Contoh Kegiatan Input Dan Output Memakai Scanner Di Java - Tempat Blogging

Contoh Kegiatan Input Dan Output Memakai Scanner Di Java

Pada artikel berguru java kali ini ,kita akan mencoba menciptakan referensi jadwal input dan output , memakai Scanner, di dalam bahasa pemrograman Java. Beberapa di antara kalian , mungkin ada yang masih belum tahu apa itu Scanner. Sebelumnya , mari kita kenalan dulu apa itu Scanner. 

Scanner yakni salah satu class library ,di dalam bahasa pemrograman Java (java.util.Scanner) semenjak JDK Versi 5, yang dimana objeknya dipakai untuk mendapatkan atau memparsing nilai  input tipe data primitif menyerupai int , boolean, double  , dan lain sebagainya, dan juga tipe data String , dari user atau pengguna lewat keyboard ataupun file. Scanner sanggup memparsing tipe data primitif dan Strings ,menggunakan Regular Expressions.

kita akan mencoba menciptakan referensi jadwal input dan output  Contoh Program Input dan Output Menggunakan Scanner di Java



Kekurangan dari Scanner , kalau dibandingkan dengan class libary untuk input lainya ,seperti BufferedReader, yaitu tidak  mempunyai thread safe, yang artinya kalian tidak sanggup memakai banyak thread (multiple thread) , memakai Scanner. Serta  Scanner juga hanya mempunyai memori buffer yang kecil (1KB char buffer) , kalau dibandingkan dengan BufferReader(8KB byte buffer). Disini kita akan mencoba menggunakanya dalam jadwal java berikut. Selengkapnya mari kita simak lebih lanjut :



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian sanggup perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :


kita akan mencoba menciptakan referensi jadwal input dan output  Contoh Program Input dan Output Menggunakan Scanner di Java
Contoh Code


Penjelasan :

Pada referensi code jadwal diatas,  pertama kita membuat,  atau menginstansi objek gres dari class Scanner yaitu input.

Disini kita menggunakanan code  System.in , biar user atau pengguna sanggup menginputkan nilai , lewat keyboard. Pada code in disini , merupakan objek dari class InputStream , yang di definisikan pada class System.  Sama halnya  seperti  out, dari code System.out , merupakan objek dari class OutputStream , yang juga di definisikan pada class System.


Lalu objek tersebut dipakai untuk mengakses method  input.nextLine() , yang fungsinya untuk mengambil nilai input tipe data String , dan  juga method  input.nextInt() , yang fungsinya untuk mengambil nilai input tipe data integer.

Selain itu juga ,kalian sanggup mengambil nilai input dengan tipe data lainya , yang tersedia di class Scanner . Contohnya menyerupai , untuk mengambil nilai input 1 karakter atau abjad ,kita sanggup memakai method .next().charAt() , dan juga untuk mengambil nilai tipe data double , kita sanggup memakai method .nextDouble() , serta referensi lainya , yang  sanggup kalian praktekan sendiri.


kita akan mencoba menciptakan referensi jadwal input dan output  Contoh Program Input dan Output Menggunakan Scanner di Java
Beberapa method yang tersedia di Class Scanner


Selanjutnya , kita simpan nilai inputnya ke dalam variable nama dan umur.


Setelah itu , untuk outputnya kita menggunkan method System.out.println() .


Output :


kita akan mencoba menciptakan referensi jadwal input dan output  Contoh Program Input dan Output Menggunakan Scanner di Java
Output Hasil

Baca juga : Contoh Program Input dan Output Menggunakan BufferedReader di Java

Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Contoh Kegiatan Input Dan Output Memakai Scanner Di Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close