6 Tahapan Ngeblog Untuk Pemula Yang Harus Dikuasai - Tempat Blogging

6 Tahapan Ngeblog Untuk Pemula Yang Harus Dikuasai

 Dunia blog itu sangat menyenangkan kalau tau ilmunya 6 Tahapan Ngeblog untuk Pemula yang harus dikuasai
Dunia blog itu sangat menyenangkan kalau tau ilmunya. Kenapa dapat gitu mas? alasannya ialah di kala digital kini ini aktifitas blogging dapat dijadikan sebagai pekerjaan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kebutuhan aneka macam macam info menciptakan masyarakat tidak dapat lepas dari internet. Maka inilah pelung bagi sahabat untuk menyajikan info apapun itu bentuknya kepada masyarakat melalui media blog.

Tahapan Ngeblog yang harus dikuasai 


Banyak cerita orang sukses alasannya ialah menggeluti dunia blog yang mulanya hanya coba-coba. Bagaimana kalau dari awal sahabat seriuskan ? dapat jadi alhasil juga memuaskan kalau ditekuni.

Layaknya dunia perkuliahan, berguru Ngeblog diharapkan ilmu dasar. Pahami dulu dasar-dasarnya.

Dibawah ini ada 6 tahapan yang harus dikuasai oleh pemula untuk masuk ke dunia blogging. Kalau konsisten mempelajari dan sedikit modal untuk beli domain dalam waktu 30 hari aku yakin sahabat sudah memahaminya.

1. Konsisten dengan Niat dan Tujuan Ngeblog


Ini ialah kunci utama sob. Niatkan untuk membuatkan ilmu pengetahuan apapun isi blog sahabat (jangan buat blog yang mengandung sara atau blog yang dihentikan pemerintah yaa..).
Kalau tujuannya bebas. Ngeblog biar dapat mendapat uang, biar jadi terkenal, boleh juga.. atau ngeblog untuk arsip eksklusif ibarat blog kangmasian ini.

Karena ngeblog butuh ilmu dan waktu yang tidak sebentar maka niatkanlah untuk membuatkan biar tidak jenuh dan merasa sia-sia kalau blog sahabat sepi pengunjung. (awal pembuatan blog).

Kalau blog sahabat sudah rame dan banyak pengunjung setiap harinya. Barulah blog sahabat di daftarkan dan dipasang iklan google adsense.

2. Tentukan Niche atau Topik Blog


Langkah pertama kalau ingin menciptakan blog, sahabat harus memilih niche atau topik blog terlebih dahulu. Kenapa ? alasannya ialah topik kita harus jelas. Sudah tidak zamannya lagi menciptakan topik gado-gado atau campuran.

Tentukan niche blog sobat…
Mau ihwal apa blognya ?
-    Kesehatan
-    Teknologi
-    Internet
-    Pertanian
-    Pendidikan
-    Keuangan
-    Wirausaha

Atau blog ihwal curahan hati (curhat) ? ya gak papa sob. Apapun blog sahabat itu bebas niche atau topiknya. Tapi kalau ingin menjadi seorang blogger usahakan jangan banyak topik dalam satu blog.

Bagaimana kalau dalam benak kita punya 5 niche ibarat pola di atas. Dari kesehatan hingga pendidikan ? ya gak papa sob.. buat aja 5 blog semuanya. Itu lebih baik dari pada 1 blog diisi oleh 5 niche.

Banyak master atau pakar blogger yang mengelola ratusan blog yang hingga kini masih aktif dan menghasilkan dollar alasannya ialah hanya diisi 1 topik saja. Makara langkah pertama tentukan dulu topik blog sahabat yaa..

Baca juga : Alat bantu Ngeblog yang digunakan Pemula hingga master

3. Gunakan Template Terbaik


Langkah selanjutnya sesudah niche dibuat. Pilihlah template yang terbaik.
Terbaik dari segi apa mas ? Terbaik dari segi Kecepatan, Mobile Friendly dan Responsive.

Tidak harus beli template premium. Coba ketik kata kunci “template gratis” di google. Tapi kalau ada dana lebih elok juga beli template yang premium.

Bagaiman kalau memakai template bawaan blogger ?

Ya gak papa sob.. boleh saja.. tapi akan lebih elok lagi dan terlihat professional kalau template sahabat sesuai dengan niche atau topiknya. Kalau template bawaan blogger masih umum dan perlu banyak dirombak untuk sesuai dengan niche kita.

Karena fokus kita bukan design blog jadi jangan habiskan waktu kita hanya untuk mengotak atik arahan template atau kelamaan pilah-pilih template.

Ada beberapa jenis template yang sering digunakan :
  • Standar / personal
  • Model Berita atau majalah
  • Toko online
  • Bisnis
  • Perusahaan atau lembaga
  • Video dan photo

Awal ngeblog aku juga disibukan dengan gonta-ganti template yang menciptakan aku jarang nulis dan males ngeblog. Makara tetep lah fokus dengan tujuan sahabat ngeblog.

4. Konten Lengkap (artikel, gambar, grafik, atau video)


Apa itu konten ?

Konten ni yaa.. isinya blog sobat..
Jangan Cuma goresan pena aja sob.. konten lengkap ialah konten yang mempunyai banyak info bagi pembaca. Baik itu tulisan, gambar, grafik atau video.

Tidak wajib ada semua. Minimal ada gambar itupun sudah baik. Tapi Jika ada semua data pendukung ibarat yang aku sebutkan di atas maka blog sahabat dapat rame dan pengunjung betah berlama usang di blog sobat.

5. Gunakan Top Level Domain (TLD)


Setelah blog sahabat selesai dibentuk dan sudah ada kontennya (isi blog) pada usia 1 bulan ngeblog segeralah ganti domain blog sahabat dengan domain TLD. Yang termasuk domain TLD ialah domain yang berakhiran .com, .net, .org dst.

Memang tidak ada patokan harus segera ganti ke domain TLD pada usia 1 bulan. Menggunakan domain gratisanpun blog sahabat tetep dapat dikunjungi. Tapi kalau blog kita ditujukan untuk bisnis atau ke hal yang lebih serius kedepannya. Maka langkah terbaik ialah segera mengganti dengan TLD.

Banyak blogger yang ogah-ogahan ganti domain diawal awal membangun blog alasannya ialah harus mengeluarkan biaya. Setelah blog berjalan 1 tahun barulah terfikirkan ganti domain.
Inget sob..

Ganti domain itu sama saja melahirkan blog baru. Kenapa ? alasannya ialah akan merubah semua alamat blog yang telah terindex. Pengunjung blog sahabat niscaya turun dan banyak duduk perkara lainya..

6. Promosi


Promosi ialah langkah terakhir. Blog sahabat akan sepi pengujung kalau tidak dipromosikan. Promosi awal dapat lewat Facebook, Twitter, Google Plus dan forum-forum diskusi.

Bisa juga promosi blog sahabat melalui media aplikasi mobile ibarat : BBM, Whatsapp, Telegram, Line dst. Kalau blog sahabat berisi info yang bermanfaat dan banyak dibaca oleh orang apalagi di share, berarti sahabat sudah berhasil menawarkan info yang bermanfaat untuk orang lain.

Setiap blogger mempunya rumusan ngeblog masing-masing dan pastinya ada banyak perbedaan teknik. Tak apalah.. dunia blog itu luas.. luas sekali..

“Gunakan imajinasi dan tentukan gaya ngeblogmu” begitu kata sang master.
Show comments
Hide comments

0 Response to "6 Tahapan Ngeblog Untuk Pemula Yang Harus Dikuasai"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close