Share Folder Guest Os Dengan Hypervisor Di Vagrant - Tempat Blogging

Share Folder Guest Os Dengan Hypervisor Di Vagrant

Setelah berhasil install dan menjalankan vagrant box, permasalahan gres muncul. Yaitu bagaimana si hypervisor sanggup mengirim data atau mengambil data dari Guest OS? Ada beberapa cara yang berdasarkan saya sanggup menjadi solusi. Pertama kita sanggup install FTP Server di Guest OS, kedua kita sanggup install layanan sharing folder ibarat Samba atau NFS di guest OS. Tetapi solusi-solusi di atas sedikit repot berdasarkan saya alasannya ialah harus melaksanakan konfigurasi di guest OS, selain itu dengan aksesori service tersebut juga menambah beban di guest OS.

Setelah membaca dokumentasi di vagrant, ternyata di sana disediakan akomodasi file sharing eksklusif antara guest OS ke hypervisor. Bagaimana caranya? berikut ini langkah-langkahnya:

Sebelum vagrant dinyalakan saya buat dulu folder untuk sharing di dalam hypervisor dengan perintah:

mkdir /Users/himawan/share-vagrant-ubuntu
anda sanggup sesuaikan letak share folder yang anda mau di komputer hypervisor anda sendiri, tidak usah terpaku dengan perintah di atas.


Saya kemudian beranjak ke langkah selanjutnya, yaitu membuka file Vagrantfile milih vagrant box yang akan saya share folder dengan perintah:

mkdir /home/himawan/share-vagrant-ubuntu
sehabis itu cari bab dibawah ini:

#config.vm.synced_folder "../data", "/vagrant_data"
kemudian ubah menjadi ibarat ini:

config.vm.synced_folder "/Users/himawan/share-vagrant-ubuntu", "/vagrant_data"
sehabis itu simpan, kemudian jalankan vagrant box yang tadi kita edit konfigurasi Vagrantfile-nya dengan perintah:

vagrant up
simpulan proses menyalakan, saya kemudian masuk ke dalam vagrant box tersebut dengan perintah:

vagrant ssh
sehabis masuk, saya melihat bahwa vagrant mempunyai folder gres yang terletak di /vagrant-data. Untuk mengetes apakah folder /vagrant-data di dalam vagrant-box tersebut terhubung dengan folder di /Users/himawan/share-vagrant-ubuntu, saya mencoba untuk menciptakan folder gres di dalamnya dengan perintah:

mkdir /vagrant_data/qwerty
sehabis itu, saya coba buka folder di /Users/himawan/share-vagrant-ubuntu, dan berikut ini hasilnya:



dari penampakan gambar di atas, terlihat bahwa secara otomatis folder qwerty yang saya buat dari dalam vagrant box ubuntu server, juga ada di dalam folder hypervisornya. Ternyata menciptakan share folder vagrant antara Guest OS dan Hypervisornya begitu mudahnya.

Bagaimana? tertarik mencoba? Silakan dicoba sendiri dan dibuktikan, terima kasih telah berkunjung ya :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Share Folder Guest Os Dengan Hypervisor Di Vagrant"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close