Belajar Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman Kotlin - Tempat Blogging

Belajar Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman Kotlin

Pada artikel kali ini,   kita akan berguru wacana pengenalan Kotlin , serta membahas lebih dalam, wacana  apa itu bahasa pemrograman Kotlin. Di karenakan pada artikel sebelumnya , mungkin masih sedikit yang belum mengenal,  dan memahami bahasa pemrograman Kotlin. Karena jujur, sebelumnya saya tidak terlalu tertarik dengan Kotlin , namun sesudah di resmikan dan menjadi bahasa alternatif oleh Google , untuk menciptakan dan menyebarkan Aplikasi. Saya jadi begitu excited , untuk mempelajari bahasa pemrograman Kotlin. Oke , tidak perlu basa-basi lagi , pribadi saja mari kita bahas:


 kita akan berguru wacana pengenalan Kotlin  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman Kotlin



Sekilas wacana Kotlin :

Kotlin ialah bahasa pemrograman gres ,yang dikembangkan oleh JetBrains (2010) , selaku developer dan perusahaan teknologi yang menyebarkan IntelliJ IDEA , sesudah melalui tahap pengembangan , pada bulan Februari 2016 ,Kotlin versi 1.0 stabil dirilis. Nama Kotlin terinsipirasi dari nama pulau,  di bersahabat St. Petersburg negara Rusia. Sama halnya Java yang terinspirasi dari nama pulau di Indonesia. Kotlin ialah bahasa pemrograman baru, yang di buat untuk menyempurnakan kekurangan, dari bahasa pemrograman Java, yang mempunyai banyak bug ,seperti ,NullPointerException ,boilerplate ,code yang tidak efesien, dan lain sebagainya.


 kita akan berguru wacana pengenalan Kotlin  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman Kotlin
Perubahan logo pada Kotlin

Kotlin di kembangkan untuk platform Java. Kotlin mempunyai sifat concise (ringkas), safe(aman), pragmatic (pragmatis), serta fokus pada interoperable (bekerja bersamaan) dengan code yang ada di bahasa pemrograman Java. Makara Kotlin sanggup dipakai dan diterapkan , hampir di  semua pengembangan yang memakai platform Java , ibarat pengembangan pada sisi server , Aplikasi Android, dan masih banyak lagi. Kotlin bekerja sangat baik ,dengan semua library yang  ada dan framework yang berjalan , bersamaan dengan performa Java.

Perbandingan Code Bahasa Program Java vs Kotlin

 kita akan berguru wacana pengenalan Kotlin  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman Kotlin
Salah satu teladan penulisan baris code Kotlin


Di adopsi oleh Google :

Seperti yang saya sudah jelaskan di artikel sebelumnya , alasannya ialah melihat perkembangan adopsi Kotlin di Android, yang meningkat dari tahun ke tahun, dan juga kepuasan dari banyak developer di seluruh dunia, menyebabkan Kotlin sangat worth it(sangat layak) ,di adopsi oleh Google. Makara dalam satu project Aplikasi , kalian sanggup menggunakanya secara mixing (Java+Kotlin ) atau juga 100% Kotlin , itu tergantung bagaimana kalian mengerjakan, dan menyebarkan projek Aplikasi Android kalian.


Kotlin sangat cocok ,untuk pengembangan Aplikasi Android ,dan mempunyai keunggulan atau kelebihan, yang di bawa dari bahasa modern ke platform Android. Berikut beberapa fitur keunggulan dari bahasa pemrograman Kotlin (source):



  • Compatibility:  Kotlin sangat kompatibel dari  JDK versi 6 , jadi Kotlin sanggup dipastikan berjalan pada perangkat Android lawas ,tanpa mengalami kendala atau duduk perkara apapun. Kotlin mendukung penuh Android Studio ,serta kompatibel dengan build sistem Android ,seperti Maven, Gradle dan Ant.
  • Performance :  Aplikasi yang memakai Kotlin ,dapat berjalan dengan cepat sebanding dengan Java, alasannya ialah stuktur bytecode yang sangat mirip. Dengan santunan konsep FP (functional programming ) , baris isyarat (code) yang memakai lambdas ,dapat berjalan lebih cepat dengan baris isyarat (code) ,yang di tulis memakai Java.
  • Interoperability : Kotlin 100%  ,dapat berjalan berdampingan dengan Java. Kalian sanggup memakai library Android yang ada , untuk pengembangan Aplikasi Android.
  • Footprint :  Kotlin mempunyai library yang sangat ringkas ,yang dimana dari segi ukuran kalian sanggup terapkan di ProGuard. Kotlin secara penggunaan baris code  ,lebih sedikit dari Java. (Baca lebih lanjut). 
  • Compilation Time: Secara waktu kompilasi , Kotlin mendukung  incremental compilation yang secara efisien. (Baca lebih lanjut) .
  • Learning Curve : Bagi kalian Java Developer ,sangat gampang untuk mengikuti keadaan dengan Kotlin , dengan tool yang dimana kalian sanggup mengconvert code Java kalian ke Kotlin ,serta Kotlin Koans ,yang mengatakan source code yang sanggup kalian pelajari wacana fitur utama dari Kotlin.


Demikian artikel pengenalan wacana Kotlin  , saya begitu excited dengan hadirnya Kotlin , terlebih lagi sesudah di  resmikan dan di adopsi oleh Google , menjadi bahasa alternatif resmi ,untuk membangun Aplikasi Android. Dengan seiring perkembangan komunitas Kotlin di dunia ,saya berharap akan banyak muncul developer-developer Android di tanah air ,yang mengadopsi bahasa pemrograman ini.  Serta menghadirkan banyak ciptaan Aplikasi , dengan kearifan lokal. Kurang lebih itu saja dulu ,jika ada kesalahan dan penambahan akan saya update. Semoga sanggup berkhasiat dan bermanfaat untuk kalian. Terima Kasih.



Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman Kotlin"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel