Network Scanning Dengan Nmap Di Ubuntu - Tempat Blogging

Network Scanning Dengan Nmap Di Ubuntu


Jika anda bermain-main dengan jaringan, maka tools ini niscaya wajib anda punya. Tools nmap ini merupakan tools yang berfungsi untuk melaksanakan scanning di jaringan komputer. Menggunakan tools ini kita sanggup melihat service apa yang berjalan di suatu komputer, atau kita sanggup juga melihat ada berapa komputer yang sanggup dihubungi di dalam suatu jaringan. Tools ini sanggup diinstal di sistem operasi Linux. Jika di Ubuntu saya tinggal menjalankan perintah:

 sudo apt-get install nmap

Untuk menggunakannya (melakukan scanning) komputer saya sendiri, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 nmap localhost

maka alhasil ibarat berikut:


dari hasil di atas, maka terlihat bahwa service di komputer saya sendiri ada ssh, web (http), mysql, vnc dan tor.

Untuk melaksanakan scanning ke komputer lain maka saya menjalankan perintah berikut:

 nmap www.google.com

maka alhasil ibarat berikut:


dari hasil di atas, saya sanggup melihat bahwa komputer dengan host www.google.com membuka service DNS (53), Http (80) dan https (443).

Untuk melaksanakan scanning ke suatu jaringan komputer dengan subnet 192.168.0.0/24 (rentang alamat 192.168.0.0-192.168.0.255) maka saya tinggal menjalankan perintah ini:

 nmap 192.168.0.0/24 -sP

maka alhasil ibarat berikut:


dari hasil di atas maka terlihat bahwa ada 9 host yang terscanning. Opsi -sP ditambahkan supaya tidak menampilkan port port yang terbuka dari masing masing komputer yang di scanning.

Selamat mencoba ya, dan terima kasih telah berkunjung.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Network Scanning Dengan Nmap Di Ubuntu"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close