Tutorial Virtualbox: Cara Menghubungkan Koneksi Antar Virtual Host Pada Virtual Box - Tempat Blogging

Tutorial Virtualbox: Cara Menghubungkan Koneksi Antar Virtual Host Pada Virtual Box

Jika di postingan sebelumnya saya menciptakan tutorial untuk menghubungkan master host dan virtual host di dalam lingkungan virtual box, maka di tutorial kali ini saya ingin menuliskan cara menghubungkan koneksi antar virtual host yang dibentuk di dalam virtual box. Tutorial ini bekerjsama mirip, tetapi akan saya per terang disini.

Sebagai skenarionya, saya mempunyai 2 buah virtual host yang terdiri dari:

  • MySQL Master (Sistem Operasi Ubuntu Server 14.04.5 LTS)
  • MySQL Slave (Sistem Operasi Ubuntu Server 14.04.5 LTS)

kemudian saya ingin menghubungkan kedua virtual host tersebut melalui jaringan, maka saya akan melaksanakan konfigurasi terlebih dahulu pada MySQL Master, berikut langkah-langkahnya:

Saya buka aplikasi virtual box, dimana disana sudah tersedia kedua virtual host tersebut, kemudian saya menentukan MySQL Master terlebih dahulu, ibarat yang tertampil pada gambar di bawah ini:


kemudian klik setting sehingga muncul tampilan di bawah ini:



kemudian saya menentukan sajian Network dan pilih tab Adapter 2 ibarat yang saya tandai pake warna merah. Setelah itu akan muncul sajian ibarat di bawah ini:


Langkah selanjutnya saya menyesuaikan setting adapter 2 ibarat di bawah ini:


bab MAC Address memang saya tutupi, alasannya yaitu akan berbeda dengan milik anda. MAC Address tersebut akan dibentuk (generate) oleh aplikasi virtualbox sehingga akan berbeda satu dengan yang lain. Setelah itu, klik OK untuk menyimpannya.

Setelah tamat konfigurasi Virtual Host dengan nama MySQL Master maka langkah selanjutnya yaitu konfigurasi Virtual Host dengan nama MySQL Slave:

Pertama saya menentukan MySQL Slave pada aplikasi virtual box ibarat pada gambar di bawah ini:



Setelah itu saya mengeklik sajian setting, sehingga muncul tampilan windows ibarat di bawah ini:


Saya pilih sajian Network, kemudian saya menentukan Tab Adapter 2, sehingga muncul opsi ibarat di bawah ini:


sehabis itu saya menyesuaikan konfigurasi adapter 2 pada virtual box sehingga terlihat ibarat di bawah ini:


kemudian klik OK untuk menyimpan konfigurasi, sehabis itu saya menyalakan MySQL Master dan MySQL Slave. Setelah berhasil nyala saya Login ke salah satu virtual host (MySQL Slave). Setelah itu saya mencoba melaksanakan konfigurasi eth1 dengan menjalankan perintah:

 sudo ifconfig eth1 192.168.56.35/24

perintah di atas akan menawarkan eth1 dengan alamat IP 192.168.56.35 dengan netmask 255.255.255.0. Untuk mengecek kesudahannya saya menjalankan perintah di bawah:

 sudo ifconfig eth1

perlu anda ketahui, bahwa  adapter 2 pada virtual hst yang tadi saya setting, akan terdeteksi sebagai eth1 di dalam Virtual Host bersistem operasi Ubuntu Server, sehingga hasil perintah diatas terlihat ibarat di bawah ini:


bila pada Inet Addr sudah muncul alamat IP 192.168.56.35 dan Mask: 255.255.255.0 ibarat yang saya tandai kuning, maka konfigurasi alamat IP pada MySQL Slave berhasil dilakukan. Sekarang saya akan melaksanakan konfigurasi pada MySQL Master.

Setelah login, saya menjalankan perintah:

 sudo ifconfig eth1 192.168.56.25/24

untuk melaksanakan konfigurasi alamat IP 192.168.56.25 dengan netmask 255.255.255.0 pada MySQL Master. Untuk mengecek hasil konfigurasi tersebut, saya menjalankan perintah di bawah ini pada MySQL Master:

 sudo ifconfig eth1

hasil dari perintah di atas pada MySQL Master adalah:


bila terdapat alamat 192.168.56.25 dan mask 255.255.255.0 ibarat di atas, maka konfigurasi yang saya lakukan pada MySQL Master berhasil dilakukan. Langkah selanjutnya yaitu melaksanakan cek koneksi antara MySQL Master dengan MySQL Slave dengan menjalankan perintah:

 ping 192.168.56.25

dan

 ping 192.168.56.35

dari hasil perintah tersebut maka apabila MySQL Master dan MySQL Slave berhasil terkoneksi kesudahannya ibarat di bawah ini:


setiap perintah yang dijalankan akan menawarkan hasil REPLY ibarat gambar di atas. Praktis bukan menghubungkan antara virtual host di dalam aplikasi virtualbox.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Tutorial Virtualbox: Cara Menghubungkan Koneksi Antar Virtual Host Pada Virtual Box"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close