Alasan Kenapa Rawgit Tutup Dan Situs Pengganti Yang Mirip - Tempat Blogging

Alasan Kenapa Rawgit Tutup Dan Situs Pengganti Yang Mirip

Salah satu situs layanan CDN Open Source terbesar dunia, Rawgit akan segera tutup. RawGit kerap dijadikan sebagai sumber CDN untuk menampung berkas statis yang dihimpun dari GitHub.

Bahkan sejak Google Code juga tutup layanan 2016 silam, GitHub telah menjadi prioritas utama bagi pengembang untuk menyimpan segala jenis file mau pun arahan script demi keperluan masing-masing.

kerap dijadikan sebagai sumber CDN untuk menampung berkas statis yang dihimpun dari GitHub Alasan Kenapa RawGit Tutup dan Situs Pengganti yang Mirip

Termasuk blog , ini dulu cuma dijadikan percobaan saja sebagai BETA test buat template dan widget yang mengandung Javascript / HTML sebelum diluncurkan di situs utama saya.

Nah, lebih banyak didominasi tautan yang dihasilkan dari GitHub biasanya saya konversi melalui situs RawGit supaya sanggup terbaca dengan baik di laman HTML Blogger.

Belakangan jarang saya mengunjungi situs RawGit. Begitu ada kabar lansiran Seroundtable bahwa Rawgit segera menutup layanan, saya bergegas mendatangi website-nya dan benar tampak notifikasi seolah mereka mengucapkan salam perpisahan termasuk Twitternya.

"Halo, Rawgit bakal ditutup. Seluruh konten yang terintegrasi melalui RawGit akan terus dilayani hingga Oktober 2019. Tapi, disarankan untuk migrasi secepat mungkin." tulis akun Twitter resmi @rawgir.

Jutaan developer mungkin kecewa.

Sebab, sudah aneka macam yang mempercayai Rawgit sebagai saluran pribadi dari GitHub.

Jika dibiarkan, saluran pribadi menuju tautan eksternal bakal hilang dan apabila sudah tercantum dalam script HTML blog bakal berdampak jelek menyerupai tidak bekerjanya beberapa widget dan fitur yang sebelumnya dipasangkan, istilahnya Error.

Analoginya begini: GitHub sebagai jalan 1, dan Template blog jalan 2. Diantara keduanya dipisahkan oleh RawGit sebagai Jembatan Penghubung kedua jalan, kalau jembatannya ambrol maka saluran keduanya juga terganggu.

Namun beruntung, mereka tidak pribadi mendadak tutup server begitu saja.

Karena RawGit gres benar-benar menutup layanannya satu tahun dari kini alias Oktober 2019. Dengan waktu tersisa ini setidaknya memungkinkan para pengembang melaksanakan tindakan back-up.

Kenapa RawGit Tutup? 

Belum diketahui alasan niscaya mengapa RawGit ditutup. Berdasarkan informasi beredar, mereka bakal merger dengan salah satu perusahaan digital lainnya yang kini juga masih misterius.

Lalu bagaimana sesudah RawGit tutup permanen? Adakah situs yang menyerupai mirip ia sebagai alternatif penggantinya buat menampung sumber CDN?

3 Situs Pengganti RawGit

  1. Staticaly 
  2. GitHac 
  3. jsDeliver 
Back to Content ↑

#1. Staticaly Buatan Lokal 

Salah satu pengganti RawGit dan kemungkinan bakal jadi prioritas utama saya memuat file static ke-depannya ialah Staticaly.

kerap dijadikan sebagai sumber CDN untuk menampung berkas statis yang dihimpun dari GitHub Alasan Kenapa RawGit Tutup dan Situs Pengganti yang Mirip

Kelebihan pakai Staticaly selain sanggup menghimpun jenis file statis yang dikirim dari GitHub juga sanggup digunakan nampung berkas dari GitLab dan BitBucket.

Uniknya lagi, proyek Staticaly buatan orang Indonesia. Cocok digunakan sebagai solusi bagi pengembang untuk memuat file static yang kemudian di-serve lewat CDN.

Perusahaan ternama dari luar negeri sudah menyatakan minat mereka berinvestasi dan mendukung segala macam proyek Staticaly.

Terdapat fitur Multi CDN di Staticaly, fungsinya biar pengecekan CDN dimuat lebih cepat berkat algoritma khas berjulukan Load-balancing.

Cara menggunakan Staticaly cukup mudah, terkesan menyerupai mirip dikala menggunakan RawGit buat serve file dari GitHub.

Yang membedakan, Anda tidak harus mendaftar atau menciptakan akun untuk menikmati fiturnya. Serta menariknya lagi, segala layanan yang ada di Staticaly tidak berbayar alias Gratis.

Tentu saja ini apa yang dicari developer: sumber handal, gratis, Open Source dilengkapi fitur terbaik, membanru melancarkan proyek / BETA test / Demo, dan sanggup memuat segala format gambar dua kali lebih cepat.
Back to Content ↑

#2. jsDeliver 

Serupa dengan RawGit Open Source CDN, bahkan di JsDeliver Anda sanggup mengonversi segala jenis link yang sebelumnya ada di Rawgit.

Sedangkan mengubah sumber CDN RawGit yang sudah terlanjur ada di dalam HTML cukup mengganti link-nya saja.
  • Dengan masuk ke dasbor blog, Edit HTML, dan tekan CTRL + F bersamaan. 
  • Ketik kata kunci cdn.rawgit.com kemudian tekan Enter. 
  • Ganti semua link Rawgit dengan platform sesuai pilihan Anda dimana migrasinya. Contoh: kalau migrasi ke Staticaly maka ganti dengan URL berikut cdn.staticaly.com/gh/, atau jikalau pakai JsDeliver gunakan link ini: cdn.jsdelivr.net/gh/
  • Ulang langkah kedua, ganti lagi hingga URL CDN RawGit habis tak tersisa di dalam HTML Template. 
Back to Content ↑
Pergantian URL sebaiknya dilakukan secara manual demi menghindari Error dalam HTML selama proses migrasi.

Ketiga situs pengganti yang menyerupai RawGit tadi sanggup saja tutup sewaktu-waktu dengan alasan apapun, alasannya layanan mereka juga bersifat Open Source dan Gratis.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Alasan Kenapa Rawgit Tutup Dan Situs Pengganti Yang Mirip"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close