Cara Konfigurasi Alamat Ip Di Ubuntu Server - Tempat Blogging

Cara Konfigurasi Alamat Ip Di Ubuntu Server

Di goresan pena ini akan dijelaskan bagaimana melaksanakan konfigurasi di Ubuntu server untuk memperlihatkan alamat IP.
Jika anda memakai Ubuntu Desktop, sanggup mengunjungi artikel dengan judul "Konfigurasi lamat IP di Ubuntu Desktop". Ada dua tipe bagaimana kita sanggup mengkonfigurasi alamat IP di Ubuntu Server. Cara pertama yakni secara melaksanakan konfigurasi secara otomatis dan cara kedua yakni secara manual. Kali ini kita melaksanakan konfigurasi pengalamatan alamat IP secara manual. Pengalamatan IP secara manual ini mempunyai dua sifat yaitu, permanen dan sementara(temporary) dan aku akan membahas keduanya, bagaimana kita melaksanakan konfigurasi yang sifatnya permanen dan konfigurasi yang sifatnya sementara.

A. Konfigurasi yang bersifat sementara
Kenapa aku bilang sementara? sebab konfigurasi ini akan hilang apabila servis yang menanganinya direstart atau sistem operasi tersebut di restart. Berikut langkah-langkahnya:

1. Lihat kartu jaringan yang tersedia yang sanggup di konfigurasi dengan perintah ifconfig seperti yang terlihat pada gambar di bawah:


Dari gambar tersebut sanggup kita ketahui bahwa terdapat satu kartu jaringan (eth0) yang sanggup kita konfigurasi.

2. Misalnya saja, aku ingin mengkonfigurasi eth0 tersebut dengan alamat IP 192.168.0.1 dengan netmask 255.255.255.0, maka jalankan perintah:

 sudo ifconfig eth0 192.168.0.1 netmask 255.255.255.0

3. Untuk melihat hasil konfigurasi gunakan perintah ifconfig, apabila muncul menyerupai tampilan di bawah berarti anda sudah berhasil melaksanakan konfigurasi alamat IP secara manual yang sifatnya temporer atau sementara.


4. Akan tetapi konfigurasi itu akan hilang apabila anda melaksanakan restart sistem operasi atau restart aplikasi yang menangani service jaringan di sistem tersebut. Lalu bagaimana supaya konfigurasi alamat IP tersebut menjadi permanen? Akan dibahas pada klarifikasi di bawah ini.

B. Konfigurasi yang bersifat permanen
Kenapa aku bilang permanen? sebab konfigurasi ini tidak akan hilang apabila servis yang menanganinya direstart atau sistem operasi tersebut di restart. 

Berikut langkah-langkahnya:

1. Anda sudah tahu, bahwa sistem mempunyai satu buah kartu jaringan (eth0) dari pengecekan sebelumnya. Kemudian pada terminal anda sanggup edit file (saya memakai editor vim) yang terletak di /etc/network/interfaces dengan perintah:

 sudo vim /etc/network/interfaces

bila anda belum familiar memakai editor vim, anda sanggup membaca artikel aku yang berjudul "Teknik dasar memakai editor vim di terminal".

2. Lalu anda sanggup tambahkan konfigurasi di bawah pada file tersebut lalu save:

 auto eth0  iface eth0 inet static         address 192.168.0.1         netmask 255.255.255.0         network 192.168.0.0         broadcast 192.168.0.255

Simpan lalu silakan restart sistem operasi anda, atau gunakan perintah dibawah untuk restart aplikasi service yang menangani jaringannya

 sudo service networking restart

maka konfigurasi anda tidak akan hilang dan anda tidak perlu melaksanakan konfigurasi ulang.

Untuk menambahkan konfigurasi DNS anda sanggup membaca goresan pena aku sebelumnya yang berjudul "Konfigurasi DNS di Ubuntu". Untuk menambahkan alamat default gateway, anda sanggup membaca goresan pena aku yang berjudul "Konfigurasi default gateway di Ubuntu".

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Konfigurasi Alamat Ip Di Ubuntu Server"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close