5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki - Tempat Blogging

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki 5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

MacBook seringkali menjadi pilihan bagi para pekerja kreatif, tidak terkecuali juga bagi para blogger. Kualitas hardware premium; baterai awet; desain ringan, tipis, dan ringkas; serta platform macOS yang stabil dengan pilihan aplikasi blogger melimpah sering dijadikan sebagai alasan. Banyaknya pilihan aplikasi blogger untuk macOS terkadang menciptakan bingung, khususnya bagi kau yang gres memulai karir di bidang blogging. Untuk itu di artikel ini saya akan memperlihatkan daftar 5 aplikasi blogger untuk Mac yang menjadi andalan di acara blogging saya setiap hari ketika memakai MacBook.

 

1. Aplikasi untuk Menulis: iA Writer

 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki 5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Sebagai blogger, tentu acara utama ngeblog ialah menulis konten. Untuk itu aplikasi word processor (aplikasi untuk menulis) wajib untuk dimiliki. Setelah mencoba banyak sekali macam aplikasi menulis di Mac mulai dari Ulysses, Bear, dsb — pilihan saya jatuh kepada iA Writer.

iA Writer menjadi pilihan utama saya alasannya ialah beberapa alasan:

  1. Sekali bayar, tidak mengharuskan berlangganan bulanan atau tahunan.
  2. Memudahkan fokus menulis dengan menghilangkan banyak sekali distraksi.
  3. Bisa menggabungkan beberapa file artikel menjadi satu dokumen.
  4. Punya administrasi file dan folder baik.
  5. Mendukung markdown yang menjadi format favorit saya untuk menulis artikel.

Sebenarnya saya sempat memakai Ulysses dalam waktu lama, tetapi fleksibilitas iA Writer dalam mengkombinasikan beberapa file menjadi satu — serta fasilitas dalam memasukkan / administrasi gambar ke artikel — menciptakan saya beralih ke iA Writer. Saya semakin teguh memakai iA Writer begitu Ulysses memutuskan beralih dari sistem sekali bayar menjadi berlanggananan. (Baca: Aplikasi Populer Ulysses Kini Mengharuskan Kamu Berlangganan)

Download iA Writer disini

Alternatif aplikasi untuk menulis blog di Mac:

 

2. Aplikasi Screenshot: MonoSnap

 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki 5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Aktivitas penting lain bagi seorang blogger ialah mengambil screenshot. Apalagi kalo blog kau banyak berisi tutorial atau panduan yang mengajarkan suatu hal kepada pembaca. Untuk keperluan mengambil screenshot di Mac, saya mengandalkan aplikasi Screenshot untuk Mac yaitu MonoSnap.

MonoSnap memungkinkan kau mengambil screenshot full screen ataupun area, kemudian pribadi disuguhi dengan editor untuk menambahkan banyak sekali anotasi di screenshot tersebut, contohnya saja tanda panah, teks, blur, dsb.

Download MonoSnap disini

Alternatif aplikasi untuk mengambil screenshot di Macs:

  • Memakai screenshot tool bawaan macOS
  • LightShot

Berbagai cara mengambil screenshot di Mac sudah pernah MacPoin ulas di artikel sebelumnya. (Baca: 6 Cara Mengambil Screenshot di Mac)

 

3. Aplikasi Watermark: PhotoScape X

 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki 5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Agar gambar di blog kau lebih brandable dan tidak jadi favorit dari copasser (blogger nakal yang hobi copy paste artikel dari blog lain untuk dipasang di blog nya tanpa memperlihatkan credit apapun), menambahkan watermark di gambar sangat penting untuk dilakukan. Oleh alasannya ialah itu kau perlu mempunyai aplikasi watermark untuk Mac, dan pilihan saya jatuh kepada PhotoScape X.

Dengan PhotoScape X kau dapat menambahkan watermark di Mac, baik satu gambar ataupun pribadi menambahkan watermark di banyak gambar sekaligus. Selain itu kau juga dapat melaksanakan batch editing ibarat mengatur contrast, brightness, resize, dsb.

Download PhotoScape X disini

Panduan bagaimana cara menambahkan watermark di Mac memakai PhotoScape X sudah pernah MacPoin ulas di artikel sebelumnya. (Baca: Cara Menambahkan Watermark ke Banyak Gambar Sekaligus di Mac)

Alternatif aplikasi untuk menambahkan watermark di Mac:

 

4. Aplikasi Mind Map: XMind

 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki 5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Agar tidak kehabisan tema, saya seringkali memanfaatkan mind map untuk brainstorming. Kaprikornus setiap tema besar akan saya bagi ke sub tema yang lebih kecil, kemudian dibagi lagi ke sub tema yang lebih kecil lagi, sampai ke formasi wangsit artikel yang ingin ditulis. Untuk menciptakan mind map di Mac, XMind menjadi aplikasi mind map terbaik pilihan saya.

Download XMind disini

Alternatif aplikasi Mind Map untuk Mac:

 

5. Aplikasi To-Do List: Things

 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki 5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki

Menjadi blogger itu mudah, tetapi menjadi blogger konsisten — itu yang sulit! Agar dapat tetap konsisten, mempunyai rencana harian yang berisi daftar task yang perlu diselesaikan setiap hari ialah hal wajib. Untuk itu kau memerlukan aplikasi to-do list di Mac, dan dari sekian banyak aplikasi to-do list Mac yang pernah saya coba, Things menjadi pilihan aplikasi to-do list terbaik untuk Mac yang pernah saya gunakan.

Sebenarnya secara fitur Things tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain ibarat Todoist misalnya, hanya saja sistemnya ialah sekali beli (dan ini menjadi metode pembayaran favorit saya, dibandingkan dengan berlangganan bulanan / tahunan).

Download Things disini

Alternatif aplikasi To-do List untuk Mac:

Itulah ulasan sekaligus link download aplikasi blogger terbaik yang saya gunakan setiap hari ketika blogging di Mac. Jika kau punya aplikasi andalan lain untuk acara blogging, pribadi saja bagikan di kolom komentar.


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk Mac yang Wajib Dimiliki"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close