Tutorial Membangun Read Only Ftp Server Tanpa Password Di Ubuntu Server - Tempat Blogging

Tutorial Membangun Read Only Ftp Server Tanpa Password Di Ubuntu Server


Jika di tutorial sebelumnya aku membahas bagaimana menginstall FTP Server di artikel:

Tutorial install layanan FTP Server di Ubuntu

maka di tutorial kali ini aku akan bahas bagaimana konfigurasi FTP server biar semua user sanggup memakai layanan tersebut tanpa harus terdaftar sebagai user. Setelah install aplikasi FTP Server di Ubuntu, secara otomatis aplikasi vsftpd server akan menciptakan sebuah folder default yang terletak di /srv/ftp/ dan menciptakan sebuah file konfigurasi yang terletak di /etc/vsftpd.conf .

Sebelumnya kita backup dulu konfigurasi default vsftpd dengan menjalankan perintah:

 sudo cp /etc/vsftpd.conf /etc/vsftpd.conf.default

Kemudian aku ingin biar FTP server sanggup melayani semua user (anonymous) tanpa harus memasukkan password atau terdaftar sebagai pengguna layanan, maka aku harus melaksanakan sedikit perubahan di file konfigurasi, dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/vsftpd.conf

kemudian, aku cari bagian:

 anonymous_enable=No

aku ubah menjadi:

 anonymous_enable=YES

kemudian simpan, kemudian restart layanan FTP Server dengan menjalankan perintah:

 sudo service vsftpd restart

sesudah itu, aku akan mencoba menciptakan sebuah file kosong test.txt di dalam server FTP (/srv/ftp/) dengan menjalankan perintah:

 sudo touch /srv/ftp/test.txt 

kemudian aku akan mencoba saluran layanan FTP Server yang beralamat 192.168.56.100 dari browser dengan mengetikkan alamatnya dengan format:

 ftp://192.168.56.100

sehingga alhasil menyerupai berikut:

kemudian jikalau aku coba saluran FTP Server dari Windows Explorer , maka akan terlihat menyerupai berikut:



hanya saja layanan ini tidak membolehkan user yang mengakses untuk menulisi folder FTP Server, apabila aku mencoba menulis ke dalam folder yang disediakan oleh FTP Server, maka akan muncul pesan error menyerupai berikut:

Berdasarkan tampilan di atas, hal tersebut menunjukan bahwa layanan FTP server tanpa password hanya menyediakan layanan download saja sedangkan layanan upload masih terproteksi, mungkin di lain kesempatan akan aku tulis tutorial perihal konfigurasi biar layanan FTP server tanpa user yang sanggup ditulisi. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)
Show comments
Hide comments

0 Response to "Tutorial Membangun Read Only Ftp Server Tanpa Password Di Ubuntu Server"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close