Melihat Real Time Net Traffic Di Ubuntu Server - Tempat Blogging

Melihat Real Time Net Traffic Di Ubuntu Server


Suatu kali aku berkeinginan untuk melihat apakah Ubuntu Server aku mempunyai trafik komunikasi yang sedang terjadi. Jikalau pencatatan trafik yang disimpan database, aku sudah memakai aplikasi cacti, kemudian bagaimana aku melihat trafik yang sedang terjadi?

Sistem operasi linux, mempunyai aplikasi yang sanggup dipakai untuk melihat trafik secara riil time, hanya saja aku hanya mengetahui satu aplikasi yang sanggup dipakai dan itu hanya berbasis command line. Aplikasi yang aku maksud tersebut yakni "iftop", ya benar namanya iftop. Aplikasi ini sanggup memonitoring jaringan secara riil time di dalam Ubuntu Server.

Untuk menginstall aplikasi monitoring tersebut, anda cukup menjalankan perintah:

 sudo apt-get install iftop 

final install, bagaimana menjalankan perintah tersebut? anda cukup menjalankan perintah:


 sudo iftop 

maka akan terlihat net traffic yang akan anda awasi secara riil time ibarat berikut ini:


Bar hitam yang di atas yakni trafik masuk yang terjadi ke dalam server, sedangkan kafe hitam di bawah yakni jumlah seluruh trafik yang terjadi dari seluruh komunikasi yang terbangun di dalam server.

Kolom sebelah kanan yakni perhitungan angka net traffic yang terjadi dalam bentuk kilobit (Kb). Praktis bukan, melaksanakan monitoring net traffic di Ubuntu server secara real time? Kelemahannya yakni trafik yang termonitoring tersebut tidak disimpan di dalam database, sehingga kita tidak sanggup melihat data yang telah terjadi sebelumnya.

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Melihat Real Time Net Traffic Di Ubuntu Server"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close