Sejarah Berdirinya Agama Islam Di Indonesia - Tempat Blogging

Sejarah Berdirinya Agama Islam Di Indonesia

Setiap insan pastinya menjalani hidup dengan cara mereka masing-masing. Begitu juga dengan kepercayaan atau yang kerap disebut sebagai Agama. Setiap insan berhak untuk menentukan kepercayaannya tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Terdapat banyak sekali agama di dunia ini. Salah satunya yaitu agama Islam.

Di Indonesia diketahui bahwa dominan penduduknya menganut agama Islam. Meskipun memang tidak sedikit juga yang menganut agama lain atau bahkan tidak mempunyai agama atau yang dikenal dengan sebutan atheis. Nah sebagai penduduk Indonesia, harusnya kita tahu dong bagaimana islam sanggup masuk ke Indonesia. Berikut di bawah yaitu sejarah berdirinya agama islam  di ndonesia.

Baca Juga : Inilah 6 Agama yang resmi dan diakui di Indonesia

Mengenai kapan masuknya agama islam di Indonesia, didapati beberapa pendapat yang berbeda-beda. Diantaranya :
  1. Islam masuk ke Indonesia pada kurun ke-13 masehi, yakni dengan adanya teori gujarat yang beropini islam masuk ke Indonesia pada kurun 13. Selain teori gujarat, ada pula teori Persia yang menyatakan islam masuk Indonesia pada kurun ke 13
  2. Islam masuk ke Indonesia pada kurun ke-11 masehi
  3. Islam masuk ke Indonesia pada kurun ke-7  masehi, hal ini didapatkan dari teori makkah yang dinyatakan oleh Hamka bahwa islam masuk ke Indonesia pada kurun ke-7 alasannya yaitu berdasarkan Hamka, sebelum kurun ke-13 masehi di Indonesia sudah terdapat politik islam jadi pastinya islam masuk sebelum kurun ke-13 masehi. 

Kembali membicarakan mengenai teori-teori yang ada, adanya teori-teori itu tidak lepas dari banyaknya perbedaan dan perselisihan pendapat. Bukan hanya perbedaan pendapat dalam kapan agama islam masuk ke negara tanah air tercinta ini, namun juga terdapat perselisihan pendapat mengenai siapa yang membawa agama islam hingga pada Indonesia. Lantas ada berapakah teori yang ada?

Baca Juga : Cerita bahwasanya perihal ROHINGYA di Myanmar berdasarkan sumber Terpercaya

Terdapat 3 teori yang populer dan menarik untuk dibahas. Berikut yaitu 3 teori tersebut.
  1. Teori Gujarat 
  2. Teori Makkah
  3. Teori Persia

Nah dari 3 teori di atas, terdapat juga 3 pendapat yang berbeda-beda mengenai siapa yang membawa agama islam masuk ke Indonesia, yakni :
  1. Islam dibawa masuk ke Indonesia oleh para pedagang India. Hal ini terdapat pada teori gujarat yang beropini bahwa islam dibawa oleh para pedagang gujarat, India. Teori ini didukung dengan fakta bahwa Indonesia telah usang bekerja sama dengan para pedagang India. Tak hanya itu, teori ini juga didukung oleh pendapat W.F.Stutterheim di dalam bukunya yang berjudul De Islam en Zijn Komst In de Archipel serta pendapat dari Snouck Hurgronje dalam bukunya yang berjudul  Revue de I'Historie des Religious atau L' Arabie et les Indes Neerlandaises. 
  2. Islam masuk dari Arab. Pendapat ini didasarkan pada teori Makkah yang dinyatakan oleh Hamka yang menyebutkan bahwa di pantai barat Sumatera, terdapat pemukiman para pedagang Arab islam berdasarkan info dari Dinasti Tang di Cina. Teori ini juga didukung oleh pendapat J.C Van Leur yang terdapat pada bukunya yang berjudul Indonesia: Trade and Society.
  3. Islam dibawa masuk oleh orang-orang Persia. Hal ini terdapat pada teori Persia yang mempunyai dasar alasannya yaitu banyaknya kesamaan budaya yang terdapat di Indonesia dan yang terdapat di Persia. Pendapat ini dipelopori oleh P.A. Hoesein Djajaningrat. 

Lantas bagaimana sih perkembangan agama islam di Indonesia?

Agama islam masuk ke Indonesia dengan sangat gampang melalui banyak sekali cara termasuk perdagangan alasannya yaitu dominan penduduk berprofesi sebagai pedagang. Islam diterima di Indonesia alasannya yaitu banyak sekali alasan termasuk alasannya yaitu ajarannya yang gampang dan penyebarannya yang dilakukan secara damai.

Baca Juga : Sejarah Valentine Day tanggal 14 Februari yang bahwasanya menyerupai apa !!!

Karena fasilitas itu seiring berjalannya waktu, perkembangan agama islam menjadi lebih besar dengan berdirinya kerajaan-kerajaan islam di Indonesia menyerupai kerajaan Samudera Pasai. Perkembangan ini pun mempunyai efek yang besar pada kehidupan, hubungan sosial, budaya, norma, pendidikan dan pada bidang lainnya.

Itulah sedikit dongeng bagaimana Sejarah berdirinya Agama Islam di Indonesia. Jika teman mempunyai pengetahuan lain silahkan berikan informasinya di kolom komentar. Inggin mengenal lebih dalam perihal Agama Islam silahkan teman berkunjung ke situs Newbie Islam. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Sumber https://www.mastimon.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Sejarah Berdirinya Agama Islam Di Indonesia"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close