Tutorial Menciptakan Vagrant Box Sendiri #2 - Cara Install Ubuntu Server 18.04 Lts - Tempat Blogging

Tutorial Menciptakan Vagrant Box Sendiri #2 - Cara Install Ubuntu Server 18.04 Lts


Setelah kemaren mengulas konfigurasi virtualbox sebelum memulai instalasi, maka kali ini saya akan menuliskan panduan langkah-langkah instalasi Ubuntu Server 18.04. Tutorial ini ialah rangkaian seri tutorial cara menciptakan vagrant box sendiri, dan ini ialah tutorial ke dua dari seluruh tutorial yang terdiri dari:
  1. Konfigurasi virtualbox sebelum membangun Guest OS atau virtual instance.
  2. Cara Install Ubuntu Server 18.04.
  3. Konfigurasi sudo tanpa password di Ubuntu Server 18.04
  4. Install Virtualbox Guest Addition di Virtual Mesin.
  5. Install insecure public key di virtual mesin
  6. Membuat Vagrant box dari Virtual Mesin
  7. Instalasi Vagrant box dan uji coba Vagrant box yang dibuat.
saya lanjutkan ya goresan pena ini ihwal langkah-langkah install Ubuntu Server 18.04, sehabis anda boot dengan ISO yang tadi saya siapkan, anda akan mendapati tampilan pilihan bahasa instalasi Ubuntu Server menyerupai berikut ini:


saya pilih bahasa "English" (Inggris) , kemudian saya akan diarahkan ke sajian instalasi menyerupai berikut ini:


sebab saya akan menginstall ubuntu server tentu saja saya akan menentukan opsi "Install Ubuntu Server" sehabis itu akan di arahkan ke proses selanjutnya:


tampilan berikutnya ialah proses menentukan bahasa yang akan dipakai di dalam sistem sehabis instalasi, di proses ini saya menentukan bahasa English (Inggris), sehabis itu saya melanjutkan ke step berikutnya:


step selanjutnya ialah menentukan layout keyboard yang akan digunakan, saya menentukan layout keyboard dari US (English) kemudian ENTER untuk masuk ke proses selanjutnya:


Pada tahap ini, saya diminta untuk menentukan tipe instalasi Ubuntu Server pada mesin yang akan saya gunakan. Ada 3 tipe instalasi yang sanggup dipakai di versi 18.04 ini yaitu:
  1. Ubuntu Server itu sendiri (Full System), lalu
  2. Ubuntu Server sebagai cuilan Metal As A Service (MAAS) region, dan
  3. Ubuntu Server sebagai cuilan Metal As A Service (MAAS) rack.
Saya pilih opsi paling atas yaitu install Ubuntu sebab saya tidak memakai server tersebut sebagai cuilan dari MAAS, sehabis itu instalasi berlanjut ke proses berikutnya:


Proses selanjutnya ialah konfigurasi kartu jaringan, saya hanya menyediakan satu kartu jaringan yang akan saya konfigurasi memakai layanan DHCP, jadi saya tinggal melanjutkan prosesnya dengan menekan ENTER.


Pada tahap ini saya diminta untuk mengisi alamat proxy server, dikarenakan saya tidak mempunyai proxy server yang akan saya gunakan di Ubuntu Server, maka saya kosongi dan tekan ENTER untuk melanjutkan prosesnya.


Berikutnya ialah proses konfigurasi harddisk yang akan di install Ubuntu Server, apakah saya akan memakai seluruh harddisk yang tersedia atau akan melaksanakan perubahan partisi? Saya menentukan memakai semua harddisk yang tersedia, maka saya pilih opsi "Use an entire disk" kemudian tekan ENTER.


pada proses ini saya diminta untuk menentukan partisi yang digunakan, sebab saya hanya menyediakan satu partisi, ya di gambar tersebut juga terlihat hanya satu partisi, sehabis itu tekan ENTER untuk melanjutkan proses instalasi.


Tahap berikutnya dalam proses instalasi ini, saya diminta untuk memverifikasi peta folder instalasi yang akan digunakan, di gambar terlihat peta mounting system yang sudah di buat secara otomatis di partisi yang tadi saya pilih sebelumnya. 


Jika tidak ada perubahan, maka saya tinggal menyetujui apa yang sudah dibentuk secara otomatis oleh system, dengan menekan ENTER untuk melanjutkan prosesnya.



Setelah itu saya diminta untuk menciptakan user yang akan didaftarkan ke dalam system, sebab saya akan menciptakan vagrant box dari hasil instalasi ini, maka saya mendaftarkan user vagrant dengan password vagrant ke dalam system Ubuntu Server 18.04 yang saya install menyerupai yang nampak pada gambar di atas.


Proses berikutnya ialah proses instalasi Ubuntu Server ke dalam komputer virtual dengan konfigurasi yang dibentuk sebelumnya. Tunggu beberapa ketika hingga anda mendapati tampilan menyerupai berikut ini:


Untuk menuntaskan instalasi saya akan restart komputer virtual tersebut. Jika instalasi berjalan lancar maka simpulan restart anda akan mendapati tampilan login menyerupai berikut ini:


masukkan user dengan nama vagrant dan password vagrant menyerupai yang tadi dibuat, bila berhasil maka anda akan di bawa masuk ke dalam system menyerupai berikut ini:


Yup, hingga disini instalasi simpulan dilakukan, maka hingga disini saja tutoria instalasi Ubuntu Server 18.04 di buat. Untuk tutorial berikutnya saya akan membahas beberapa konfigurasi untuk persiapan pembuatan vagrant box lainnya.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Tutorial Menciptakan Vagrant Box Sendiri #2 - Cara Install Ubuntu Server 18.04 Lts"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close