Memberikan Hak Saluran Root Kepada User Biasa Dengan Sudo Di Ubuntu Server - Tempat Blogging

Memberikan Hak Saluran Root Kepada User Biasa Dengan Sudo Di Ubuntu Server

Setiap kali anda menginstall sistem operasi Ubuntu (entah server maupun desktop) anda akan diminta menciptakan satu user untuk dipakai di dalam sistem. Secara default, user yang anda buat dikala install tersebut akan mempunyai hak kanal direktur atau root untuk menjalankan seluruh aplikasi dengan perintah sudo. Jika pada artikel sebelumnya saya membahas bagaimana menambah hak kanal terhadap beberapa aplikasi yang hanya dapat dijalankan direktur menjadi dapat dijalankan oleh user biasa. Maka kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana menambahkan hak kanal tidak hanya ke suatu aplikasi, atau beberapa hak kanal ke beberapa aplikasi, tetapi saya akan menambahkan seluruh hak kanal aplikasi di sistem ke suatu user. Kaprikornus seakan-akan user tersebut mempunyai level yang sama sebagai direktur atau root. Kalau di Ubuntu Desktop, anda dapat dengan gampang melaksanakan penambahan user gres sebagai direktur melalu aplikasi administrasi account menyerupai yang pernah saya bahas disini. Lalu bagaimana jikalau di Ubuntu server? Berikut langkah-langkahnya:

Ada dua cara untuk mengaktifkan user biasa sebagai direktur system, yang pertama ialah menambahkan user tersebut ke dalam group sudo, dan yang kedua ialah menambahkan user tersebut ke dalam list sudo. Kedua cara tersebut akan saya bahas disini. 

Pertama-tama saya akan menciptakan user gres dengan nama test, dengan memakai user utama, saya akan menjalankan perintah penambahan user gres dengan cara di bawah:

 sudo adduser test

Kemudian saya ikuti langkah-langkah dan menuntaskan penambahan user gres tersebut sesuai panduan system menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Kemudian saya menambahkan user yang kedua dengan nama akili melalui perintah:

 sudo adduser akili

Kemudian saya ikuti langkah-langkah dan menuntaskan penambahan user gres tersebut sesuai panduan system menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Untuk user akili, saya akan mencoba cara pertama, yaitu menambahkan user tersebut ke dalam group sudo, dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/group

Lalu anda cari bab group sudo, kemudian tambahkan nama user akili di belakangnya, sebagai tanda bahwa user akili masuk ke dalam grup sudo menyerupai yang tampak pada gambar di bawah:


Menjadi


Setelah itu simpan. Kemudian saya akan masuk berganti user dari user himawan, ke user akili dengan perintah:

 su akili

Saya masukkan password milik user akili, sesudah otentikasi berhasil, maka user yang saya pakai akan berganti menjadi user akili.

Setelah berhasil menjadi user akili, saya akan mencoba untuk menjalankan perintah atau aplikasi yang seharusnya hanya dapat dijalankan oleh root atau direktur system, salah satunya ialah perintah atau aplikasi untuk melaksanakan penambahan user gres dengan nama ubuntu menyerupai pada gambar di bawah:


Jika anda berhasil menjalankan perintah yang seharusnya hanya dapat dilakukan oleh user direktur menyerupai yang tampak pada gambar di atas, maka anda telah berhasil mendelegasikan hak kanal direktur dengan cara yang pertama.

Mari kita lanjut dengan cara yang kedua, dengan tujuan menambahkan user test biar dapat menjalankan perintah-perintah dengan hak kanal administrator, anda dapat menjalankan perintah:

 sudo visudo

Dengan memakai user himawan atau user akili yang barusan anda beri hak kanal sebagai direktur system, jikalau anda berhasil, maka akan tertampil tampilan aplikasi editor, kemudian cari dan ubah bab menyerupai pada gambar di bawah:


Menjadi seperti:


Silakan keluar dari aplikasi editor, dengan menekan tombol CTRL+x dan simpan file ke dalam /etc/sudoers. Konfigurasi di atas dimaksudkan untuk mendelegasikan user test ke dalam list pemakai sudo dengan hak kanal administrator.

Setelah berhasil, kemudian saya mencoba menjalankan aplikasi yang hanya dapat dijalankan oleh direktur system dengan user test tersebut, salah satunya ialah melaksanakan administrasi aplikasi dengan hasil menyerupai di bawah:


Jika konfigurasi anda berhasil, maka anda akan melihat keluaran ouput menyerupai milik saya di atas. Bagaimana, menarik bukan? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Beberapa artikel terkait:
Show comments
Hide comments

0 Response to "Memberikan Hak Saluran Root Kepada User Biasa Dengan Sudo Di Ubuntu Server"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close