Cara Menghitung Jumlah File Di Dalam Folder Dari Terminal - Tempat Blogging

Cara Menghitung Jumlah File Di Dalam Folder Dari Terminal


Memasuki bulan februari ini aku akan menuliskan tutorial pertama yang ringan-ringan terlebih dahulu sebagai pemanasan. Awalnya aku ingn menciptakan aplikasi bash sederhana di dalam Ubuntu Server untuk melaksanakan rename file otomatis menurut pola. Untuk itu aku membutuhkan perhitungan jumlah file di tiap-tiap folder yang akan aku rename. Untuk menghitung jumlah file di dalam suatu folder maka aku tinggal menjalankan perintah dengan format:


 ls -l [nama_folder] |wc -l

contohnya nih aku ingin melihat jumlah file dan folder yang ada di dalam directory /home/himawan/ kemudian bagaimana? maka perintah yang akan aku jalankan menjadi menyerupai berikut:


 ls - l /home/himawan/ |wc -l

akibatnya menyerupai ini:


dari hasil di atas, terlihat bahwa terdapat 325 file di dalam folder /home/himawan/ , berikut penampakan-nya jikalau hanya memakai perintah "ls" saja:


apabila aku ingin menambahkan filter, yaitu hanya file wget saja yang akan dihitung, maka aku tinggal mengubah sedikit format perintahnya menjadi:

 ls -l /home/himawan/ |grep wget |wc -l

maka hasil perhitungan file wget tersebut adalah:


menghasilkan jumlah 315 file wget. Praktis bukan, selamat mencoba ya :-)

Berikut beberapa link tutorial perintah dasar lainnya yang sanggup anda baca jikalau tertarik:

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Menghitung Jumlah File Di Dalam Folder Dari Terminal"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close