Cara Merubah Konfigurasi Hardware Di Vagrant Box - Tempat Blogging

Cara Merubah Konfigurasi Hardware Di Vagrant Box


Tahukah kau bahwa vagrant box yang kita install itu sudah mempunyai standart yang sudah ditentukan oleh pembuat box? Misalnya nih, di tutorial saya sebelumnya kan saya install vagrant box yang isinya yakni Ubuntu Server 16.04. Ketika saya explore perangkat keras di dalamnya, saya menemukan bahwa Ubuntu Server yang saya gunakan mempunyai RAM 1GB dan harddisk 10GB, akan tetapi pada vagrant box Debian 9 yang saya install di project lainnya mempunyai RAM 2GB dan harddisk 20GB.

Pada proses pengembangannya, saya ingin menambah RAM pada vagrant box Ubuntu Server tersebut, alasannya yakni memang kebutuhan aplikasi di dalamnya. Lalu bagaimana solusinya? Ternyata  disinilah aplikasi virtualbox berfungsi. Perlu anda ketahui, bahwa vagrant box yang saya install (Ubuntu Server dan Debian) tersebut, juga terdaftar di virtualbox menyerupai ini:


Anda dapat melihat bukan? terdaftar dua image vagrant ubuntu dan vagrant debian. Melalui virtualbox tersebut kita dapat menambah harddisk, atau merubah jumlah RAM yang kita gunakan di vagrant box tersebut.


Disni saya akan mencontohkan perubahan RAM Ubuntu Server di vagrant Ubuntu dari 1GB menjadi 2GB. Pertama saya pilih vagrant ubuntu tersebut, kemudian klik sajian Settings (gambar gear kuning) di sajian bab atas, sehabis itu akan muncul usang menyerupai berikut:


Setelah itu klik sajian System pada icon-icon yang ada di bab atas sehingga muncul menyerupai berikut ini:


Anda dapat lihat di bab base memory, kemudian ubah sesuai kebutuhan kalian, alasannya yakni saya ingin meningkatkan memory RAM di vagrant Ubuntu dari 1GB ke 2GB, maka pada base memory tersebut saya ubah ke 2048MB, klik tombol OK jikalau perubahan berhasil dilakukan.

Kemudian, langkah selanjutnya yakni saya tinggal menghidupkan vagrant ubuntu dengan perintah:




vagrant up

tanggapan proses booting, saya masuk ke dalam mesin vagrant, dengan perintah:




vagrant ssh

kemudian menjalankan perintah:




cat /proc/meminfo

berikut tampilannya:


anda lihat pada bab MemTotal nilainya 2048MB yang artinya memory sudah bermetamorfosis 2GB untuk OS Ubuntu tersebut, selain memory, anda juga dapat menambahkan kapasitas harddisk gres dalam bentuk partisi ke dalamnya lewat konfigurasi di virtualbox. Sudah tahu bukan korelasi virtualbox dan vagrant? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Merubah Konfigurasi Hardware Di Vagrant Box"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close