Apakah macOS Lebih Aman dan Tidak Bisa Terkena Virus? - Tempat Blogging

Apakah macOS Lebih Aman dan Tidak Bisa Terkena Virus?

Mac OS X dan macOS lebih Aman dari Windows dan Tidak Bisa Kena Virus Apakah macOS Lebih Aman dan Tidak Bisa Terkena Virus?

Mac lebih kondusif dari malware dan tidak dapat kena virus?

Kamu niscaya pernah berpikir  bahwa Mac atau MacBook yang memakai sistem operasi OS X atau macOS tidak dapat terkena virus dan jauh lebih kondusif daripada Windows. Apakah benar demikian? Lalu mengapa ada banyak sekali aplikasi antivirus untuk Mac OS X dan macOS?

Artikel ini akan menjelaskan beberapa alasan mengapa OS X atau macOS dapat menciptakan mitos bahwa Mac tidak dapat kena virus dan mengapa Windows lebih rentan dan gampang kena virus bila dibandingkan dengan komputer Mac.

Baca Juga:

 

OS X dan macOS Lebih Aman

Secara umum, sistem operasi OS X dan macOS ini memang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem operasi Windows. Apple sudah sangat terang memperlihatkan detail keamanannya di situs web resminya. Dengan banyaknya fitur keamanan tersebut, masuk akal bila Mac lebih kondusif dari virus bila dibandingkan dengan Windows.

Sebaliknya, meskipun Windows 10 sudah dilengkapi dengan Windows Defender dan bermacam-macam peningkatan keamanan lain, tetapi banyaknya jumlah pengguna, terlebih di kalangan enterprise, tetap membuatnya tidak dapat lepas sebagai sasaran utama para attacker.

 

Pangsa Pasar Mac Jauh Lebih Sedikit

Dengan pangsa pasar Mac yang jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan pangsa pasar komputer Windows menciptakan sasaran untuk virus tersebut juga otomatis semakin kecil. Pembuat virus niscaya akan memprioritaskan platform yang dapat memperlihatkan lebih banyak laba daripada harus bekerja keras untuk sesuatu yang kurang menguntungkan.

Sebaliknya, Windows mempunyai pangsa pasar yang jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan pangsa pasar OS X maupun macOS. Terlebih Windows juga menjadi OS terkenal di banyak sekali perusahaan, bank, perkantoran, dan kalangan enterprise lainnya. Pembuat virus niscaya dapat menciptakan lebih banyak laba bila targetnya banyak bila dibandingkan dengan platform yang sasaran sasarannya lebih sedikit.

 

Attacker Tidak Membuat Virus untuk Mac

Kedua alasan sebelumnya sudah cukup bagi pembuat virus untuk tidak terlalu fokus pada platform yang kurang menguntungkan dan fokus pada platform yang jauh lebih menguntungkan. Dengan demikian, sangat sedikit virus yang memang didesain dan diciptakan untuk menyerang komputer Mac dan sistem operasi OS X atau macOS.

Meskipun demikian, kau tetap dilarang lengah sebab dapat saja sebuah virus kecil menyusup ke Mac kau dan menciptakan sistem operasi OS X atau macOS menjadi bermasalah.

 

Ya, Mac Bisa Terkena Virus

Dan ya..Mac dapat terkena virus. In fact, sistem operasi apapun memang dapat terkena virus, tidak terkecuali OS X atau macOS.

Beberapa tahun lalu, Trojan Flashback memanfaatkan celah keamanan Java dan menginfeksi lebih dari 600.000 Mac, sekitar 1 persen dari jumlah pengguna Mac kala itu. Kamu dapat membaca detailnya di halaman Apple. Ini menandakan tidak ada sistem operasi yang 100% kebal dari serangan virus.

Oleh karenanya, tidak ada salahnya memasang aplikasi atau jadwal antivirus di Mac kau untuk mencegah Mac terkena virus. (Baca: Antivirus Terbaik untuk Mac OS X dan macOS Sierra)

Plus jangan sembarangan memakai aplikasi, terutama dari sumber yang kurang kredibilitas keamanannya.


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apakah macOS Lebih Aman dan Tidak Bisa Terkena Virus?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close