Belajar Menciptakan Aplikasi Pertama Hello World Dengan Kotlin Android
Sunday, March 25, 2018
Add Comment
Setelah sebelumya , kita telah menginstall plugin Kotlin di Android Studio, yang sanggup kalian baca artikelnya disini. Nah , pada artikel tutorial berguru android kali ini ,kita akan mencoba menciptakan Aplikasi pertama , atau sanggup dibilang Hello World ,dengan memakai bahasa pemrograman Kotlin di Android Studio. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, Kotlin didukung sepenuhnya di Android Studio versi 3.0. Karena kini masih dalam tahap pengembangan ,yang dimana mungkin tidak usang lagi akan rilis versi stable atau stabilnya. Makara disini , tepatnya pada artikel ini kita memakai Android Studio versi 2.3.3. Berikut mari kita simak tutorialnya:
Baca juga sebelumnya : Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman Kotlin
Konfigurasi atau Setting Gradle Kotlin :
- Sebelum itu , kita harus terlebih dahulu ,mensetting atau mengkonfigurasi gradle plugin Kotlin di Android Studio. Berikut mari kita simak caranya:
Cara otomatis :
Pada bab sajian pilih Tools > Pilih Kotlin > Lalu pilih Configure Kotlin in Project
Configure Kotlin in Project |
Cara manual :
Pada bab build.gradle( Project : Nama Project) , kalian sanggup setting menyerupai ini :
build.gradle( Project : Nama Project) |
Pada bab build.gradle(Module:app) , kalian sanggup setting menyerupai ini:
build.gradle(Module:app) |
Mulai Membuat Aplikasi Pertama :
1. Pertama-tama , kalian sanggup menciptakan project gres ,atau yang sudah ada di Android Studio.
2. Sekarang kita akan mencoba mengconvert isyarat MainActivity.java , yang biasa kita gunakan secara default , ketika kita menciptakan project gres , menjadi MainActivity.kt.
3. Kalian sanggup menentukan sajian Code > Pilih Convert Java File to Kotlin File , atau kalian sanggup menekan tombol Ctrl +Alt + Shift + K, pada keyboard di Komputer atau Laptop kalian. Untuk lebih jelasnya , kalian sanggup lihat pada gambar dibawah:
Code > Convert Java File to Kotlin File |
4. Lalu tunggu proses converting, yang akan muncul menyerupai pada gambar dibawah:
Converting |
(i) Tidak semua baris code di bahasa pemrograman Java , sanggup kita convert ,terkadang ada beberapa baris code yang ,kita wajib tahu syntax dan coding dari bahasa pemrograman Kotlin. Makara tidak menjamin 100% akurat.
5. Jika sudah selesai , kita kini melihat file MainActivity.kt yang telah di convert ke bahasa pemrograman Kotlin. Yang sanggup kalian lihat perbandinganya pada pola code di bawah:
Contoh code:
Convert Java ke Kotlin |
Penjelasan:
Kalian sanggup mengconvert Java ke Kotlin , dengan code yang sedang di kerjakan sebelumnya , jadi tidak perlu kosong, menyerupai pada pola code di atas ,yang dimana hanya Empty Activity saja.
Kalian sanggup lihat perbedaanya , seperti kita tidak perlu lagi adanya titik koma (;) untuk mengakhiri code,yang biasanya menjadi salah satu duduk kasus kebanyakan pemula. Code yang di ringkas (concise) ,menjadi lebih gampang dibaca dan ditulis.
6. Setelah itu , sebelum lanjut lagi ke MainActivity.kt , kita ke layout terlebih dahulu di activity_main.xml , kita akan mulai dengan menciptakan TextView dan Button. Kalian sanggup drag dari Palette ke layar preview Aplikasi.
activity_main.xml |
Karna disini saya memakai Constraint Layout , kalian sesuaikan dengan posisinya biar terilhat rapi ketika di jalankan Aplikasinya,atau kalian sanggup melihat pola code dibawah:
activity_main.xml
activity_main.xml |
7. Sekarang kita kembali lagi ke MainActivity.kt. Disini kita akan menciptakan TextView , berkembang menjadi text "Hello World" , kemudian ketika Button di klik akan merubah text "Hello World" menjadi "OKEDROID", di ikuti dengan pesan text Toast. Berikut mari kita simak pola codenya:
MainActivity.kt
MainActivity.kt |
Penjelasan :
Dengan memakai import kotlinx.android.synthetic.main.activity_main.* merupakan Kotlin Android Extension , yang ditujukan untuk menggantikan fungsi findViewById() ,yang rawan bug dan kesalahan lainnya.
Makara kita tidak perlu lagi menciptakan objek gres ,lalu menggunakan findViewById() ,
Kita hanya perlu menulis code, berdasarkan nama ID , yang telah di definisikan di activity_main.xml , lalu tinggal kita panggil methodnya menyerupai setText , dan setOnClickListener, lalu sesuaikan dengan objek tersebut.
Seperti pada pola code diatas , textView dan button , menjadi extention property di dalam Activity ,yang sama tipenya dengan yang ada di activity_main.xml .
Hasilnya kira-kira akan menyerupai di video berikut:
0 Response to "Belajar Menciptakan Aplikasi Pertama Hello World Dengan Kotlin Android"
Post a Comment
Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)
NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".
Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda