10 Fadilah Bulan Sya'ban - Tempat Blogging

10 Fadilah Bulan Sya'ban

بسم الله الرحمن الرحيم

Setelah melewati bulan Rajab dengan segala fadilahnya, maka umat islam memasuki bulan Sya'ban yang mulia. Bulan Sya'ban yaitu satu dari 4 bulan yang mulia dalam Islam yakni, Rajab, Sya'ban, Ramadhan dan Zulhijjah. Sebagaimana bulan rajab, banyak keagungan dan fadilah dari bulan Sya'ban ini.

Keagungan bulan Sya'ban yaitu sebagai mana sabda Nabi Muhammad SAW berikut::

Kelebihan bulan Sya'ban mengatasi semua bulan yaitu bagaikan kelebihanku mengatasi seluruh Nabi, dan kelebihan bulan Ramadhan mengatasi semua bulan yaitu bagaikan kelebihan Yang Mahakuasa SWT mengatasi para hamba-Nya.

Diantara fadilah bulan sya'ban adalah:

1. Yang Mahakuasa SWT mendapatkan amal-amal seluruh hamba di bulan Sya'ban.
2. Sebab dinamakan bulan Sya'ban alasannya yaitu pada bulan ini amal baik bercabang banyak sekali.
3. Pada bulan ini terdapat bulan Nishfu Sya'ban yang mulia. Pada malam ini Jibril mendatangi Nabi Muhammad SAW mengabarkan bahwa pintu-pintu langit dan rahmat dibuka. Untuk itu tegaklah shalat, angkatlah kepala dan kedua tanganmu ke langit. Pada malam itu 300 pintu rahmat telah dibuka. Yang Mahakuasa mengampuni semua orang yang tidak musyrik kepada Allah, bukan jago sihir, bukan dukun, bukan orang yang suka bermusuhan, bukan pelacur, bukan pemakan riba, bukan pendurhaka kepada orang tua, bukan yang suka mengadu domba dan bukan orang yang suka memutus tali persaudaraan. Mereka semua tidak diampuni sampai bertaubat dan suka meninggalkan.
4. Yahya bin Muadz berkata lafadz Sya'ban menyimpan karunia bagi orang-orang mukmin dari perpanjangan lima hurufnya:
1. Syin perpanjangannya Syarafun dan Syafaatun yang berarti kemuliaan dan syafaat.
2. Ain perpanjangannya Al 'izzah wal karamah yang berarti kemenangan dan karamah.
3. Ba-k perpanjangannya al Birru yang berarti kebaikan.
4. Alif perpanjangannya Ulfah yang berarti rasa belas kasihan.
5. Nun perpanjangannya An-Nur yang berarti cahaya.
5. Dijelaskan bahwa bulan Rajab untuk mensucikan tubuh, Sya'ban untuk mensucikan lubuk hati dan Ramadhan untuk mensucikan jiwa. Siapa yang mensucikan badan pada bulan Rajab, sucilah hatinya pada bulan Sya'ban dan sucilah jiwanya pada bulan Ramadhan. Bulan Rajab yaitu bulan untuk beristighfar dari segala dosa, sya'ban untuk memperbaiki hati dari cacad, Ramadhan untuk menyinari jiwa dan lailatul qadar untuk taqarrub/mendekatkan diri kepada Yang Mahakuasa SWT.
6. Nabi Muhammad SAW bersabda puasa 3 hari pada awal bulan Sya'ban, 3 hari pada pertengahannya dan 3 hari pada akhirnya, maka Yang Mahakuasa mencatatnya sebagai pahala 70 orang nabi dan yaitu bagaikan beribadah kepada Yang Mahakuasa SWT selama 70 tahun dan jikalau meninggal pada tahun itu berarti mati syahid.
7. Siapa mengagungkan bulan Sya'ban, bertakwa kepada Yang Mahakuasa SWT dan taat beribadah kepadaNya, serta mengekang diri dari laris maksiat, maka Yang Mahakuasa mengampuni segala dosanya dan menyelamatkannya dari segala macam bahaya/balak dan macam-macam penyakit dalam tahun itu.
8. Pada bulan Sya'ban orang yang pernah menghidupkan salah satu malam Sya'ban dan berpuasa sehari pada bulan itu dihapuskan dari siksa walaupun terputus dari ibadah dan penuh dosa.
9. Siapa yang menghidup-hidupkan dua malam hari raya dan malam nishfu Sya'ban, maka tidak matilah hatinya saat umumnya hati insan mati.
10. Malam Nishfu Sya'ban yaitu malam yang utama setelah malam Lailatul Qadar.


Setelah melewati bulan Rajab dengan segala fadilahnya 10 fadilah bulan Sya'ban

Sukron sudah mau membaca....jazakaAllah aufaru jaza'
Show comments
Hide comments

0 Response to "10 Fadilah Bulan Sya'ban"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close