4 Aplikasi WAJIB Tanggap Bencana — Aplikasi Gempa, Tsunami, dll - Tempat Blogging

4 Aplikasi WAJIB Tanggap Bencana — Aplikasi Gempa, Tsunami, dll

Akhir-akhir ini ada cukup banyak musibah yang terjadi di indonesia, mulai dari gempa bumi hingga tsunami. Dan di video ini saya mau bagikan 4 aplikasi yang wajib kau install untuk tanggap bencana, supaya kau dan keluarga tetap aman. Video ini tidak hanya membahas aplikasi gempa dan tsunami saja, tetapi juga membahas aplikasi antisipasi peristiwa lainnya, ibarat peta offline untuk menemukan rumah sakit terdekat, aplikasi pengirim lokasi darurat ke keluarga, aplikasi untuk mencari lokasi keluarga, hingga aplikasi untuk mencari sinyal terkuat dikala kondisi sinyal sedang lemah. Dan jangan lupa share video ini kepada teman, keluarga, Serta orang2 terdekat, semoga mereka juga aware pentingnya waspada musibah di indonesia.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan informasi tekno menarik setiap hari

1. Info BMKG

Info BMKG yaitu aplikasi yang wajib banget terinstall di iPhone kamu. Disini kau dapat dapet informasi penting dari BMKG, ada peristiwa apa, berpotensi tsunami apa enggak. Lalu kau dapat cek ramalan cuaca di seluruh wilayah indonesia, nggak cuman cuaca kota, tapi juga cuaca bahari hingga cuaca bandara. Dan disini juga ada siaran pers resmi dari BMKG, banyak sekali peringatan dan informasi resmi mereka ada disini. Kaprikornus sebelum wisata atau bepergian ke suatu tempat, nggak ada salahnya cek Info BMKG dulu, untuk memastikan kawasan yang kau kunjungi kondusif atau ada potensi bencana. Dan jangan gampang percaya hoax, jadi cek pribadi informasi resmi BMKG di aplikasi ini.

2. Google Trusted Contact

Di Google Trusted Contacts kau dapat masukin kontak keluarga, ayah, ibu, adik, istri, anak, dan keluarga erat lainnya. Lalu dalam kondisi darurat, kau dapat share lokasi kau ke mereka semua, atau ke salah satu dari mereka, dengan beberapa tap saja.

Kalo kau khawatir atas keberadaan keluarga, kau juga dapat request lokasi mereka dikala ini, dan kalo gak ada respon dari mereka, google akan otomatis mengirimkan lokasi dalam 5 menit. Selain tahu detail lokasi, kau juga dapat tahu prosentase baterai hape mereka dikala ini.

Aplikasi ini penting banget terutama kalo ada keluarga yang sulit dihubungi, terlebih berada di lokasi bencana, atau sekedar khawatir dengan keberadaan keluarga.

3. Maps.me

Maps.me yaitu aplikasi peta kayak Google Maps, tapi dapat kau download dan gunakan secara offline. Dan versi offline nya ini, lebih lengkap dan akurat daripada aplikasi peta offline lainnya. Kaprikornus kalo misal kalo sinyal dan koneksi mati dikala bencana, kau dapat tahu lokasi rumah sakit atau kantor polisi terdekat.

4. Open Signal

Kalo ada peristiwa atau cuaca jelek dan sinyal menjadi lemah, kau dapat pake aplikasi ini untuk mencari lokasi dengan sinyal terkuat, supaya dapat menghubungi keluarga atau pihak yang berwenang.

Ada arah panah yang dapat kau ikuti utk menuju lokasi dengan sinyal terkuat, kau dapat cari juga peta lokasi dengan coverage sinyal terkuat sesuai dengan provider yang kau gunakan, bahkan juga daftar koneksi wifi yang mungkin masih tersedia. Dengan begitu kau dapat mengirimkan lokasi pake Google Trusted contact, atau sekedar memperlihatkan kabar kepada keluarga.

Nah itulah ia 4 aplikasi yang wajib banget kau install semoga tanggap bencana. Harapannya kita selalu siap dan waspada seandainya hal2 jelek terjadi di sekitar kita. Pastikan infokan juga hal ini ke teman, saudara, dan orang terdekat, supaya mereka juga selalu siaga.

Saya berdoa yang terbaik buat kalian semua, stay safe, sampe ketemu lagi di ulasan menarik lainnya, besok!


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "4 Aplikasi WAJIB Tanggap Bencana — Aplikasi Gempa, Tsunami, dll"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close