Cara Menghapus Kolom Pada Tabel Database Mysql Melalui Terminal - Tempat Blogging

Cara Menghapus Kolom Pada Tabel Database Mysql Melalui Terminal


Melalui tutorial ini, saya akan menuliskan bagaimana caranya menghapus suatu kolom dalam tabel database MySQL server. Pertama sebelum anda dapat menghapus suatu kolom di dalam tabel yang tersimpan di dalam server database MySQL, tentu saja anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam database MySQL dengan menjalankan perintah berikut:

 mysql -u root -p

disini saya memakai user root, anda dapat memakai user lainnya yang memegang hak susukan database yang akan anda kelola. Setelah berhasil di otentikasi anda harus menentukan database yang akan anda kelola, disini saya menentukan database mencar ilmu (melanjutkan tutorial sebelumnya) dengan menjalankan perintah:

 USE belajar;

kemudian saya akan menghapus salah satu kolom yang ada di dalam tabel profile di dalam database belajar. Tabel profile ini terdiri dari beberapa kolom. Untuk melihat kolom apa saja yang ada di tabel profile saya menjalankan perintah:

 DESCRIBE profile;

kesannya adalah:


dari situ anda dapat melihat bahwa tabel profile terdiri dari beberapa kolom, yaitu:

  • Kolom id
  • Kolom nama
  • Kolom email
  • Kolom alamat
kemudian saya ingin menghapus salah satu kolom yaitu kolom dengan nama alamat, maka saya tinggal menjalankan perintah:

 ALTER TABLE profile DROP alamat;

hasil dari perintah di atas adalah:


jikalau saya melihat struktur tabel profile sehabis dilakukan perubahan melalui perintah:

 DESCRIBE profile;

maka kesannya yaitu berikut:



dari tampilan di atas, terlihat bahwa kolom alamat sudah tidak ada lagi di dalam tabel profile. Praktis bukan, selamat mencoba ya.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Menghapus Kolom Pada Tabel Database Mysql Melalui Terminal"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close