Membangun Folder Sharing Tanpa Password Dengan Samba Server Di Ubuntu - Tempat Blogging

Membangun Folder Sharing Tanpa Password Dengan Samba Server Di Ubuntu


Sesuai dengan judul di atas, di tutorial yang kali ini saya tulis menjelaskan bagaimana membangun sebuah folder sharing yang sanggup digunakan siapa saja tanpa harus melalui proses login atau otentikasi. Proses ini meniadakan administrasi user terhadap siapa saja yang sanggup mengakses folder sharing berikut passwordnya atau proses otentikasinya. Layanan yang bertipe semacam ini memang menciptakan proses pelayanan menjadi lebih mudah, tetapi juga menciptakan lebih rentan untuk disalahgunakan. Hanya saja ada kalanya pelayanan bertipe semacam ini tetap dibutuhkan untuk kasus kasus tertentu. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama anda harus login ke dalam server samba yang akan anda konfigurasi secara remote menggunakan SSH, atau sanggup eksklusif di komputer server samba anda tentunya, jangan milik orang lain ya :P .

Kemudian buat satu buah folder untuk dproyeksikan sebagai folder sharing yang akan digunakan dengan tipe (open) semacam ini, boleh menciptakan folder baru, boleh juga menggunakan folder yang telah ada, Pada tutorial ini, saya menciptakan sebuah folder gres berjulukan public yang ditaruh di lokasi /data/public dengan menjalankan perintah di bawah:

 sudo mkdir /data/public

Lalu langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah adalah mengubah hukum hak jalan masuk folder tersebut biar sanggup dimodifikasi oleh seluruh user dengan menjalankan perintah di bawah:

 sudo chmod 777 -R /data/public/

Kemudian anda harus menambahkan konfigurasi komplemen pada server samba ini melalui aplikasi vim, dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/samba/smb.conf

Setelah berhasil masuk ke mode pengeditan, anda sanggup menambahkan konfigurasi di bawah:

 [public]  comment = Public sharing  path = /data/public  browseable = yes  read only = no  create mask = 775  directory mask = 775  guest ok = yes

Apabila anda masih belum hebat menggunakan aplikasi vim, mungkin anda sanggup menggunakan aplikasi text editor lainnya menyerupai nano dan lain-lain. Jika anda ingin mencoba menggunakan aplikasi text editor vim, berikut link artikel yang pernah saya tulis yang berkaitan dengan cara menggunakan aplikasi vim.

Setelah itu, silakan restart server samba anda dengan menjalankan perintah menyerupai pada gambar di bawah:

 sudo service smbd restart

Untuk mencoba masuk ke dalam folder sharing tersebut, silakan buka nautilus kemudian tekan tombol CTRL+L , sesudah itu, silakan masukkan alamat ip server samba yang anda maksud dengan format:

 \\alamat_ip

Sehingga terlihat menyerupai pada gambar di bawah ini:


Cara di atas ialah cara untuk masuk ke dalam server samba menggunakan sistem operasi Ubuntu, kalau anda menggunakan sistem operasi lainnya menyerupai Windows atau MacOSX, anda sanggup melihat cara jalan masuk server samba dengan membaca artikel pada link ini.

Jika konfigurasi yang telah dilakukan di atas pada server samba anda berhasil, maka akan terlhat folder sharing yang tersedia menyerupai pada gambar di bawah:


Silakan fokus pada folder dengan nama public, alasannya ialah folder-folder lainnya tidak termasuk di dalam konfigurasi di artikel ini. Kemudian klik dua kali pada folder public, maka anda akan segera masuk ke dalam folder sharing public tanpa harus melalui proses otentikasi atau memasukkan password menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini:


Pada bab kiri, juga akan terlihat bahwa anda berhasil me"mount"ing share folder public menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Sebagai contoh, saya akan menciptakan sebuah folder gres di dalam sharing folder publc tersebut untuk memverifikasi bahwa folder sharing public sanggup ditulisi, dan kesannya menyerupai pada gambar di bawah ini:


Siapapun sanggup masuk dan menulisi folder sharing tersebut, sangat gampang menggunakannya tetapi juga sangat rawan untuk disalahgunakan, alasannya ialah fasilitas itu berbanding terbalik dengan keamanan. Silakan mencoba dan semoga membantu :)

Beberapa Artikel terkait:

Show comments
Hide comments

0 Response to "Membangun Folder Sharing Tanpa Password Dengan Samba Server Di Ubuntu"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close