Apakah Aku Harus Mencar Ilmu Java Atau Kotlin Dulu? - Tempat Blogging

Apakah Aku Harus Mencar Ilmu Java Atau Kotlin Dulu?

Mungkin itu salah satu pertanyaan yang muncul , di benak kalian. Saat kalian tahu bahwa, Kotlin telah menjadi bahasa resmi alternatif . untuk menyebarkan Aplikasi Android, yang telah di umumkan oleh Google , ketika program Google I/O 2017 ,beberapa bulan yang lalu. Namun , ada satu hal yang perlu kalian  ketahui. Bahwa , Kotlin ketika ini,hanya menjadi bahasa alternatif ,sama halnya ibarat bahasa Swift ,di perangkat iOS. Yang artinya , untuk menciptakan dan menyebarkan Aplikasi Android , bahasa utamanya masih memakai bahasa pemrograman Java, dan akan berlaku tetap selamanya(setidaknya hingga ketika ini). 


 Mungkin itu salah satu pertanyaan yang muncul  Apakah Saya harus Belajar Java atau Kotlin dulu?

Kaprikornus kalau kalian  seorang pemula ,yang ingin menciptakan dan menyebarkan Aplikasi Android, secara native. Sebaiknya , kalian harus belajar Java terlebih dahulu, sebelum lanjut ke belajar bahasa Kotlin.  Karena ada beberapa point , yang kalian harus pahami , untuk berguru bahasa Kotlin. Berikut mari kita simak daftar/list pointnya:


  • Masih tergolong baru

Meskipun Kotlin,  telah dikembangkan semenjak tahun 2010. Akan tetapi ,versi publicnya 1.0 gres dirilis pada bulan Februari 2016 kemarin, yang artinya masih sangat-sangat tergolong bahasa pemrograman baru. Kaprikornus sebaiknya kalian berguru java terlebih dahulu , mengingat Java sudah tergolong bahasa yang lawas sekitar 20 + tahun yang kemudian , komunitas Java yang besar dan luas ,serta dokumentasi yang lengkap , di situs web resminya.

  • Sebagai Side Project

Yang niscaya ,saya bukan melarang kalian untuk belajar bahasa Kotlin.  Namun ,setidaknya kalian dapat menimbulkan Kotlin ,sebagai Side Project. Kaprikornus kalian tetap memakai bahasa pemrograman Java ,untuk menciptakan dan menyebarkan Aplikasi Android. Nah , di sela-sela waktu , kalian dapat berguru bahasa bahasa Kotlin ,dengan project kecil-kecilan.  

  • Resource yang masih sedikit

Karena masih tergolong baru, otomatis resource yang ada masih sedikit , hingga ketika ini. Meskipun ,sebelumnya saya telah membagikan artikel tentang Referensi Untuk Tempat Belajar Bahasa Pemrograman Kotlin. Kaprikornus untuk sementara , kalian harus memaklumi ,dengan berguru lewat resource yang seadaanya.


Demikan ,beberapa point yang harus kalian pahami sebelum beralih atau bermigrasi ke Kotlin. Terlepas dari kelebihan yang di tawarkan Kotlin ,di bandingkan Java, yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Selebihnya , tergantung kalian ,jika kalian ingin berguru Kotlin terlebih dahulu. Saya hanya membagikan beberapa point ,yang saya ketahui. Terima Kasih.



Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apakah Aku Harus Mencar Ilmu Java Atau Kotlin Dulu?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close