5 Tips Cara Berguru Bahasa Pemrograman Secara Otodidak - Tempat Blogging

5 Tips Cara Berguru Bahasa Pemrograman Secara Otodidak

Bahasa Pemrograman adalah salah satu bahasa yang memakai kemampuan cara berpikir (a way of thinking), berpikir perihal sebuah data dan sikap (behaviour) kita ,dan perihal bagaimana kita menerjemahkan bahasa yang di mengerti , ke ruang lingkup computer yang disebut Program. Karena skill atau kemampuan yang dipakai yaitu cara berpikir , maka salah satu langkah awal untuk kita memulai berguru bahasa pemrogramman yaitu mengasah logika kita terlebih dahulu. Makara bukan kemampuan menghafal , meskipun kita harus menghafal syntax-syntax di bahasa pemrograman tertentu. Namun yang paling penting yaitu cara berpikir atau logika kita untuk memecahkan masalah.

adalah salah satu bahasa yang memakai kemampuan cara berpikir  5 Tips Cara Belajar Bahasa Pemrograman Secara Otodidak

Nah bagi kalian yang mempunyai nilai cantik , di sekolah ataupun kuliah perihal matematika ,fisika ,dan lain lain. Selamat ! Kalian sudah punya modal skill untuk menjadi programmer handal. Nah bagaimana kalau orang yang nilainya buruk di sekolah dan kuliah, atau juga yang backgroundnya (latar belakangnya) bukan perihal matematika fisika , ataupun IT. Tenang , itu semua cuman duduk kasus waktu dan proses ,saja. Tidak semua orang yang latar belakang nya IT entah itu ,sekolahnya ataupun kuliahnya atau pekerjaanya nanti bisa menjadi seorang programmer . Dan tidak semua orang juga yang latar belakangnya Non-IT ,tidak bisa menjadi seorang programmer. 


Karena kenyataanya itu semua  sudah banyak terjadi di lingkungan sekitar kita. Contohnya saja :banyak tenaga kerja yang jauh dari latar belakang IT atau Non-IT ,tapi bisa menjadi programmer hebat. Banyak lulusan sarjana IT ,tapi pekerjaanya  di bank swasta ,atau pekerjaan lain yang jauh dari latar belakang IT. Ya itu ialah salah satu pola fenomena di masyarakat kita , tidak ada yang salah dengan keputusan mereka , memang itu semua tergantung minat atau passion kita sendiri ,dan situasi kondisi seseorang memang berbeda-beda. 




Oleh alasannya ialah itu, Siapapun kalian yang niscaya sekali lagi , entah kalian sekolah ataupun kuliah , atau pekerjaan kalian Non-IT. Jika punya niat dan ingin berguru bahasa pemrograman , itu tidak jadi masalah. Sudah banyak orang yang sukses menjadi programmer handal tapi awalnya tidak mempunyai latar belakang IT. Karna skill IT (baca : bahasa pemrograman)  itu bisa di pelajari oleh semua orang ,entah siapapun orangnya ataupun latarbelakangnya.


Pada artikel tips kali ini  ,saya akan bagikan Tips Cara  Belajar Bahasa Pemrograman Secara Otodidak. Jika kalian mendengar kata "otodidak" , niscaya yang ada di dalam pikiran kalian yaitu , berguru berdikari ,belajar sendiri, berguru tanpa guru yang membimbing. Memang itu semua benar , dan faktanya memang kebanyakan programmer handal,  belajar secara otodidak. Nah bagi kalian yang tidak mempunyai guru atau orang yang bisa membimbing,  kalian berguru bahasa pemrograman. Kalian bisa menempuh jalan yaitu berguru otodidak. Ada beberapa tips yang akan saya bagikan  jika kalian menempuh jalur otodidak. Berikut Tipsnya :




1). Tentukan Tujuan 


Pasti semua orang punya tujuan dan alasan ,ketika ingin melaksanakan sesuatu , salah satunya yaitu berguru bahasa pemrograman. Bagi kalian yang mahasiswa yang  kuliah latarbelakangnya IT , mungkin ingin mendalami skill yang telah kalian pelajari di salah satu mata kuliah di kampus kalian. Dan juga mengerjakan kiprah yang di berikan oleh Dosen kalian. Atau mungkin juga untuk mengerjakan kiprah selesai atau Skripsi kalian. Bagi yang latarbelakangnya Non-IT mungkin ingin mempunyai salah satu skill IT (baca : bahasa pemrograman)  , alasannya ialah mungkin telah menemukan minat passionya di situ. Apapun tujuan atau alasan kalian mempelajari bahasa pemrograman,entah apapun itu ,yang niscaya kalian sudah memilikinya. Karena ini akan bekerja kalau kalian  menyerah di tengah jalan, kalau kalian mengalah kalian harus ingat tujuan awal kalian. Makara kalau kalian punya tujuan dan kemauan yang besar lengan berkuasa , rintangan atau duduk kasus yang terjadi di tengah jalan niscaya bisa kalian hadapi. Apalagi belajar sendiri membutuhkan kesabaran dan konsistensi yang tinggi.



2). Memilih Bahasa Pemrograman

Setelah kita mempunyai tujuan , kini kita menentukan bahasa pemrograman mana yang ingin kita kuasai dan hebat disitu. Ada banyak bahasa pemrograman yang bisa kita pelajari dikala ini. Contohnya yang populer ,dan di perlukan dikala ini ialah : Java ,C++ ,C#,SQL ,PHP,Visual Basic ,Javascript dan masih banyak lagi. Yang niscaya itu ada kaitanya dengan tujuan atau minat kalian nantinya. Contohnya saja kalau tujuan kalian ingin jadi developer Android , ingin bekerja di perusahaan startup populer ,atau mendirikian startup sendiri. Kalian bisa mendalami bahasa pemrograman Java terlebih dahulu , dan juga beberapa bahasa pemrograman web. Makara tentukan bahasa pemrograman mana yang akan kalian ambil , dan mulailah berguru dari dasar atau yang termudah lebih dahulu. 



3). Bisa alasannya ialah Terbiasa

Kalian mungkin sudah sering mendengar kalimat tersebut yaitu "Bisa Karena Terbiasa ". Yah itu memang benar , semua orang yang hebat atau mahir bahasa pemrograman ,itu ialah hasil dari kebiasaannya mempelajari logika-logika dan memecahkan duduk kasus yang telah ia hadapi. Makara kalau kalian ingin mahir di bahasa pemrograman tertentu, mulai lah terbiasa praktik dan praktik. Tak duduk kasus kalian lambat atau usang memahami nya ,karena kalau kita mencoba dan melangkah itu semua penuh dengan ketidakpastian , hanya satu yang niscaya yaitu kita melangkah lebih maju .Pelan tapi Pasti alasannya ialah " Practice makes perfect".


4). Belajar lewat Web atau Video Youtube

Di jaman modern dikala ini , memang aneka macam manfaat yang bisa kita dapatkan,  dengan mengakses Internet lewat Komputer kita. Salah satunya yaitu kita bisa berguru belajar sendiri lewat Internet , hampir semua yang ingin kita dapatkan bertebaran dan tersedia gratis di Internet, tinggal bagaimana niat atau kemauan kita yang penting. Kita bisa berguru lewat Situs Web yang menyediakan tutorial berguru bahasa pemrograman gratis. Dan juga kita bisa mencari video-video tutorial yang ada di Youtube.


5). Bergabung  Komunitas 

Dengan ikut lembaga atau komunitas online , kita bisa berkenalan dengan teman-teman gres , yang sama-sama mempelajari,  bahasa pemrograman yang sedang kita pelajari. Kita juga bisa bertanya perihal duduk kasus erorr, stuck, dikala kita sedang coding program, ke orang yang sudah hebat di komunitas tersebut. Dengan begitu kita bisa mendapat ilmu gres , yang kita bisa bagikan dan diskusikan pada duduk kasus tersebut. Namun , sebelum bertanya pastikan kalian sudah berusaha searching di Google terlebih dahulu , jangan hingga kalian menanyakan hal-hal yang sepele atau sudah ada solusinya di Google. 


Nah ,itu saja mungkin salah satu tips dari saya perihal Cara Belajar Bahasa Pemrograman Secara Otodidak. Yang niscaya semua tidak instan yang ibarat kita pikir , untuk menjadi seorang "expert" , dan menguasai salah satu skill , dari profesi di bidang IT ini, semua butuh proses dan konsistensi.  Gunakan setiap kesempatan yang kalian punya , dan jangan berhenti mencoba.
Show comments
Hide comments

0 Response to "5 Tips Cara Berguru Bahasa Pemrograman Secara Otodidak"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close