Cara Menciptakan Permanen Konfigurasi Iptables Firewall Di Ubuntu Server - Tempat Blogging

Cara Menciptakan Permanen Konfigurasi Iptables Firewall Di Ubuntu Server


Umumnya di sistem operasi Linux ibarat Ubuntu memanfaatkan aplikasi iptables untuk membangun firewall, aplikasi ini ada secara default di dalam sistem operasi, jadi kita tidak perlu melaksanakan instalasi apapun. Untuk beberapa teknik dasar memakai firewall, pernah aku tulis di artikel sebelumnya yang berjudul:
Hanya saja setiap kali anda melaksanakan restart komputer, konfigurasi firewall dengan iptables itu akan hilang, sehingga kita harus melaksanakan konfigurasi lagi. Lalu bagaimana caranya semoga konfigurasi itu menjadi permanen (tersimpan) dan tidak hilang ketika terjadi restart? Beirkut langkah-langkahnya:

Untuk menyimpan konfigurasi firewall dengan iptables di sistem, kita perlu memakai aplikasi perhiasan dengan nama iptables-persistent. Aplikasi ini harus diinstall terlebih dahulu, alasannya aku memakai sistem operasi Ubuntu Server, maka aku tinggal menjalankan perintah:

 sudo apt-get install iptables-persistent

ketika proses instalasi anda akan diminta menentukan opsi ibarat berikut:


anda diminta apakah akan menyimpan konfigurasi iptables ketika ini di alamat IPv4? pilih yes, kemudian langkah berikutnya anda juga akan diminta menentukan opsi yang sama untuk konfigurasi alamat IPv6, pilih Yes juga:


contohnya anda sudah melaksanakan konfigurasi firewall dengan iptables, untuk menyimpan atau membuatnya permanen, anda tinggal menjalankan perintah:

 sudo service iptables-persistent save

cukup itu saja, silakan coba restart server anda, maka konfigurasi iptables anda tidak akan hilang alasannya sudah tersimpan secara permanen. Untuk menghapus konfigurasi yang tersimpan secara permanen tersebut bagaimana? silakan flush saja konfigurasi tersebut dengan perintah:

 sudo iptables -F

kemudian jalankan lagi penyimpanan dengan perintah:

 sudo service iptables-persistent save

gampang bukan? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Menciptakan Permanen Konfigurasi Iptables Firewall Di Ubuntu Server"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close