Firebase Bikin Ratusan Aplikasi iOS Alami Kebocoran Data - Tempat Blogging

Firebase Bikin Ratusan Aplikasi iOS Alami Kebocoran Data

Firebase Bikin Ratusan Aplikasi iOS Alami Kebocoran Data Firebase Bikin Ratusan Aplikasi iOS Alami Kebocoran Data

Firebase ialah salah satu solusi backend yang dapat dipakai oleh para pengembang aplikasi, baik aplikasi Android maupun iOS. Sehingga pengembang aplikasi tidak perlu terlalu repot membuatkan layanan backend sendiri dari awal, cukup memanfaatkan layanan Firebase dari Google ini.

Dilansir dari Apple Insider, ada ratusan aplikasi iOS yang memakai backend Firebase ini ternyata menyebabkan kebocoran data pengguna. Mulai dari password, informasi kesehatan, lokasi GPS, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan dari laporan firma keamanan aplikasi mobile, Appthority, menyebutkan bahwa info ini disebabkan oleh adanya celah keamanan. Celah ini mereka sebut dengan nama “HospitalGown vulnerability”.

Masalah ini muncul saat aplikasi yang dibentuk tidak dirancang untuk membutuhkan otentikasi Google Firebase. Pada dasarnya, pengembang aplikasi dapat menentukan untuk memakai otentikasi Google maupun tidak.

Ada sekitar 1275 aplikasi iOS di App Store yang ditemukan oleh pihak Appthority yang memakai database Firebase, sekitar 600 di antaranya mengalami duduk kasus ini. Kebanyakan data yang bocor ialah berupa password, user ID, informasi keuangan, dan informasi kesehatan.

Sekedar informasi, Firebase memang sangat terkenal di kalangan para pengembang aplikasi mobile Android dan iOS lantaran dapat menyediakan layanan backend yang cepat dan gampang ketimbang harus membangun layanan backend sendiri dari awal.

Bagaimana? Aplikasi buatanmu juga memakai layanan Google Firebase sebagai backend service?

via Apple Insider


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Firebase Bikin Ratusan Aplikasi iOS Alami Kebocoran Data"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close