Belajar Memakai Vim Via Terminal Di Linux - Tempat Blogging

Belajar Memakai Vim Via Terminal Di Linux

Belajar memakai Vim via terminal di Linux Belajar memakai Vim via terminal di Linux

Vim ialah Aplikasi editor yang sanggup berjalan pada console/terminal untuk mempermudah kita dalam melaksanakan proses membuat, melaksanakan perubahan file serta menambahkan perintah dengan cepat dan efisien dengan daya konsumsi memori yang jauh lebih sedikit dibanding dengan mode GUI. Di Linux sendiri ada banyak aplikasi editor menyerupai GEdit, Vi, Nano dan sebagainya. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakannya aplikasi tersebut. 
Cara Installasi :
  1. Jika pada Linux Anda belum ada aplikasi Vim, Install terlebih dahulu dengan mengetikan perintah sebagai berikut pada console atau terminal : 
    • Debian/Ubuntu : sudo apt-get install vim (jika login tidak memakai root)
    • RHEL/Centos   : yum install vim
Perintah Dasar pada Vim :
  1. Menggunakan Aplikasi editor di vim sangatlah mudah, berikut ini perintah untuk menampilkan aplikasi vim pada console atau terminal. 
    • ketikan vim maka console/terminal anda akan menampilkan gambar menyerupai berikut ini.
      Belajar memakai Vim via terminal di Linux Belajar memakai Vim via terminal di Linux
    • Jika Anda ingin menciptakan file atau eksklusif melaksanakan perubahan pada file tertentu, ketikan perintah sudo vim <nama-file.ext> contohnya sudo vim dataku.txt, maka secara otomatis vim akan menciptakan file dataku dengan extention file .txt tapi jika pada folder tersebut sudah ada file dengan nama dataku.txt, vim akan melaksanakan mode edit pada file tersebut.
    • Untuk memulai perubahan terlebih dahulu, ketikan abjad i, yang berarti mode untuk menyisipkan text akan diberlakukan. 
    • Perintah untuk menyimpan file dengan nama tertentu pada vim, terlebih dahulu kita menekan tombol ESC kemudian ketikan :w <nama-file.ext>, menyerupai pada gambar berikut ini.
      Belajar memakai Vim via terminal di Linux Belajar memakai Vim via terminal di Linux
    • Perintah untuk keluar dari aplikasi dan sekaligus menyimpan perubahan yang dilakukan cukup tekan ESC terlebih dahulu lalu ketikan :wq (write dan quit) dan Enter.
      Belajar memakai Vim via terminal di Linux Belajar memakai Vim via terminal di Linux
    • Perintah untuk keluar dari aplikasi vim tanpa melaksanakan proses simpan, tekan ESC terlebih dahulu lalu ketikan :q!, maka akan secara otomatis Anda akan keluar/ menutup aplikasi tanpa adanya proses simpan.
      Belajar memakai Vim via terminal di Linux Belajar memakai Vim via terminal di Linux
    • Cukup gampang bukan, perintah-perintah diatas merupakan perintah dasar yang ada pada vim, kalau Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa saja perintah-perintah yang ada di vim secara lengkap, cukup ketikan perintah vim pada console, dilanjutkan dengan menekan tombol ESC dan ketikan perintah :help.
    • Semoga bermanfaat.






sumber gambar paling atas dari salferrarello.com

Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Memakai Vim Via Terminal Di Linux"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close