Apple Music dan Spotify Akhirnya Dijadikan Patokan Billboard Chart - Tempat Blogging

Apple Music dan Spotify Akhirnya Dijadikan Patokan Billboard Chart

Spotify Premium Harga Pelajar Resmi Dirilis di Indonesia Apple Music dan Spotify Akhirnya Dijadikan Patokan Billboard Chart

Saya mungkin tidak sempat mencicipi periode di mana tangga lagu musik diperhitungkan melalui radio dan penjualan kaset, tapi tampaknya memang itu gampang dilakukan pada periode sebelum milenium. Pada masa digital, tentu saja radio yang tidak lagi terkenal dan tidak adanya kaset fisik yang dijual menyulitkan untuk menyusun ‘tangga lagu terbaik’ – Maka sistem industri musik pun berevolusi. Billboard, forum tepercaya dalam industri musik, sekarang mulai memperhitungkan sistem langganan musik digital untuk menyusun ‘tangga lagu terbaik’ versinya.

Seperti yang kita ketahui, industri musik telah melalui dua guncangan besar dalam 15 tahun belakangan ini. Yang pertama terjadi ketika iPod, bersama iTunes Music Store, seutuhnya mengubah cara kita mendengar dan membeli musik. Pecinta musik sebelum itu mendengarkan musik melalui CD dan kaset, kemudian perlahan beralih ke sistem digital.

Pergeseran kedua ialah transisi dari membeli musik ke ‘musik langganan’. Selama beberapa tahun terakhir, pertumbuhan layanan streaming musik menyerupai Spotify dan Apple Music melejit dengan dahsyat. Saat ini, Spotify berhasil mengumpulkan 60 juta pelanggan berbayar dan lebih dari 140 juta secara keseluruhan. Apple Music, andalan dari Apple juga terus berkembang. Dengan kekuatan sejarahnya sebagai ‘pengubah dunia musik’, Apple berhasil meraih 30 juta pelanggan sampai ketika ini. Dan tentu saja masih banyak lagi layanan streaming musik lain menyerupai Google, Tidal, dan lainnya.

Dalam upayanya untuk mencerminkan lanskap musik yang telah berubah ini, Billboard ahad ini gres saja mengumumkan bahwa mereka akan mulai ‘memperhitungkan’ musik streaming dari sumber berbayar untuk mentabulasikan peringkat bagi Billboard Hot 100 dan Billboard 200. Jika kau tidak familiar dengan dua chart tersebut, ini ialah chart yang sudah semenjak dulu dipercaya sebagai peringkat musik yang mempunyai prestise tersendiri. Jika kau ialah musisi, maka masuk ke dua chart ini merupakan prestasi!

Berikut ini pernyataan resmi dari Billboard:

Dimulai di 2018, pemutaran yang terjadi di layanan musik langganan berbayar (seperti Amazon Music dan Apple Music) atau langganan berbayar yang terkait platform didukung iklan (seperti Soundcloud dan Spotify) akan diperhitungkan lebih baik pada kalkulasi chart musik dibandingkan dengan yang diputar pada layanan yang didukung iklan murni (misalnya YouTube) atau layanan gratisan.

Tahun 2018 nanti, Billboard akan memakai beberapa komponen perhitungan untuk pemutaran streaming bagi Hot 100, yang mana memperhitungkan streaming berlangganan, streaming yang didukung iklan, dan streaming terprogram. Data penjualan lagu digital juga akan dimasukkan sebagai metrik dari metodologi Hot 100.

Dengan metodologi gres ini, maka jikalau kau banyak mendengarkan lagu tertentu dari platform musik berbayar milikmu, maka besar peluang bagi musisi favoritmu untuk mencapai tangga lagu yang lebih tinggi dan meningkatkan popularitasnya!

 

Sumber: BGR


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apple Music dan Spotify Akhirnya Dijadikan Patokan Billboard Chart"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close