10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman - Tempat Blogging

10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman 10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman
via Pexels

Meskipun di awal-awal update macOS High Sierra ini mendapat banyak kritikan soal keamanan Mac, mulai dari KRACK hingga bug saluran root tanpa password, namun macOS masih dianggap lebih kondusif dari Windows.

Apple memang cukup rajin dan cekatan dalam merilis update security dikala ditemukan celah keamanan di Mac. Untuk hal-hal semacam ini, ini yaitu urusan Apple. Lalu kita sebagai pengguna, apakah ada cara meningkatkan keamanan Mac dan MacBook?

Beberapa tips sederhana ini dapat kau terapkan untuk menciptakan Mac dan MacBook menjadi lebih aman. Mulai dari lebih kondusif dari serangan agenda jahat atau malware menyerupai virus, hingga kejahilan orang-orang di sekitar kita.

 

Password Mac / MacBook

Tips keamanan pertama yang paling penting yaitu password macOS. Ya, password ini yaitu password yang dipakai dikala kita akan login ke Desktop sesudah menyalakan Mac atau memulai Mac dari kondisi sleep.

Untuk sekedar masuk dan login ke Desktop, tentu saja kau dapat login tanpa password. Namun tahukah kau jikalau password ini juga sangat penting untuk menjaga saluran user lain yang mungkin saja tidak bertanggung jawab?

 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman 10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman
via Apple

Bukan cuma sekedar masuk dan login ke Mac atau MacBook kamu, orang lain juga dapat menginstall agenda jahat ke sistem macOS. Jika proses ini melibatkan modifikasi sistem, maka macOS akan meminta password manajemen sebelum melanjutkan proses.

Jika tidak ada password Mac, maka orang lain dapat bebas masuk ke Mac dan mengubah pengaturan sistem, menghapus file, menginstal agenda jahat, dan lain sebagainya. Kaprikornus kau wajib menciptakan password di Mac. Sekedar tips, gunakan password yang unik yang beda dari yang lain, namun tetap kondusif serta tidak gampang ditebak oleh orang lain.

 

Guest User

Jika kau ingin mempersilakan orang lain memakai Mac atau MacBook milikmu, saran saya jangan sekali-kali kau beri saluran akun Admin. Bukan bermaksud pelit, tapi bukankah mencegah sesuatu hal jelek terjadi itu lebih baik?

Hal jelek apa yang saya maksud ini? Bisa jadi orang lain yang pinjam Mac kita tidak sengaja menghapus file penting milik kita, atau mungkin malah memang sengaja melaksanakan hal-hal buruk, install software berbahaya, mengakses web yang berpotensi mengandung virus, dan lain sebagainya.

 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman 10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Solusinya yaitu kita dapat mempersilakan orang tersebut untuk memakai Guest User. Mode ini tidak akan dapat mengakses semua pengaturan dan hal-hal lain yang dapat dilakukan oleh admin. File dan semua data yang ada di akun Admin juga tidak dapat diakses dari Guest User ini.

Untuk tutorial lengkap cara memakai Guest Mode di macOS ini, kau dapat baca artikel lengkap di sini -> Baca: Cara Menggunakan Guest Mode di Mac dan MacBook.

 

Two-Step Verification

Ingin keamanan embel-embel untuk saluran Apple ID? Kamu dapat mengaktfikan Two-Step Verification. Verifikasi ini nantinya selain melibatkan Mac itu sendiri, juga akan melibatkan perangkat Apple lain juga, menyerupai iPhone, iPad atau iPod Touch.

Untuk lebih jelasnya mengenaik fitur Two-Step Verification ini, kau dapat selengkapnya di sini -> Baca: Apa Itu Verifikasi Dua Langkah Apple ID?

 

Firewall macOS

Apa itu Firewall? Firewall yaitu suatu sistem yang dirancang untuk mencegah saluran yang tidak diinginkan dari atau ke dalam suatu jaringan. Intinya sih, Firewall menciptakan saluran ke jaringan menjadi lebih aman, entah itu saluran keluar atau saluran masuk.

 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman 10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Kalau kau termasuk orang yang gemar dengan software Anti Virus, niscaya juga sering mendengar istilah Firewall ini. Beberapa software Anti Virus sering mengklaim bahwa Firewall mereka yaitu yang terbaik dari yang terbaik.

Untungnya, kau tidak perlu install software apapun lantaran macOS sudah punya fitur Firewall built-in. Cukup aktifkan saja, dan pengguna Mac dan MacBook dapat mendapat keamanan embel-embel secara otomatis.

 

Pilihan Install Aplikasi Mac

Software yang disarankan untuk diinstall ke macOS hanyalah aplikasi dari App Store dan juga software dari pengembang terpercaya saja. Selain itu, sangat tidak disarankan untuk menginstall software dari pihak yang kurang terpercaya.

 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman 10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Itu sebabnya saluran install software Mac dengan penerbit yang kurang terpercaya menjadi dihilangkan secara default di macOS Sierra. Meskipun demikian, kau masih dapat mengaktifkannya dengan sedikit trik. Baca: Cara Install Semua Software ke macOS.

Meskipun bisa, namun saya sarankan sih jangan pernah install software dari sumber yang tidak terpercaya. Kecuali kau memang benar-benar mengetahui bahwa sang developer tidak memasang agenda jahat, maka dalam hal ini tidak masalah.

 

FileVault

FileVault yaitu fitur yang menciptakan startup disk di Mac dan MacBook menjadi terenkripsi. Dengan dienkripsinya semua isi disk, tentu saja file-file yang ada di dalamnya menjadi lebih aman, khususnya jikalau kau yaitu orang penting yang menyimpan banyak isu penting pula.

 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman 10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Kamu dapat membaca informasi lengkap FileVault di sini. Namun saya pribadi tidak memakai fitur ini. Pernah sih sekali, tetapi saya memang bukan orang penting karenanya saya matikan lagi fitur ini, hehe…

 

Privasi

Program jahat dapat saja mencuri data dari pengaturan privasi lho. Beberapa isu privasi menyerupai lokasi, kontak, kalender, dan bahkan semua username dan password di Keychain.

Setiap software yang terinstal di macOS kadang akan meminta izin untuk mengakses isu tertentu. Jika aplikasi tersebut yaitu aplikasi penting dan berasal dari sumber terpercaya, kau dapat menunjukkan saluran tersebut. Jika tidak, sebaiknya jangan beri akses.

 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman 10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Kamu dapat meninjau apa saja aplikasi yang dapat mengakses bermacam-macam isu privasi di System Preference – Security & Privacy. Jika dirasa ada aplikasi aneh yang memakai saluran privasi, pribadi matikan saja aksesnya. Bila perlu, hapus juga aplikasinya.

 

Sharing

Mac dan MacBook juga dapat mengakses fitur sharing dengan komputer atau perangkat lain dalam satu jaringan yang sama. Mulai dari File Sharing, Bluetooth Sharing, Printer Sharing, dan lain sebagainya. Kamu dapat cek di System Preference – Sharing.

 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman 10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman

Jika memang tidak diperlukan, maka sebaiknya matikan saja fitur sharing tersebut. Kamu dapat aktifkan lagi jikalau memang benar-benar membutuhkan fitur sharing ini. Misalnya saja File Sharing. Bisa jadi ada saluran asing yang masuk ke komputer tanpa sepengetahuan kita jikalau kita lupa tidak mematikan File Sharing.

 

Firmware Password

Khawatir orang lain akan memakai Mac atau MacBook milikmu untuk booting dengan memakai disk eksternal? Kamu dapat pakai Firmware Password untuk mencegah booting dari disk eksternal secara sepihak oleh orang lain.

Password ini hanya akan diminta dikala Mac ingin dimulai / boot dari ekstenal disk, boot ke Recovery Mode, Single User Mode, dan beberapa kondisi lain. Tentu saja hal ini menciptakan saluran orang lain.

 

Install Anti Virus Mac?

Secara teori, memasang software Anti Virus di Mac tentu saja menciptakan Mac menjadi jauh lebih kondusif dari virus. Namun apakah Anti Virus di Mac ini benar-benar sebuah kebutuhan yang mendesak?

Jika kau sudah menerapkan semua tips keamanan di atas, sesungguhnya kau tidak perlu software Anti Virus. Ya, cukup install software legal dari sumber terpercaya, mengaktifkan firewall, menciptakan password admin, dan lain-lain sudah cukup untuk menciptakan Mac aman.

Selain itu reputasi software Anti Virus, di Windows misalnya, dapat menjadikan performa komputer menjadi menurun. Hal ini lantaran Anti Virus terus bekerja di latar belakang dan memindai semua file dan data di dalam komputer. Kaprikornus kalau sudah cukup aman, lebih baik tidak usah install Anti Virus. Baca: Apakah Komputer Mac dan MacBook Lebih Aman dari Virus?

Bagaimana? Punya tips lain untuk meningkatkan keamanan di Mac dan MacBook?


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "10 Tips Keamanan macOS Agar Mac Menjadi Lebih Aman"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close