, hardware Apple ini cenderung lebih abadi dibandingkan dengan laptop biasa.

 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple 11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

Mungkin kau bisa lihat beberapa orang yang menjual MacBook bekas, biasanya baterai masih bisa bertahan 4-5 jam meskipun usia sudah lebih dari 3 tahun. Tentu saja ini lebih baik daripada kualitas dari laptop non Apple.

 

Baterai Tahan Lama

Berapa usang sih baterai laptop bisa bertahan? Rata-rata MacBook bisa bertahan sampai 10 jam untuk penggunaan ringan dan standar saja, bahkan MacBook Air bisa bertahan selama 12 jam, alias baterai yang tahan seharian.

Masih sangat jarang sekali laptop Windows yang bisa bertahan sampai 10 jam. Biarpun ada, niscaya mempunyai faktor lain ibarat kapasitas baterai yang lebih besar. Berbeda dengan MacBook yang lebih mengandalkan penggunaan sumber daya yang optimal.

 

Ukuran yang Pas dan Ringan

Ternyata kapasitas baterai MacBook nggak besar-besar amat kok untuk ukuran produk flagship, yaitu hanya sekitar 5000 mAh saja. Yang lebih mengejutkan sebetulnya yaitu ukuran fisik baterai tersebut. Ya, dengan kapasitas ibarat itu bisa dibentuk sangat kecil.

 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple 11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple

Saat ini, MacBook mempunyai ukuran layar 12 Inch, MacBook Air ukuran 13 inch, dan MacBook Pro mempunyai ukuran 13 Inch dan 15 Inch. Ketebalan dan berat MacBook juga bisa dibilang sangat kecil.

Apple juga beralih ke Intel Core m di lini MacBook 12 inch sehingga sangat memungkinkan Apple menciptakan laptop MacBook super tipis yang pernah dibuat, namun tetap dengan kemampuan terbaik.

 

Sistem Operasi macOS

Pasti kau juga oke kalau cuma MacBook saja laptop dengan sistem operasi macOS. Laptop biasa niscaya memakai OS lain ibarat Windows, Distro Linux, dan lain sebagainya. Lalu apa sih kelebihan macOS dibandingkan Windows?

Untuk lebih lengkapnya, kau bisa baca artikel terpisah ini yang membahas secara lebih lengkap dan mendalam mengenai macOS dan Windows. Baca: Mengapa Mac Lebih Baik Dari PC Windows

 

Minim Virus

Karena macOS berbeda dengan Windows, artinya semua virus yang menyerang Windows tidak akan bisa menyerang Mac dan MacBook. Ketika laptop lain terkena suatu virus, pengguna MacBook bisa hening selama mereka memakai macOS.

Namun Mac tetap bisa kena virus lho. Hanya saja jumlah virus di Mac ini jumlahnya sangat sedikit jadi kau tidak perlu khawatir mengenai hal ini. Baca: Apakah macOS Lebih Aman dan Tidak Bisa Terkena Virus?

 

Kinerja Mulus

Salah satu dampak dari penggunaan macOS yaitu MacBook mempunyai kinerja yang sangat bagus, jauh lebih elok dari laptop biasa. Salah satu alasannya yaitu alasannya yaitu Apple sendiri yang merancang hardware serta software tersebut.

Berbeda dengan laptop lain yang memakai sistem operasi Windows milik Microsoft, sehingga mereka harus menciptakan driver dan software khusus untuk menyesuaikan hardware dan software mereka. Namun para produsen tetap tidak bisa mengakses source code Windows alasannya yaitu bukan open source.

Untuk lebih lengkap mengenai perbandingan kinerja Windows dan juga macOS, kau bisa baca artikel berikut ini. Baca: Mana yang Lebih Cepat? Windows 10 atau Mac OS X?

 

Senjata Developer Apple

Jika kau berencana untuk menyebarkan bermacam-macam aplikasi untuk platform Apple ibarat iOS, macOS, watchOS, dan tvOS, maka mau tidak mau kau harus membeli Mac dengan sistem operasi macOS.

 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple 11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple
via Apple

Bagaimana dengan laptop non Apple lain? Well, ketika ini tidak ada pilihan lain selain membeli Mac atau MacBook alasannya yaitu Apple tidak pernah merilis tool dan SDK ke platform lain selain milik Apple sendiri.

 

Dukungan Apple

Dukungan Apple untuk para pengguna Mac dan MacBook bisa dibilang sangat bagus. Kamu akan menemukan dokumentasi lengkap cara memakai Mac sampai troubleshooting Mac. Tentu ini salah satu kelebihan MacBook dari laptop lain non-Apple.

Jujur saja, saya sudah mencoba menjelajah sana sini bermacam-macam situs web produsen laptop lain namun tidak ada pinjaman yang selengkap Apple. Bahkan ada produsen yang tidak punya dokumentasi sama sekali.

 

Eksklusif

Kelebihan yang mungkin tidak perlu disebutkan lagi. Karena jumlah pengguna Mac dan MacBook terbilang langka dan hanya kaum-kaum tertentu saja yang menggunakannya, maka kau secara tidak langsung dipandang sebagai kaum eksklusif.

 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple 11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple
via Pexels

Nah bagaimana menurutmu? Apakah kau menemukan kelebihan MacBook dibandingkan laptop non Apple lainnya?

Bagikan pendapatmu di kolom komentar ya, dan jangan lupa follow akun Twitter kita 😀


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "11 Kelebihan MacBook dari Laptop Biasa non Apple"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close