Cara Mengubah Partisi Mbr Ke Gpt Ataupun Sebaliknya Memakai Diskpart - Tempat Blogging

Cara Mengubah Partisi Mbr Ke Gpt Ataupun Sebaliknya Memakai Diskpart

Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT ataupun sebaliknya Menggunakan Diskpart - Assalamualaikum sob, apa kabar??? Pastinya baik baik saja kan... Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial perihal Cara Convert Partisi MBR Ke GPT ataupun GPT ke MBR. Mungkin soabt pernah atau kini sedang mencoba menginstall suatu komputer atau laptop namun komputer atau laptop tersebut tidak sanggup diinstall windows alasannya ialah format hardisknya yang tidak sesuai, permasalahan ini pun cukup menyulitkan. Biasanya problem ini terjadi pada ketika pemilihan partisi yang nantinya akan di gunakan untuk menginstall Windows tersebut, pada kasus ini biasanya muncul kotak obrolan yang isinya Windows cannot be installed to disk. The selected disk has an MBR partition table.On EFI system, windows can only be installed to gpt disk. Dalam kasus tersebut sanggup diartikan bahwa kita tidak sanggup menentukan partisi untuk menginstall windows di karenakan partisi kita berformat MBR, sedangkan windows tersebut hanya sanggup diinstall di partisi yang berformat GPT saja. Oleh alasannya ialah itu, kita harus mengubah format partisi kita dari MBR ke GPT. Nah, cara yang sanggup di gunakan untuk mengubah format partisi tersebut ialah melalui diskpart. Namun sebelumnya Tahukah sahabat apa itu partisi MBR dan GPT? kalau belum tau silakan sahabat simak klarifikasi di bawah ini. 

Apa itu Partisi MBR dan Partisi GPT?
MBR ialah kependekan dari Master Boot Record, ialah tipe Istimewa dari boot sector pada ketika awal disk suatu perangkat komputer di partisi. MBR berisi isu mengenai logical partisi, file system yang mengatur file tersebut. Sedangkan GPT ialah kependekan dari GUID Partition Table. Merupakan jenis Table partisi standar dari intuk layout partisi yang memakai Global Unique identifer Dimana partisi ini mempunyai kelebihan di bandingkan dengan partisi dengan format MBR, yaitu dimana ketika sector booting yang terdapat dalam hardisk corrupt maka kita masih sanggup melaksanakan booting windows alasannya ialah file isu dari sector booting sanggup dapat di tiru lebih dari satu kali. sedangkan MBR jikalau sector bootingnya corrupt maka kita tidak sanggup boot pada sistem operasi.
Okeh sob, sesudah membaca klarifikasi mengenai Apa Itu Partisi MBR dan Partisi GPT, mari kita lanjut ke topik utama yaitu bagaimana cara convert partisi MBR ke GPT, sebelumnya silakan sahabat backup dulu data data yang ada di hardisk sahabat biar tidak terjadi hal hal ynag tidak di inginkan alasannya ialah pada proses ini semua data yang terdapat di dalam hardisk akan terhapus. Untuk langkah langkahnya silakan sahabat simak di bawah ini:

  • Langkah pertama yang harus sahabat lakukan ialah menyiapkan installer windowsnya dalam bentuk Flash disk ataupun DVD
  • selanjutnya yaitu, silakan boot melalui installer sobat. Oh iya, jangan lupa untuk mengatur urutan booting di pengaturan bios biar sahabat sanggup boot melalui installernya.
  • Untuk hidangan instalasi pertama sahabat klik next saja, sesudah itu pada hidangan instalasi kedua silakan klik install now.
  • maka selanjutnya kita masuk ke hidangan instalasi ke tiga, pada hidangan intsalasi ketiga ini, silakan sahabat tekan SHIFT + F10. Maka akan muncul Command Prompt
  • selanjutnya silakan sahabat ketikkan diskpart kemudian tekan enter.
  • selnajutnya silakan sahabat ketikkan list disk kemudian tekan enter, list disk ini berfungsi untukmelihat daftar media penyimpanan yang terdapat pada laptop atau komputer sobat.
  • selanjutnya kita ketikkan select disk 0 kemudian enter.
  • kemudian ketikkan clean
  • kemudian ketikkan convert gpt, apabila sahabat ingin mengubah ke gpt dan ketikkan convert mbr apabila ingin mengubah ke mbr.
  • kemudian silakan tunggu sampai prosesnya selesai. Apabila telah selesai, silakan sahabat tutup command promptnya dan mulai untuk menginstall windows.
bagaimana sob, gampang kan, itulah tadi tutorial perihal bagaimana cara mengubah partisi MBR ke GPT maupun sebaliknya. Apabila ada pertanyaan atau sanggahan silakan sahabat tinggalkan komentar. 
Sekian dulu postingan saya kali ini, apabila ada kesalahan mohon di maafkan & Semoga Bermanfaat.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mengubah Partisi Mbr Ke Gpt Ataupun Sebaliknya Memakai Diskpart"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close