10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo - Tempat Blogging

10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Kamu pengguna Windows, apakah sudah pernah coba pakai macOS di Mac atau MacBook? Sistem operasi macOS di setiap jajaran komputer Apple tersebut terang berbeda dengan sistem operasi Windows dari Microsoft. Lalu apa aja sih bedanya?

Untuk kau yang belum pernah pakai Mac atau MacBook, setidaknya ada 10 fitur di Mac yang menarik buat kau ketahui. Apa sajakah fitur-fitur tersebut? Yuk simak selengkapnya di bawah ini 🙂

 

Update macOS Gak Pernah Maksa

Apple memang cukup rajin memperlihatkan update ke macOS. Baik update minor dalam beberapa bulan sekali, perbaikan bug yang ditemukan, atau juga update mayor macOS yang dirilis setahun sekali. Terlepas dari apa isi update tersebut, ada satu hal yang saya suka dari update macOS ini kalau dibandingkan dengan Windows.

Sistem operasi macOS tidak pernah memaksa update macOS apapun untuk didownload secara otomatis. Kamu bisa menentukan untuk download update otomatis atau manual. Sistem operasi cukup memperlihatkan notifikasi kalau ada update gres yang tersedia, dan pengguna bisa menentukan apakah mau install update tersebut kini juga atau download nanti secara manual. Bahkan kalau update macOS sudah didownload, proses install update juga masih bisa ditunda.

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Sistem operasi Windows 10 memang populer cukup sering memperlihatkan update melalui Windows Update, namun proses download dan installnya tidak bisa ditunda dan terkesan memaksa. Biarpun bisa ditunda, itupun niscaya memakai trik tertentu.

Belum lagi dikala Windows Update mengunduh update secara diam-diam, kemudian dikala pengguna melaksanakan restart PC, pengguna harus melihat proses instalasi update terlebih dahulu. Tentu ini hanya akan buang-buang waktu saja. Kamu tidak akan menemukan hal semacam ini di macOS.

 

Time Machine

Kamu pernah dengar saran dari orang lain untuk backup data sebelum install update atau oprek-oprek sistem operasi komputer? Ya, Mac punya Time Machine yang merupakan fitur backup data yang sangat manis dan bermanfaat kalau sewaktu-waktu kau memerlukan cadangan data yang hilang.

Cukup sambungkan disk eksternal, atur Time Machine di disk atau partisi tertentu, dan biarkan Mac menciptakan backup semua data kau dalam beberapa waktu sekali. Jika merasa repot, kau bisa backup secara manual, dan bisa dilakukan dalam beberapa hari sekali.

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Yang cukup mengesankan dari Time Machine ini yaitu bukan cuma menyalin data-data dan file pengguna saja, tetapi juga menyalin seluruh sistem operasi macOS. Kamu bisa mengembalikan seluruh isi dan kondisi Mac ke waktu yang kau inginkan. Misalnya saja 3 bulan yang kemudian Mac tidak punya masalah, kita bisa gunakan Time Machine untuk mengatur semoga kondisi Mac bisa sama ibarat kondisi 3 bulan yang lalu.

 

Quick Preview

Quick Preview, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Quick Look yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat isi file tanpa perlu membuka file tersebut. Bukan cuma sekumpulan file dengan format yang sama, tetapi semua jenis file bisa kau buka dengan Quick Preview.

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Fitur Quick Preview ini sering saya gunakan dikala harus berurusan dengan aneka macam file. Saya malas untuk membuka file gambar, video, PDF, dan lain-lain hanya untuk sekedar melihat file tersebut. Jauh lebih mudah memakai Quick Preview.

 

Defragging Disk

Salah satu perbedaan lain dari Mac File System dengan Windows File System yaitu urusan defrag disk. Mac tidak memerlukan proses defrag disk secara manual. Semua proses maintenance disk tersebut akan dilakukan oleh macOS di belakang layar, dan pengguna tidak perlu melaksanakan apapun.

Itulah sebabnya Disk Utility di Mac sudah tidak lagi memperlihatkan fitur defrag disk mulai dari Mac OS X 10.2. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan Windows. Bahkan di situs Microsoft Support sendiri menyediakan halaman web khusus untuk memuat warta defragment disk untuk meningkatkan performa Windows. Meskipun tentu, defragment disk di Windows juga sudah tidak perlu dilakukan lagi kalau memakai SSD.

 

Install Aplikasi Cuma Drag and Drop

Install software dengan cara next, next, dan next? Di Mac, kau hampir tidak akan menemukan cara install software semacam ini. Hampir semua software di Mac bisa kau install cukup dengan Drag and Drop ke folder aplikasi saja.

Di Mac sendiri biasanya dikala kau download software, kau akan mendapat file dalam bentuk .app, .dmg, atau .pkg.

Jika file yang kau download berformat .app, maka aplikasi tersebut bisa eksklusif kau buka, dan drag and drop saja ke folder Aplikasi semoga muncul di daftar Launchpad. Jika kau download file .dmg, file ini yaitu disk image semacam file .ISO di Windows. Ketika dibuka, biasanya kau akan menemukan file .app yang sudah bisa kau drag and drop ke folder aplikasi.

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Satu-satunya file aplikasi yang juga punya langkah-langkah next – next – next yaitu file .pkg. Namun file .pkg ini sangat jarang ditemui. Sejauh pengalaman saya yang mungkin sudah pernah install ratusan aplikasi Mac, cuma software Corel AftarShot Pro 3 dan Microsoft Office saja yang punya ekstensi .pkg. Selebihnya ya drag and drop saja.

 

Uninstall Aplikasi Juga Cukup Dengan Drag and Drop

Mau uninstall software Windows? Kamu mungkin juga akan ketemu dengan proses next – next – next yang nggak kalah merepotkan. Di Mac, proses uninstall aplikasi kebanyakan juga sama, cukup drag and drop saja. Hanya saja, kali ini kau harus melaksanakan drag and drop dari folder Aplikasi ke Trash Can, sebuah kawasan yang ibarat dengan Recycle Bin di Windows.

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Mau cara yang lebih gampang? Kamu bisa download bermacam-macam software uninstaller ibarat CleanMyMac untuk menghapus banyak aplikasi dalam satu proses saja. Untuk warta lengkap, kau bisa baca di sini -> Cara Hapus Aplikasi di Mac dan MacBook.

 

Gak Melulu Minta Restart

Setelah proses install software, uninstall software sampai download Windows Update, kau niscaya sering “dipaksa” untuk restart Windows kan? Tentu saja, saya juga sering mengalami hal ini dulu. Cuma install satu software tetapi perlu restart semoga proses pemasangan berjalan sempurna. Lebih menjengkelkan lagi kalau dikala proses restart tersebut juga sambil install update Windows. Duh..

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Namun, yang tersebut akan sangat jarang kau temui di macOS. Install software cuma drag and drop, selesai. Tercatat, hanya proses install update sistem saja yang memerlukan restart, ibarat update mayor macOS atau update security patch. Untuk sekedar install dan uninstall software, sangat jarang sekali yang minta restart.

 

Driver Mac

Siapa nih yang punya perangkat printer, scanner, atau bahkan flashdisk yang tidak bisa dibaca di PC atau laptop lantaran drivernya tidak ada, rusak atau error? Saya sering mengalaminya, tapi dulu waktu masih pakai laptop Windows. Apalagi kalau CD bawaan yang isinya driver hilang.

Kamu memang bisa download driver dari situs resminya, namun itupun juga belum tentu ada, khususnya untuk perangkat tua. Belum lagi kalau driver tersebut gak support Windows terbaru. Seharian bisa jadi hanya ngurusi driver yang gak support.

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Hal inilah yang menjadi kelebihan macOS di Mac dan MacBook. Kebanyakan periperal tersebut bisa eksklusif jalan dikala ditancapkan. Nancepin flashdisk gak perlu nunggu proses installing driver. Sekarang saya bisa memakai printer lawas saya lagi, yang tidak bisa digunakan di Windows lantaran CD drivernya hilang dimakan waktu.

 

Multi-Touch Gesture

Multi-Touch Gesture di Mac ini memang harus diakui sangat keren. Tak perlu install software tambahan atau tweak ini-dan-itu, semua bisa berjalan eksklusif dikala Mac keluar dari kotaknya. Apa saja gesture keren tersebut? Kamu bisa baca halaman Apple mengenai Multi-Touch Gesture Mac di sini.

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Untuk kau pengguna iMac, kau bisa pakai Magic Trackpad atau Magic Mouse yang sudah tersedia dalam paket penjualan. Pengguna MacBook bisa eksklusif pakai Trackpad bawaan, atau beli aksesoris Magic Trackpad atau Magic Mouse secara terpisah.

 

Komputer Mac Bisa Install Windows Lho…

Ketika PC dan laptop Windows tidak bisa diinstall OS X atau macOS, komputer Mac bisa diinstall Windows secara resmi, dan legal. Dalam konteks ini, kita tidak memasukkan Hackintosh ya, lantaran memang Hackintosh ini bukan cara resmi dari Apple, dan tentu saja sangat tidak disarankan -> Baca: Apa itu Hackintoh dan Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya.

Di komputer Mac kau bisa install Windows secara dual boot. Ya, kau bisa ubah Mac dan MacBook menjadi sebuah PC atau laptop Windows. Bahkan cara dual boot Windows dan Mac ini terbilang sangat mudah. Kamu bisa baca tutorialnya di sini -> Baca: Cara Install Dual Boot Windows dan Mac Dengan Boot Camp.

 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo 10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo

Bagaimana performa Windows di komputer Mac? Apakah tetap cepat atau dibatasi? Banyak yang bilang kemampuan Windows di Mac ini sengaja dibatasi oleh Apple. Namun hasil benchmark memperlihatkan tidak ada perbedaan signifikan dengan kinerja macOS. Baca: Lebih Cepat Mana? OS X atau Windows?

Tapi apakah ini bukti bahwa saya pembela fanatik Mac? Tentu saja tidak. Saya juga mencicipi beberapa hal yang kurang menyenangkan di Mac. Untuk lebih lengkapnya, kau bisa baca di artikel ini -> 8 Hal yang Saya Tidak Suka di Mac.

Inspirasi: Lifewire, Sunday Express, How to Geek


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "10 Fitur Mac yang Bikin Pengguna Windows Melongo"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close