Manajemen Grup Di Ubuntu Server / Desktop Memakai Terminal - Tempat Blogging

Manajemen Grup Di Ubuntu Server / Desktop Memakai Terminal

Group, di sistem operasi Linux khususnya Ubuntu, dikenal pengelompokan beberapa user ke dalam suatu grup. Fungsi dari grup ini nantinya berafiliasi dengan hak terusan suatu file ataupun perintah-perintah yang sanggup dijalankan suatu user di dalam suatu grup. Seorang user sanggup mempunyai beberapa grup dalam satu sistem operasi. Begitu juga sebaliknya, sebuah grup pastinya mempunyai beberapa user atau sanggup saja tidak mempunyai anggota grup (user). Untuk melaksanakan administrasi user sudah aku tulis pada goresan pena aku sebelumnya yang berjudul "Menambah user di Ubuntu Server/Desktop melalui terminal" dan "Menghapus user di Ubuntu Server/Desktop melalui terminal". 

Makara mari kita mulai saja. Perlu anda tahu bahwa setiap grup yang ada di dalam sistem niscaya akan terdaftar di dalam file /etc/group. Lalu untuk menciptakan atau menambah sebuah grup dalam sistem, anda cukup menjalankan perintah:

 sudo addgroup [nama_group]

contohnya aku ingin menciptakan group dengan nama abcdefg, maka aku akan menjalankan perintah:

 sudo addgroup abcdefg

sebagai catatan, untuk sanggup menambah grup, atau menjalankan perintah di atas, user anda harus mempunyai level setingkat sistem administrator/root.
Untuk melihat group apa saja yang sudah terdaftar, anda sanggup menjalankan perintah:

 vim /etc/group

Dari situ terlihat bahwa group abcdefg sudah terbuat dan terdaftar di dalam file /etc/group. Lalu bagaimana untuk mendaftarkan seorang user ke dalam group? anda sanggup menjalankan perintah berikut:

 sudo adduser [nama_user] [nama_group]

contohnya saja aku ingin menambahkan user kecerdikan ke dalam group abcdefg yang telah aku buat, maka anda tinggal menjalankan perintah:

 sudo adduser kecerdikan abcdefg

dengan catatan, user kecerdikan telah terdaftar sebagai user di dalam sistem sebelumnya, selain itu untuk mendaftarkan seorang user ke dalam sebuah group, anda harus mempunyai hak kases setingkat dengan level adinistrator (root) menyerupai dikala anda menciptakan sebuah grup.

Perlu anda tahu, dikala anda menambahkan user baru, maka secara otomatis, user gres itu juga menciptakan grup dengan nama yang sama dengan nama user gres tersebut. Makara dikala anda menciptakan user gres di dalam sistem dengan nama "userbaru", maka akan terdaftar juga grup gres dengan nama "userbaru" di dalam file /etc/group.

Namun dikala anda ingin menambahkan user gres tanpa menciptakan sebuah grup (dengan nama grup yang sama dengan nama user) dan memasukkan user gres tersebut ke dalam grup yang telah ada, anda sanggup menjalankan perintah:

 sudo adduser [nama_user_baru] --ingroup [grup_yang telah_ada]

contohnya saja aku ingin menciptakan user gres dengan nama test tetapi tidak ingin ada group test yang dibentuk oleh sistem. Kemudian user test tersebut ingin aku daftarkan ke dalam  group abcdefg, maka aku akan menjalankan perintah:

 sudo adduser test --ingroup abcdefg

kalau berhasil, maka di dalam file /etc/group akan terlihat menyerupai berikut:

coba:x:1001:budi,test

ket:
1001: yaitu Group ID
budi, test: yaitu anggota group


Untuk menghapus salah satu anggota grup, anda sanggup menjalankan perintah:

 sudo deluser [nama_user] [nama_group]

jadi contohnya anda ingin menghapus user test yang termasuk dalam group coba, maka jalankan perintah:

 sudo deluser test coba

perlu anda ketahui, anda tidak sanggup menghapus group primary milik user tersebut, jadi seandainya tadi anda menciptakan user test dengan grup coba sebagai primarynya, maka anda tidak sanggup menghapus keanggotaan user test dari grup coba tersebut. Untuk merubah nama sebuah grup, anda sanggup menjalankan perintah:

 sudo groupmod [nama_grup] -n [nama_baru]

katakanlah anda ingin merubah nama dari grup coba tersebut dari coba menjadi coba1, maka anda jalankan saja perintah:

 sudo groupmod coba -n coba1

gampang bukan melaksanakan aktifitas administrasi grup di sistem Linux? Mungkin di goresan pena kali ini, banyak yang belum mengerti laba penggunaan grup alasannya yaitu memang belum akan dibahas di artikel ini. Pada goresan pena aku selanjutnya mungkin akan aku bahas fungsi dari penggunaan grup tersebut. biar membantu :)

Beberapa artikel terkait:
Show comments
Hide comments

0 Response to "Manajemen Grup Di Ubuntu Server / Desktop Memakai Terminal"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close