Iklim Komunikasi Organisasi Dan Iklim Komunikasi - Tempat Blogging

Iklim Komunikasi Organisasi Dan Iklim Komunikasi

- Iklim komunikasi dan organisasi merupakan hal yang perlu menjadi perhatian seorang pimpinan organisasi sebab faktor tersebut sedikit banyaknya ikut menghipnotis kepada tingkah laris karyawan. Untuk sanggup membuat iklim komunikasi dan organisasi yang baik perlu memahami kedua hal tersebut serta keadaan karyawan (Arni, 2009: 82).

Iklim Organisasi
Bermacam definisi dikemukakan dalam literatur mengenai iklim organisasi di antaranya menyerupai apa yang dikemukakan oleh Tagiuri. Iklim organisasi adalah kualitas yang relatif abadi dari lingkungan internal organisasi yang dialami oleh anggota-anggotanya, menghipnotis tingkah laris mereka serta sanggup diuraikan dalam istilah nilai-nilai suatu set karakteristik tertentu dari lingkungan (Arni, 2009: 82).

merupakan hal yang perlu menjadi perhatian seorang pimpinan organisasi sebab faktor terse Iklim Komunikasi Organisasi dan Iklim Komunikasi
Poto: emaze.com

Payne dan Pugh mendefinisikan iklim organisasi sebagai suatu konsep yang merefleksikan isi dan kekuatan dari nilai-nilai umum, norma, sikap, tingkah laris dan perasaan anggota terhadap suatu sistem sosial. Selanjutnya Litwin dan Stringers memperlihatkan dimensi iklim organisasi sebagai berikut (Arni, 2009: 82):
  1. Rasa tanggung jawab.
  2. Standar atau cita-cita perihal kualitas pekerjaan.
  3. Ganjaran atau reward.
  4. Rasa persaudaraan.
  5. Semangat tim.


Iklim Komunikasi
Ada korelasi yang sirkuler antara iklim organisasi dengan iklim komunikasi. Tingkah laris komunikasi mengarahkan pada perkembangan iklim, di antaranya iklim organisasi. Iklim komunikasi yang penuh persaudaraan mendorong para anggota organisasi berkomunikasi secara terbuka, rileks, ramah tamah dengan anggota yang lain. Sedangkan iklim yang negatif menyebabkan anggota tidak berani berkomunikasi secara terbuka dan penuh rasa persaudaraan (Arni, 2009: 85).

Penelitian yang dilakukan Redding memperlihatkan bahwa iklim komunikasi lebih luas dari persepsi karyawan terhadap kualitas korelasi dan komunikasi dalam organisasi serta tingkat efek dan keterlibatan. Redding mengemukakan lima dimensi penting dari iklim komunikasi tersebut (Arni, 2009: 85):
  1. “Supportiveness”, atau bawahan mengamati bahwa korelasi komunikasi mereka dengan atasan membantu mereka membangun dan menjaga perasaan diri berharga dan penting.
  2. Partisipasi membuat keputusan.
  3. Kepercayaan, sanggup mengemban amanah dan sanggup menyimpan rahasia.
  4. Keterbukaan dan keterusterangan.
  5. Tujuan kinerja yang tinggi, pada tingkat mana tujuan kinerja dikomunikasikan dengan terang kepada anggota organisasi.

Demikian klarifikasi terkait iklim organisasi dan iklim komunikasi sebagaimana dijelaskan di atas. Semoga dengan adanya klarifikasi pengertian iklim organisasi dan komunikasi sanggup mempermudah bagi anda yang sedang mencari materi perkuliahan

Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Iklim Komunikasi Organisasi Dan Iklim Komunikasi"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close