Mana yang Lebih Baik, Update iOS via OTA atau iTunes? - Tempat Blogging

Mana yang Lebih Baik, Update iOS via OTA atau iTunes?

 iPad dan juga iPod Touch dapat dilakukan dengan dua cara Mana yang Lebih Baik, Update iOS via OTA atau iTunes?

Update iOS untuk iPhone, iPad dan juga iPod Touch dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara download eksklusif dari perangkat, atau yang lebih dikenal dengan nama Over the Air (OTA) atau juga update iOS dari iTunes di PC dan laptop.

Kedua metode dan cara update iOS ini tentu punya perbedaan, kelebihan dan juga kekurangan. Apa sajakah itu, dan sebaiknya saya pilih metode update iOS yang mana? Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan update OTA dengan iTunes, kau dapat baca artikel berikut ini.

Baca Juga:

 

Update OTA Lebih Mudah

Harus diakui, update OTA memang jauh lebih mudah. Bagaimana tidak, kau cukup siapkan koneksi internet saja untuk download, dan kalau sudah terdownload ya tinggal install saja. Tunggu hingga proses selesai.

Beda halnya update iOS dari iTunes. Kamu perlu komputer desktop untuk proses update iOS. Jika masih belum ada aktivitas iTunes, kau harus download dan install iTunes dulu. Belum lagi kau harus menyambungkan iPhone ke komputer. Ketika proses update iOS, pastikan koneksi iPhone ke komputer tidak terputus.

 

Update iTunes Lebih Aman?

Meskipun update iTunes lebih merepotkan, namun update iTunes ini kabarnya menyimpan aneka macam kelebihan. Salah satunya yaitu lebih kondusif dari sisi proses update iOS.

Ini sebab update dari iTunes selalu memperbarui keseluruhan iOS, sedangkan update OTA hanya semacam patch untuk mendapat update terbaru. Hal ini dapat dilihat dari ukuran update iOS di iTunes yang selalu besar, dapat hingga bergiga-giga. Sedangkan update OTA ukurannya relatif kecil dan bervariasi.

Selain itu, perbedaan dari update iTunes juga selalu diikuti oleh proses backup otomatis. Makara contohnya saja perangkat iOS mengalami problem sesudah update iOS, maka kau tidak perlu khawatir akan backup, sebab semua sudah dibackup secara otomatis.

Selain itu, proses update dengan OTA membutuhkan koneksi Wi-Fi yang stabil. Jika koneksi Wi-Fi melambat atau bahkan terputus, ada kemungkinan proses download juga akan terhenti, sehingga menyebabkan file corrupt. Namun masalah ini jarang terjadi. Berbeda dengan proses update dari iTunes, sebab download dari PC dan kalau terjadi file corrupt, belum akan berdampak pada perangkat iOS milikmu.

Kelebihan update iOS dari iTunes yang lainnya yaitu proses update yang juga diikuti proses pengisian daya baterai. Hampir dapat dipastikan, proses update iOS yang usang kau tidak akan kehabisan daya baterai.

Kelemahan proses update iOS dari iTunes ini terletak pada PC atau laptop yang kau gunakan. Jika tiba-tiba listrik mati atau laptop mati kehabisan baterai, tentu saja update akan terganggu. Inilah salah satu hal yang menjadi keunggulan update OTA, sebab tidak membutuhkan derma PC atau laptop.

 

Kesimpulan

Kalau tujuanmu yaitu untuk update iOS saja, tentu saja kau bebas menentukan untuk update melalui OTA atau dari iTunes di komputer. Tidak ada perbedaan yang berarti antara OTA dengan iTunes. Kalau saya pribadi, lebih suka update via OTA sebab saya tidak niscaya selalu berada di depan komputer. Dengan update OTA, cukup tap download untuk memulai proses pengunduhan, dan kalau sudah siap, tinggal install saja.

Namun ada kalanya tidak ada koneksi internet dari Wi-Fi. Yang ada hanya koneksi internet dari kabel ethernet, tentu saja kalau kepepet, saya dapat menentukan opsi update dari iTunes dengan koneksi internet dari kabel ethernet saya tancapkan di komputer untuk download iOS.

Bagaimana? Kamu lebih suka download iOS dari iTunes apa cukup OTA saja?


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mana yang Lebih Baik, Update iOS via OTA atau iTunes?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close