Perbandingan Coding Bahasa Aktivitas Java Vs Kotlin - Tempat Blogging

Perbandingan Coding Bahasa Aktivitas Java Vs Kotlin

Kotlin yaitu bahasa pemrograman gres , yang merevisi dan menyempurnakan kekurangan yang ada di dalam bahasa pemrograman Java. Di artikel sebelumnya aku sudah jelaskan, ihwal pengenalan apa itu Kotlin , serta perbedaan penulisan pada code (baca), namun hanya salah satu pola saja.  Nah ,pada artikel kali ini aku akan membahas ,lebih banyak lagi ,perbandingan atau perbedaan penulisan isyarat yang ada di bahasa pemrograman Java , dengan yang ada di bahasa pemrograman Kotlin. Meskipun tidak terlalu lengkap semunya , hanya beberapa saja. Dikarenakan juga , Kotlin menganut konsep OOP (object oriented programming) , dan juga konsep FP (functional programming ) ,jadi akan sangat banyak variasi barisan code, yang sanggup dihasilkan. Akan tetapi ,setidaknya ini sanggup menjadi rujukan untuk kalian ,untuk mengetahui penulisan barisan codenya. Berikut pribadi saja mari kita bahas, perbandingan penulisan baris code Java vs Kotlin ,beserta penjelasanya:



 yang merevisi dan menyempurnakan kekurangan yang ada di dalam bahasa pemrograman Java Perbandingan Coding Bahasa Program Java vs Kotlin


Contoh code:


Main Class 

Java 

package com.okedroid.belajarjavakotlin;     public class Main {           public static void main(String[] args){           System.out.println("Hello World");      }        }



Kotlin 

package com.okedroid.belajarjavakotlin        fun main(args:Array<String>)     {          println("Hello World ")       }   


Penjelasan :

Seperti yang kalian lihat pada code diatas , kita tidak perlu lagi ,menggunakan titik koma (;), pada bahasa pemrograman Kotlin ,dibandingkan dengan Java. Keyword fun main, mengacu pada method utama yang ada di Kotlin ,serta untuk mencetak tampilan output , kita hanya perlu memakai baris method , println. 


Tipe Data 


Java

String nama = "okedroid";
 int angka = 43;
 double  angka2 = 4.3;
 char karakter = 'A';
 boolean benar = true;



Kotlin

val nama = "okedroid"
 val angka = 43
 val angka2 = 4.3
 val karakter = 'A'
 val benar = true
 var kosong:String? = null



Penjelasan :

Seperti yang aku sudah jelaskan di artikel sebelumnya , disini kita tidak perlu lagi mendefinisikan secara terperinci ,tipe data pada variable ,untuk nilai atau value yang kalian gunakan. Dengan keyword val ,secara otomatis akan menyesuaikan menurut nilai atau value yang  definisikan. Perlu kalian ketahui juga , di Kotlin terdapat dua keyword untuk mendefinisikan nilai pada variabel. Keyword val (Read Only) , nilai atau valuenya tetap hanya satu kali, tidak sanggup berubah-rubah. Keyword var (Read and Write) , nilai atau valuenya sanggup berubah-rubah ,tergantung baris code. Serta tanda ? ,untuk mencegah terjadinya NullPointerException.

Concatenation String 

Java

String nama = null;
 nama = "okedroid"; System.out.println("Nama :"+nama); 


Kotlin

var nama: String? = null
 nama = "okedroid" println("Nama : " + nama) println("Nama : $nama")


Penjelasan :

Di bahasa pemrograman Kotlin , kita sanggup memakai tanda ($) , untuk operasi penggabungan (Concatenation) String pada variabel, menyerupai yang ada  di bahasa pemrograman PHP. Dibandingkan dengan bahasa pemrograman Java ,yang hanya memakai tanda + , kalau di Kotlin ,kita sanggup memakai keduanya.

Array

Java

String[] nama = {"Andi", "Susi", "Emilia"}; int[] umur = {23, 24, 25}; nama[0] = "Randy"; System.out.println("Nama : " + nama[0] + " Umur :" + umur[0]); System.out.println("Panjang array: " + nama.length);


Kotlin

val nama = arrayOf("Andi", "Susi", "Emilia",77)  val umur = intArrayOf(23, 24, 25)  nama[0] = "Randy" nama[3] = 7.3 println("Nama : " + nama[0] + " Umur :" + umur[0])  println("Panjang array: " + nama.size)  println("Double: " +nama[3])


Penjelasan :

Saat kita menciptakan Array di bahasa pemrograman Kotlin , kita cukup memakai keyword val , lalu kita sanggup mengisi nilai atau value , dengan tipe data apa saja menyerupai String , Integer dan lain sebagainya, dengan menggunakan arrayOf ,ini salah satu kelebihan Kotlin yang tidak dimiliki Java. Kita juga sanggup memakai nilai atau value ,dengan tipe data khusus seperti intArrayOf , untuk tipe data Integer.

Perulangan For


Java

int[] nomor = {1, 2, 3, 4, 5};
for (int i = 0; i < nomor.length; i = i++) {       System.out.println("Nomor :" + nomor[i]); }


Kotlin

val nomor = intArrayOf(1, 2, 3, 4, 5)   for (i in nomor.indices) {      println("Nomor :" + nomor[i]) }
 
 
for (x in 1..5){      println("okedroid") }
 


Penjelasan :
Seperti yang kalian lihat , pada code diatas. Untuk melaksanakan looping atau perulangan  di bahasa pemrograman Kotlin, dengan memakai keyword for, kita hanya memakai keyword in kemudian diikuti state indicies ,untuk menampilkan output hasil dari Array.

Model 

Java


public class Mahasiswa {       private long npm;   
    private String nama;    
    private String jurusan;     public long getNpm() {         return npm;    }      public void setNpm(long npm) {         this.npm = npm;    }      public String getNama() {         return nama;    }      public void setNama(String nama) {         this.nama = nama;    }      public String getJurusan() {         return jurusan;    }      public void setJurusan(String jurusan) {         this.jurusan = jurusan;    }      @Override    public String toString() {         return "Mahasiswa{" +                 "npm=" + npm +                 ", nama='" + nama + '\'' +                 ", jurusan='" + jurusan + '\'' +                 '}';    } }


Kotlin


data class Mahasiswa(
 
        var npm: Long,
        var nama: String,
        var jurusan: String
) 

Penjelasan :

Seperti yang kalian lihat , untuk menciptakan Model data , dengan memakai Getter dan Setter , yang ada di bahasa pemrograman Kotlin. Kalian hanya perlu memakai keyword data pada class, kemudian di awali buka kurung ( selanjutnya definisikan atribut ,yang ingin kalian gunakan, kemudian ditutup dengan tutup kurung). Ini juga termasuk method toString() ,get equals(),  dan hashcode(). Kaprikornus kalian tidak perlu ,mendefinsikanya lagi.


Memanggil Object Constructor

Java

Mahasiswa mhs = new Mahasiswa(65111007,"Fathurrahman","Ilkom") ; System.out.println("Mahasiswa : "+mhs.toString());
 
Kotlin

val mhs = Mahasiswa(65111007, "Fathurrahman", "Ilkom")  println("Mahasiswa : " + mhs.toString())
 

Penjelasan :

Kita tidak perlu lagi memakai keyword new , untuk  membuat objek gres ,lalu mengisi nilai atau value ,di argument pada Constructor.  Kita hanya perlu memakai keyword val.

Demikian , kurang lebih segitu saja dulu,sebagian perbandingan pola baris code , dari bahasa pemrograman Java vs Kotlin. Adapun , mungkin kedepan akan aku update kalau ada penambahan lagi. Satu hal  penting  yang perlu kalian ingat , kita sanggup mengconvert code bahasa pemrograman Java ke Kotlin, baik memakai IntelliJ IDEA ataupun  Android Studio. Sepeti yang aku sudah bagikan di artikel ihwal : Belajar Membuat Aplikasi Pertama Hello World dengan Kotlin Android

Untuk lebih jelasnya ihwal , syntax dan penulisan baris code Kotlin. Kalian sanggup baca dokumentasi resminya disini


Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Perbandingan Coding Bahasa Aktivitas Java Vs Kotlin"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close