Tutorial Menciptakan Network Weathermap Di Cacti - Tempat Blogging

Tutorial Menciptakan Network Weathermap Di Cacti


Setelah sebelumnya aku menulis tutorial bagaimana menginstall plugin network weathermap, maka di goresan pena berikutnya, aku akan membahas cara menciptakan network weathermap-nya. Mungkin anda sanggup membaca tutorial sebelumnya ihwal cacti sehingga tidak resah alasannya yakni aku sudah membahasnya hingga disini. Berikut tutorial ihwal cacti yang pernah aku tulis sebelumnya:
  1. Cara install cacti aplikasi monitoring di Ubuntu Server
  2. Cara konfigurasi SNMP di Ubuntu Server sebagai cacti client
  3. Cara menambah monitoring host di cacti
  4. Tutorial monitoring media penyimpanan, penggunaan memory dan user login lewat cacti
  5. Cara konfigurasi SNMP di mikrotik
  6. Tutorial network monitoring mikrotik memakai cacti 
  7. Cara memasukkan template grafik queue tree dan simple queue di cacti
  8. Tutorial monitoring administrasi bandwidth queue tree dan simple queue di mikrotik memakai cacti
  9. Cara konfigurasi SNMP di windows 10
  10. Cara biar windows 10 sanggup di ping
  11. Panduan monitoring jaringan windows 10 lewat cacti
  12. Monitoring media penyimpanan dan prosesor windows 10 lewat aplikasi cacti.
  13. Konfigurasi server cacti di Ubuntu server biar sanggup di install plugin.
  14. Cara install dan konfigurasi plugin monitor di cacti
  15. Cara install dan konfigurasi PHP 5.6 di Ubuntu Server 16.04
  16. Cara install dan konfigurasi plugin cacti weathermap di Ubuntu Server 16.04 
Network weathermap ini menyerupai dengan aplikasi the dude yang dikeluarkan mikrotik. Melalui aplikasi tersebut, kita sanggup memvisualisasikan trafik dalam bentuk topologi jaringan. Sekarang disini aku akan ajarkan bagaimana menciptakan network weathermapnya. 


Pertama anda masuk atau login ke dalam aplikasi Cacti dulu, kemudian klik sajian weathermap di sebelah kanan:





kemudian akan tampil list konfigurasi network weathermap yang telah dibentuk ( jikalau ada sebelumnya):

kemudian untuk menciptakan networkmap yang baru, aku klik tombol Add di pojok kanan atas, sehingga tampil konfigurasi yang sanggup dipakai untuk dibentuk netwok weathermap:


dari list terdapat konfigurasi default.conf, alasannya yakni tidak ada lainnya aku klik Add untuk menambahkannya, kemudian aku diarahkan kembali ke halaman sebelumnya:


dari gambar terlihat bahwa config default.conf sudah berhasil ditambahkan ke dalam tabel weathermaps, langkah selanjutnya yakni klik konfigurasi tersebut untk menciptakan topologinya:


dari gambar di atas tertampil topologi default, aku delete semua node yang ada untuk menciptakan topologi network map yang baru, cara delete node tersebut melalui opsi delete pada sajian konfigurasi node yang muncul saat setiap node tersebut di klik, sehingga terlihat menyerupai di bawah ini:


untuk menciptakan node baru, klik sajian Add Node di sajian pojok kiri atas, kemudian tempatkan dalam peta memakai mouse, aku menciptakan 2 node gres sehingga terlihat menyerupai berikut:



Berikut konfigurasi node router, pada sajian Pick from Cacti, aku menentukan host router di ether24 sehingga alhasil menyerupai di bawah ini:


ether24 yakni ether yang mengarah ke internet, dan berikut ini konfigurasi untuk node internet:


sesudah itu, aku tambahkan link di antara keduanya untuk memvisualisasikan trafiknya dengan meu Add Link di pojok kiri atas, sehingga alhasil terlihat menyerupai berikut:


langkah selanjutnya yakni mengkonfigurasikan link antar node tersebut dengan cara klik link tersebut dan aku konfigurasi untuk mengambil data dari trafik router di ether 24 yang mengarah ke internet melalui sajian Pick from Cacti:


sesudah itu klik submit dan klik sajian Return to cacti di pojok kiri atas, jikalau tidak ada yang error, maka akan terlhat tampilannya menyerupai berikut:


untuk melihat alhasil klik tabs weathermap di atas:
maka akan nampak topologi network weathermap yang telah dibentuk tadi:

kalau tidak salah, topologi yang aku buat ada di pojok kiri dari gambar di atas, saat aku klik maka akan nampak monitoring trafiknya menyerupai di bawah ini:


gampang bukan menciptakan monitoring memanfaatkan plugin network weathermap, pada kesempatan selanjutnya aku akan menuliskan tutorial pemanfaatan Gmail untuk email notifikasi di cacti jikalau terjadi sesuatu dari device yang di monitoring. 

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Show comments
Hide comments

0 Response to "Tutorial Menciptakan Network Weathermap Di Cacti"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close