Mengenal Igtv, Fitur Gres Instagram Yang Siap Saingi Youtube - Tempat Blogging

Mengenal Igtv, Fitur Gres Instagram Yang Siap Saingi Youtube

 Instagram terus bermetamorfosis aplikasi social media yang besar Mengenal IGTV, Fitur Baru Instagram yang Siap Saingi YouTube

Sejak diakuisisi pada tahun 2014 lalu, Instagram terus bermetamorfosis aplikasi social media yang besar. Mungkin kalau bicara soal sosmed yang fokusnya ke platform gambar/video, Instagram memang juaranya.

Sampai ketika ini sendiri, Instagram masih sangat rajin merilis fitur gres untuk semakin memanjakan penggunanya dimana yang terbaru aplikasi ini merilis IGTV yang dikatakan bisa menyaingi YouTube.

Apa itu IGTV?

IGTV yakni fitur gres Instagram yang memungkinkan penggunanya menciptakan channel yang kemudian diisi dengan video. Berbeda dengan fitur video di Instagram yang maksimal hanya 1 menit dan 15 detik di Stories, IGTV memungkinkan kau menciptakan tayangan dengan durasi yang lebih lama, yaitu 10 - 60 menit.

 Instagram terus bermetamorfosis aplikasi social media yang besar Mengenal IGTV, Fitur Baru Instagram yang Siap Saingi YouTube

Durasi yang lebih panjang tersebut tentunya menciptakan para content creators menjadi semakin leluasa dalam menciptakan video untuk followers mereka tanpa perlu khawatir dengan batas maksimal 1 menit. Selain itu, IGTV juga dibuatkan aplikasi terpisah yang bisa diunduh via Play Store.

Fitur IGTV

Saat pertama kali mencoba fitur ini, saya sangat kagum dengan apa yang disajikan Instagram. IGTV mempunyai UI dan UX yang begitu baik, sangat gampang dipakai dan pastinya tidak ribet. Kamu bisa membuka IGTV dengan menekan tombol di pojok kanan atas (samping direct message).

Saat dibuka, kau akan eksklusif disuguhkan banyak sekali pilihan video yang bisa kau tonton. Instagram membagi video di IGTV ke 4 kategori berbeda, yaitu:

For You, berisi banyak sekali channel rekomendasi yang diubahsuaikan dengan kebiasaan dan kesukaan kamu.

Following, berisi kumpulan video dari akun yang kau follow.

Popular, berisi banyak sekali video yang sedang trending dan banyak ditonton.

Continue Watching, berisi video yang pernah kau tonton sebelumnya tapi belum selesai.

Dari keempat kategori tersebut, 'Continue Watching' berdasarkan saya yakni yang paling menarik. Jika suatu ketika kau sedang menonton video dan entah alasannya apa kau harus berhenti menontonnya, kau bisa melanjutkannya di lain waktu. Asik bukan?

Cara Menonton Konten di IGTV

Setelah menekan ikon IGTV samping ikon DM, kau akan melihat banyak sekali pilihan video yang bisa kau tonton. Setelah menemukan video yang akan kau putar, tinggal tap saja di bangian tengah dan pilihan video di bab bawah layar akan otomatis hilang. Untuk memunculkannya kembali, kau hanya perlu swipe up saja. Kamu juga bisa tap di bab pinggir layar untuk skip forward/backward.

 Instagram terus bermetamorfosis aplikasi social media yang besar Mengenal IGTV, Fitur Baru Instagram yang Siap Saingi YouTube

Perlu diingat bahwa menonton video di IGTV itu formatnya vertikal (portrait). Hal ini juga diubahsuaikan dengan kebiasaan pengguna smartphone dalam memakai gawainya.

Menurut saya ini malah menjadi sebuah nilai plus bagi Instagram alasannya memang Instagram selalu dipakai dengan mode portrait. Jadi, semacam konsistensi gitu lah. Kamu juga tidak perlu repot membolak-balik ponselmu ketika ingin mengganti tontonan.

Engagement IGTV

Sama ibarat postingan lainnya, kau sebagai user juga bisa memperlihatkan love, comment, atau share via DM terhadap video yang kau tonton. Menariknya, kau tetap bisa melaksanakan semua hal tersebut sembari memutar video. Berbeda dengan postingan biasanya dimana kau tidak bisa melihat konten dan membaca komentar secara bersamaan.

Monetisasi

Sampai ketika ini Instagram belum memperlihatkan konfirmasi lebih lanjut perihal fitur monetisasi video. Namun, bukan mustahil ke depannya hal ini akan diwujudkan mengingat pengguna Instagram yang begitu banyak. Selain itu, fitur monetisasi juga akan menciptakan para creator lebih semangat lagi dalam menciptakan konten. Dan jikalau benar-benar bisa terwujud, rasanya YouTube mulai mempunyai tentangan berat.

Mungkin segitu dulu pembahasan perihal IGTV. Menurutmu sendiri bagaimana?
Sumber https://www.teknosee.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mengenal Igtv, Fitur Gres Instagram Yang Siap Saingi Youtube"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close