Tutorial Install Google Drive Client Di Ubuntu Desktop - Tempat Blogging

Tutorial Install Google Drive Client Di Ubuntu Desktop

Jika anda sering memakai produk-produk Google, mungkin juga anda tahu salah satu produknya yang menyediakan layanan cloud storage. Yup benar, Google drive merupakan produk Google yang menyediakan layanan cloud storage atau media penyimpanan berbasis awan layanan ini ibarat dengan layanan yang dimiliki DropBox tetapi mempunyai berberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satu kelebihan yang dimiliki Google Drive dibanding DropBox ialah, Google Drive memperlihatkan space/kapasitas gratis yang jauh lebih besar di banding layanan DropBox yang hanya 2GB. Seberapa besar sih? Kalau untuk sebuah layanan gratis, ukuran kapasitas yang diberikan sekitar 15GB, hampir 8 kali lebih besar daripada milik DropBox, berdasarkan saya sudah cukup besar. Nha pada tutorial ini, saya ingin menuliskan bagaimana cara menginstall aplikasi Google Drive client di Ubuntu desktop 14.04

Setelah terinstall, Google Drive client ini akan menciptakan sebuah folder yang secara otomatis tersinkronasi ke aplikasi Google Cloud di internet ibarat dengan DropBox. Ketika anda menaruh sesuatu ke dalam folder tersebut, secara otomatis juga akan terupload ke dalam Google Drive di internet, begitu juga ketika anda menghapus sesuatu di dalam folder tersebut, sehabis sinkronisasi terjadi, maka file yang anda hapus di dalam cloud storage Google Drive juga akan terhapus. Berikut langkah-langkahnya:

Pertama-tama anda harus menambahkan repository gres ke dalam source list di Ubuntu Desktop anda, buka terminal kemudian jalankan perintah:

 sudo add-apt-repository ppa:thefanclub/grive-tools

Setelah itu, kita harus mengupdate repository kita dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get update

Setelah tamat update repository, jalankan perintah:

 sudo apt-get install grive-tools

Aplikasi ini yakni aplikasi pihak ketiga (Third Party), alasannya yakni aplikasi Google Drive klien sendiri belum menyediakan yang versi Linux dari pihak Google.

Langkah berikutnya, silakan buka aplikasi grive tools tersebut lewat unity dash di pojok kiri atas ibarat pada gambar di bawah, dengan cara mengetikkan grive setup:



Silakan klik ikon tersebut dan akan keluar wizard instalasi ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Klik next, kemudian akan muncul form otentikasi public key untuk akun Google anda ibarat pada gambar di bawah:

Pada step tersebut, browser anda juga akan terbuka secara otomatis dan meminta anda untuk mengakses akun Google, alasannya yakni ketika itu saya juga sedang mengecek email Google, maka secara otomatis saya melewati proses otentikasi untuk memasukkan password dan username, sehingga pribadi masuk ke langkah notifikasi ibarat pada gambar di bawah:


Silakan klik accept, kemudian akan muncul public key ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Silakan kopi, kemudian isikan pada form otentikasi ibarat pada gambar di bawah:

Kemudian klik next, dan proses instalasi telah tamat dengan ditunjukkannya konfirmasi ibarat pada gambar di bawah:


Setelah itu akan muncul notifikasi sinkronisasi awal ibarat pada gambar di bawah:



Tampilan tersebut memperlihatkan bahwa komputer anda akan melaksanakan sinkronisasi Google drive di internet, komputer akan menciptakan sebuah folder gres di dalam folder home anda kemudian akan mendownload seluruh file yang ada di internet tersebut semoga sanggup diakses pribadi dari komputer anda, ibarat pada gambar di bawah:



Langkah selanjutnya yakni mengaktifkan icon notifikasi Google Drive di atas unity kafe anda, yang memudahkan anda untuk melaksanakan pengaturan aplikasi Google Drive dari komputer anda. Caranya yaitu, silakan klik logo ubuntu di unity dash anda yang berada di pojok kiri atas, kemudian ketik Google Drive Indicator, ibarat pada gambar di bawah:


Setelah itu akan muncul ikon notifikasi ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


Icon tersebut berada di ujung kiri sehabis icon dropbox ibarat yang terlihat pada gambar di bawah:


Praktis bukan? Silakan mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Beberapa artikel terkait:
Show comments
Hide comments

0 Response to "Tutorial Install Google Drive Client Di Ubuntu Desktop"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close