Cara Membatasi Hak Jalan Masuk Folder Di Web Server Apache Menurut Alamat Ip Di Ubuntu Server - Tempat Blogging

Cara Membatasi Hak Jalan Masuk Folder Di Web Server Apache Menurut Alamat Ip Di Ubuntu Server


Melalui tutorial ini aku akan membahas bagaimana membatasi terusan suatu alamat IP ke sebuah folder yang sanggup diakses melalui web. Makara ini mutlak hanya alamat IP yang diperbilehkan saja mengakses folder tersebut. Katakanlah anda punya repository lokal atau web apps lokal yang hanya boleh diakses oleh alamat IP lokal.

Berikut skenarionya:

aku mempunyai web server apache yang diinstall di Ubuntu Server 14.04 LTS, kemudian aku mempunyai folder "privat" yang sanggup diakses melalui browser dengan alamat: http://192.168.0.254/privat/ akan tetapi aku hanya ingin folder tersebut hanya sanggup diakses oleh alamat IP 192.168.0.19 sedangkan komputer lain, contohnya alamat 192.168.0.2 tidak sanggup mengakses folder tersebut. Jika aku memakai firewall untuk mengeblok terusan ke web server, maka seluruh layanan web server tersebut menjadi tidak sanggup diakses, padahal di dalam web server tersebut juga ada layanan lainnya yang tersimpan di folder yang lain contohnya http://192.168.0.254/aplikasi/ . 

Solusinya ada beberapa cara untuk membatasi terusan tersebut, contohnya memanfaatkan file.htaccess atau melaksanakan konfigurasi di web server apache yang melayani terusan tersebut. Untuk tutorial kali ini, aku ingin membahas memakai konfigurasi web server apache.


Pertama, anda harus memastikan lokasi folder di dalam web server yang akan dibatasi aksesnya. Misalnya saja aku menaruh folder tersebut di lokasi:

 /var/www/html/privat/

kemudian aku buka file konfigurasi apache dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/apache/apache2.conf

kemudian tambahkan konfigurasi di bawah ini:

 <Directory /var/www/html/privat>    Options Indexes FollowSymlinks    Order allow,deny    Allow from 192.168.0.19    AllowOverride all    Require all granted  </Directory>

simpan, kemudian silakan restart web server apache anda dengan perintah:

 sudo service apache2 restart

kemudian coba buka browser dan terusan melalui alamat yang berbeda, jikalau aku mengakses folder privat tersebut bukan dari alamat 192.168.0.19 maka hasilnya:


jikalau aku mengakses dari alamat IP yang diperbolehkan untuk mengaksesnya, maka hasilnya:


Praktis bukan? Selamat mencoba dan agar membantu :-)

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Membatasi Hak Jalan Masuk Folder Di Web Server Apache Menurut Alamat Ip Di Ubuntu Server"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close