Cara Melihat Kapasitas Sistem Atau Total File Size Di Dalam Folder Lewat Terminal Di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux - Tempat Blogging

Cara Melihat Kapasitas Sistem Atau Total File Size Di Dalam Folder Lewat Terminal Di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux

Ketika pertama kali saya memakai Ubuntu server yang tidak mempunyai antar muka grafis, saya sering bertanya-tanya. Bagaimana caranya melihat kapasitas harddisk lewat terminal, takutnya suatu ketika harddisk penuh dan system terjadi crash. Ternyata caranya sangat mudah, anda tinggal menjalankan perintah "df" mungkin kepanjangan dari disk free. Jika dijalankan lewat terminal akan terlihat akhirnya ibarat berikut:

dari gambar disitu terlihat terang bahwa saya mempunyai 2 partisi, satu /dev/sda1 dan satunya /dev/md0 dimana:

/dev/sda1 berukuran 913GB terpakai 27GB dan tersisa 840GB
/dev/md0 berukuran 1,8TB terpakai 3.9GB dan tersisa 1.7TB

kemudian bagaimana kalau kita ingin melihat ukuran suatu file atau folder? alasannya seingat saya ketika memakai perintah "ls -lh", maka total ukuran kapasitas file didalam folder tersebut tidak terlihat, yang dibaca hanya kapasitas folder tersebut ibarat yang tertampil pada gambar di bawah, sebagai referensi saya ingin melihat folder wp berserta isinya memakai kapasitas harddisk berapa mega? Beikut akhirnya kalau memakai perintah ls -lh:


Dari gambar di atas tersebut, terlihat bahwa saya ingin mengetahui ukuran folder wp memakai kapasitas harddisk berapa mega, dengan perintah "ls -lh", akhirnya hanyalah fle-file di luar folder yang terlihat besarannya. Sedangkan untuk folder beserta isinya yang dibaca hanyalah ukuran folder tersebut sebesar 4k, total kapasitas yang dipakai beserta isinya tidak terlihat.

Maka caranya dengan menjalankan perintah "du -ch [nama_folder] |grep total" dengan hasil ibarat berikut:

dari gambar di atas, terlihat bahwa folder wp/ tersebut memakai kapasitas 28MB. Praktis bukan? Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Melihat Kapasitas Sistem Atau Total File Size Di Dalam Folder Lewat Terminal Di Ubuntu Server - Perintah Dasar Linux"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close