Laravel Tutorial: How To Install Laravel 5.6 Di Ubuntu 18.04 - Tempat Blogging

Laravel Tutorial: How To Install Laravel 5.6 Di Ubuntu 18.04


Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana aku menginstall framework Laravel versi 5.6 di Ubuntu. Sistem operasi Ubuntu yang aku gunakan ini yaitu Ubuntu versi 18.04 sedangkan Laravel yang akan aku install disini yaitu Laravel versi 5.6. Tutorial ini sanggup dipakai di Ubuntu Server maupun Ubuntu Desktop. Jika ada yang belum tahu, laravel yaitu sebuah framework berbasis PHP dengan struktur MVC (Model View Controller) yang sanggup dipakai untuk menciptakan aplikasi. Apakah ada framework PHP lainnya? Tentu saja ada, salah satunya yaitu framework CodeIginiter, CakePHP, Symfony, Yii dan lain sebagainya.

Sebelum kita memulai untuk menginstall laravel tersebut, kita harus menginstall beberapa aplikasi dependensinya. Apa saja sih yang perlu diinstall dan bagaimana menginstallnya? Anda cukup menjalankan perintah:

 sudo apt-get install composer php7.2 php7.2-xml php7.2-mysql php7.2-mbstring php7.2-curl php7.2-cli hhvm php7.2-zip openssl  

tunggu hingga proses instalasi selesai, sehabis itu anda sanggup menjalankan perintah:

 composer global require "laravel/installer" 

perintah di atas dipakai untuk menambahkan list installer laravel dari website packagist.com ke dalam Ubuntu.

Saya menunggu agak usang pada proses diatas ini, alasannya yaitu tergantung kecepatan koneksi yang aku punya dan proses ini akan melaksanakan konfigurasi untuk mendaftarkan seluruh dependensi yang harus diinstall ke dalam sistem sebelum kita menginstall framework laravel.

Pastikan bahwa tidak ada pesan error yang tertampil selama konfigurasi tersebut berjalan hingga proses selesai.
Selesai konfigurasi memakai composer, saatnya aku mulai instalasi framework laravel tersebut, dengan menjalankan perintah:

 /home/nama_user/.config/composer/vendor/laravel/installer/laravel new blog 

lokasi folder .config ada di dalam folder /home/user yang anda gunakan. Jika anda memakai user dengan nama admin, maka letak lokasi folder .config yaitu /home/admin/.config/ . Perintah di atas akan menciptakan folder gres berjulukan blog yang diisi framework laravel.

Tunggu beberapa saat, maka sistem akan menjalankan proses instalasi berikut dependensi yang harus diinstall di dalam folder blog yang berisi source code PHP framework laravel.

Setelah proses instalasi selesai, maka anda sanggup masuk ke dalam folder blog tersebut dengan perintah:

 cd blog/ 

lalu coba jalankan perintah:

 php artisan --version  

untuk melihat aplikasi laravel yang terinstall ke dalam sistem anda. Jika punya aku yang terinstall yaitu laravel versi 5.6.25 menyerupai yang terlihat di bawah ini:


untuk memastikan apakah benar laravel berhasil terinstall aku menjalankan perintah:

 php artisan serve --host=192.168.1.4 

maka aplikasi laravel akan berjalan di localhost dengan port 8000, 192.168.1.4 yaitu alamat IP komputer saya, anda sanggup ganti dengan alamat IP komputer milik anda sendiri. Jika berhasil berjalan aku coba kanal di browser dengan alamat 192.168.1.4:8000, maka akan terlihat menyerupai berikut ini:

Selamat mencoba ya, kalau kalian ada kesulitan mungkin sanggup meninggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah ini.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Laravel Tutorial: How To Install Laravel 5.6 Di Ubuntu 18.04"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close