Apple Ketahuan Bersekongkol Soal Harga Jual iPhone? - Tempat Blogging

Apple Ketahuan Bersekongkol Soal Harga Jual iPhone?

Apple Ketahuan Bersekongkol Soal Harga Jual iPhone Apple Ketahuan Bersekongkol Soal Harga Jual iPhone?

Apa yang kau pikirkan mengenai harga iPhone selama ini? Ya, harga iPhone selalu lebih mahal ketimbang smartphone lain yang mempunyai spesifikasi yang sama atau bahkan lebih tinggi. Apa yang menciptakan harga iPhone sangat mahal?

Mungkin kau eksklusif berpikir sebab kualitas iPhone yang lebih baik dari smartphone lain, baik dari segi hardware maupun software sebab keduanya dirancang eksklusif oleh Apple. Namun apa balasannya kalau ada “kisah” lain mengenai harga jual iPhone?

Dilansir dari Kompas Tekno, otoritas Rusia mewaspadai kalau Apple melaksanakan price fixing atau praktik pengaturan harga iPhone. Dalam praktik ini, Apple bersekongkol dengan para retailer untuk menjual iPhone dengan harga tertentu.

Setelah penyelidikan dalam 7 bulan terakhir, Badan Anti-Monopoli Rusia menarik kesimpulan bahwa Apple bersalah atas praktik price fixing secara ilegal di sampai 16 toko ritel di seluruh Rusia.

Baca Juga:

Dikabarkan juga bahwa praktik ini sudah dilakukan di Apple di Rusia semenjak peluncuran iPhone 5S di tahun 2013 lalu, dan terus berlanjut sampai peluncuran iPhone 6S di tahun 2016.

Apple memang diberi waktu untuk mengajukan banding dalam waktu 3 bulan, namun kalau Apple sudah dinyatakan kalah, maka Apple harus membayar denda sebesar 15% dari total nilai penjualan di seluruh Rusia.

Bukan cuma di Rusia, Apple juga pernah tertangkap berair melaksanakan price fixing di Amerika Serikat sebab melaksanakan konspirasi dengan 5 penerbit untuk memilih harga e-book yang mereka jual. Apple kalah di pengadilan dan harus membayar denda USD 430 juta.

Melihat reputasi Apple yang beberapa kali melaksanakan price fixing, tentu saja tetap ada kemungkinan Apple juga melaksanakan price fixing di negara lain. Tentu biar margin laba mereka tetap besar.

Bagaimana dengan Indonesia? Apakah menurutmu Apple juga menerapkan price fixing secara ilegal juga?

via Kompas Tekno


Sumber: https://macpoin.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apple Ketahuan Bersekongkol Soal Harga Jual iPhone?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close