21 Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Ahli, Lengkap! - Tempat Blogging

21 Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Ahli, Lengkap!

Pengertian Sejarah

Sejarah yaitu suatu kejadian yang telah terjadi pada masa lampau yang disusun secara berdasarkan banyak sekali peninggalan dari kejadian tersebut serta dihentikan untuk melupakan lantaran tanpa adanya sejarah tidak akan ada zaman menyerupai kini ini. Pengertian sejarah secara Etimologi, kata sejarah sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu sajaratun (syajaroh) yang mempunyai arti silsilah atau pohon. Asal mula dari istilah sejarah dipakai dalam literatur bahasa Indonesia dengan menggunakan beberapa variasi. Banyak yang mengakui dan beropini bahwa istilah sejarah berasal dari kata dalam bahasa Yunani yaitu historia sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan history yang mempunyai arti "yang terjadi".

Pengertian sejarah secara umum yaitu suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari perihal segala kejadian yang pernah terjadi pada masa lampau yang ada dalam kehidupan. Pengertian sejarah dalam arti luas yaitu sejarah yaitu ilmu yang membahas perihal kejadian atau suatu kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan insan dengan melalui bukti secara tertulis menyerupai kitab atau dokumen kuno dan juga secara mulut menyerupai tradisi secara turun temurun serta mitos, bukti yang berupa benda menyerupai artefak dan prasasti dan juga monumen sejarah. Sejarah juga mempelajari mengenai kejadian dan waktu. Dengan demikian, adanya problem waktu menjadi tugas penting dalam mempelajari sebuah peristiwa. Para sejarawan biasanya dalam mengatasi problem waktu dengan cara menciptakan sebuah periodesasi.

 Sejarah yaitu suatu kejadian yang telah terjadi pada masa lampau yang disusun secara be 21 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Lengkap!
Ilmu sejarah merupakan ilmu penting bagi kehidupan selain matematika dan biologi. Dalam sejarah terdapat 3 aspek, antara lain : masa lampau, masa sekarang, serta masa mendatang. Pada masa lampau akan dijadikan sebagai suatu titik tolak untuk masa mendatang sehingga nilai dari sejarah tersebut mengandung pelajaran nilai dan moral. Pada masa sekarang, ilmu sejarah dipahami oleh generasi penerus sebagai sumber untuk menuju kemajuan dalam kehidupan. Peristiwa yang sudah pernah terjadi pada masa lampau memperlihatkan mengenai kehidupan insan serta kebudayaannya sehingga akan menciptakan kekerabatan lantaran akhir mengapa kejadian tersebut sanggup terjadi dalam kehidupan zaman itu, meskipun tidak juga setiap kejadian akan tercatat dalam sejarah.

Sejarah akan terus menerus berkesinambungan sehingga membentuk rentang kejadian yang panjang. Oleh lantaran itu, sejarah meliputi :
1) Masa kemudian dilukiskan berdasarkan dengan urutan waktu (kronologis).
2) Ada hubungannya dengan lantaran akhir suatu peristiwa.
3) Kebenarannya mempunyai sifat subjektif lantaran masih perlu adanya penelitian yang lebih lanjut guna mencari kebenaran yang bersifat hakiki.
4) Peristiwa sejarah terdapat 3 aspek, yaitu masa lampau, masa sekarang, serta masa yang akan datang.

Pengertian Sejarah Menurut Istilah
1) Bahasa Inggris, kata sejarah (History) sendiri berasal dari kata Historia yang mempunyai arti masa lampau.
2) Bahasa Arab, kata sejarah disebut sajaratun (syajaroh) yang mempunyai arti pohon dan keturunan, maksudnya pada ketika membaca silsilah raja akan tampak menyerupai pohon dari yang terkecil sampai menjelma besar, maka sejarah diartikan sebagai silsilah keturunan para raja yang mempunyai arti kejadian pemerintahan keluarga raja yang ada pada masa lampau.
3) Bahasa Yunani, kata sejarah disebut istoria yang mempunyai arti belajar. Sehingga sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang membahas perihal peristiwa, kejadian yang pernah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.
4) Bahasa Jerman, kata sejarah disebut geschichte yang mempunyai arti sesuatu yang telah terjadi di masa lampau kehidupan manusia.




Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

 Sejarah yaitu suatu kejadian yang telah terjadi pada masa lampau yang disusun secara be 21 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli, Lengkap!
  1. Moh. Hatta
  2. Sejarah dalam wujudnya sanggup memperlihatkan pengertian mengenai masa lampau. Sejarah bukanlah hanya sekedar melahirkan kriteria dari kejadian pada masa kemudian sebagai sebuah masalah. Sejarah bukan sekedar hanya kejadian pada masa lalu, namun pemahaman masa lampau yang terkandung didalamnya banyak sekali dinamika, mungkin menyerupai berisi problematik pelajaran untuk insan berikutnya.
  3. Muhammad Yamin
  4. Muhammad Yamin beropini bahwa pengertian sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun dari hasil penyelidikan banyak sekali kejadian yang sanggup untuk dibuktikan dengan materi kenyataan.
  5. Nugroho Notosusanto
  6. Sejarah merupakan banyak sekali kejadian yang ada hubungannya dengan insan sebagai makhluk yang bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau.
  7. Taufik Abdullah
  8. Taufik Abdullah beropini bahwa pengertian sejarah ialah tindakan insan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu pada masa kemudian di kawasan tertentu.
  9. Drs. Sidi Gazalba
  10. Sejarah merupakan masa lampau insan serta seputarnya yang disusun dengan ilmiah dan juga lengkap yang meliputi urutan-urutan fakta masa tersebut dengan klarifikasi yang memberi pemahaman perihal apa yang berlaku.
  11. Rochmawati Wiriatmaja
  12. Sejarah merupakan disiplin ilmu yang menjanjikan kebijaksanaan, kultural, nilai-ilai spritual, etika, serta moral lantaran kajiannya yang mempunyai sifat memperlihatkan sebuah pedoman kepada keseimbangan hidup, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan, harmoni dalam nilai-nilai, serta menjadi sebuah cerminan pengalaman kolektif yang sanggup menjadi sebuah kompas untuk kehidupan yang akan datang.
  13. Moh. Ali
  14. Sejarah ialah keseluruhan perubahan serta banyak sekali macam kejadian yang telah terjadi. Sejarah merupakan suatu ilmu yang menyidik perihal banyak sekali perubahan yang benar pernah terjadi pada masa lampau.
  15. Ismaun
  16. Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari kisah perihal banyak sekali kejadian yang benar pernah terjadi atau berlangsung di masa lampau. Sejarah yaitu rekaman atau catatan pilihan yang disusun secara teliti mengenai aspek kehidupan insan pada masa lampau.
  17. Aristoteles
  18. Menurut Aristoteles beropini bahwa pengertian sejarah yaitu satu sistem yang mempelajari kejadian yang semenjak awal tersusun ke dalam bentuk kronologi. Sejarah merupakan sebuah kejadian yang terjadi pada masa kemudian yang mempunyai catatan, rekod-rekod atau sebuah bukti yang konkrit.
  19. J.V. Bryce
  20. Sejarah yaitu catatan dari apa yang telah diperbuat, dipikirkan, serta dikatakan oleh umat manusia.
  21. W.H. Walsh
  22. Sejarah menitikberatkan kepada pencatatan yang mempunyai sebuah arti dan penting saja bagi umat manusia. Catatan tersebut sanggup meliputi banyak sekali jenis tindakan serta pengalaman umat insan pada masa lampau dengan banyak sekali hal yang penting sehingga menjadi sebuah dongeng yang berarti.
  23. Roeslan Abdulgani
  24. Ilmu sejarah merupakan ilmu mempelajari dan meneliti secara sistematis keseluruhan perkembangan insan pada masa lampau beserta dengan banyak sekali kejadian dengan maksud untuk selanjutnya dinilai dengan kritis seluruh hasil penelitian tersebut, untuk kemudian dijadikan sebagai perbendaharaan pedoman untuk penentuan serta evaluasi keadaan kini ini dan arah proses bagi masa depan.
  25. Patrick Gardiner
  26. Sejarah merupakan suatu ilmu yang mempelajari dan meneliti perihal apa yang telah diperbuat oleh umat manusia.
  27. Herodotus (The Father of History)
  28. Sejarah merupakan satu kajian guna menceritakan sebuah perputaran jatuh bangunnya seorang tokoh, masyarakat, serta peradaban.
  29. Robin Winks
  30. Sejarah ialah suatu studi mengenai insan dalam kehidupan masyarakat pada masa lampau.
  31. Leopold Von Ranke
  32. Pengertian sejarah berdasarkan Leopold Von Ranke yaitu apa yang benar-benar telah terjadi.
  33. Ibnu Khaldun
  34. berdasarkan Ibnu Khaldun beropini bahwa pengertian sejarah merupakan sebuah catatan mengenai peradaban dunia atau umat manusia, perihal banyak sekali perubahan yang terjadi pada tabiat masyarakat tersebut.
  35. Sir Charles Firth
  36. Sejarah merekam kehidupan umat manusia, banyak sekali kondisi material yang telah membantu perkembangannya, banyak sekali wangsit yang membatasi agresi masyarakat, serta perubahan masyarakat yang terjadi terus menerus.
  37. Rober V. Daniels
  38. Sejarah merupakan sebuah kenangan dari rujukan masa lampau. Sejarah yang dimaksud yaitu sejarah manusia. Manusia ialah pelaku sejarah. Manusia mempunyai kemampuan dalam menangkap banyak sekali kejadian yang ada. Hasil tangkapan tersebut akan menjadi ingatan dalam dirinya. Ingatan tersebut yang menjadi sumber sejarah.
  39. R. G. Collingwood
  40. Sejarah merupakan suatu bentuk penyelidikan mengenai banyak sekali hal yang pernah dilakukan umat insan pada masa lampau.
  41. Thomas Carlyle
  42. Pengertian sejarah berdasarkan Thomas Carlyle merupakan sebuah kejadian pada masa lampau yang mempelajari perihal biografi orang terkenal. Mereka merupakan seorang penyelamat pada zamannya. Mereka juga merupakan orang yang besar yang dicatat sebagai peletak dasar sejarah tersebut.


Itulah 21 pengertian sejarah berdasarkan para ahli. Alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian sejarah tersebut sebelum mempelajari ilmu sejarah lebih dalam.
Show comments
Hide comments

0 Response to "21 Pengertian Sejarah Berdasarkan Para Ahli, Lengkap!"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close