Mengatur Hak Jalan Masuk Folder Di Web Server Apache - Tempat Blogging

Mengatur Hak Jalan Masuk Folder Di Web Server Apache

Pada goresan pena ini aku akan membahas bagaimana mengatur hak saluran folder web yang sanggup diakses pada web server Apache. Untuk tumpuan kasusnya, aku misalkan anda mempunyai sebuah web server yang didalamnya terdapat aplikasi berbasis web yang sanggup diakses secara lokal menyerupai yang di ilustrasikan pada gambar di bawah ini:

Web apps tadi sanggup diakses melalui alamat 192.168.0.1/apps/ , akan tetapi sebab suatu alasan, anda ingin web apps tersebut hanya sanggup diakses dari klien dengan alamat IP 192.168.0.254 saja. Web server apache menyediakan fitur pemilahan hak saluran folder yang sanggup diakses melalui apache menurut IP.

Berikut langkah-langkahnya:

Silakan buka terminal dan jalankan perintah:

 sudo vim /etc/apache2/site-available/default 

kemudian tambahkan script di bawah:

 <Directory "/var/www/apps/">        Options MultiViews FollowSymLinks        AllowOverride None        Order deny,allow        Allow from 192.168.0.254        Deny from 192.168.0.10      </Directory>  
  
simpan kemudian silakan restart web service anda dengan menjalankan perintah:

 sudo service apache2 restart 

Lalu silakan anda test saluran dari klien dengan IP yang di "deny" tadi, kalau anda mendapat halaman forbidden, maka anda telah berhasil setengah jalan. Kemudian silakan coba lagi melalui IP yang di "allow" untuk mengakses web apps tadi, apabila anda berhasil mengaksesnya, maka anda sudah berhasil melaksanakan pembedaan hak saluran folder di web server apache.

Kenapa aku memakai fitur di web server apache ketimbang melalui iptables? sebab kalau melaksanakan blok saluran melalui iptables, ada kemungkinan seluruh layanan yang terdapat di  web server apache tertutup seluruhnya. Makara solusi ini memungkinkan layanan web server apache yang lain (selain 192.168.0.1/apps/) tetap sanggup diakses oleh IP yang lain.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mengatur Hak Jalan Masuk Folder Di Web Server Apache"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close