Belajar Mengenal Fitur Null Safety Pada Bahasa Aktivitas Kotlin - Tempat Blogging

Belajar Mengenal Fitur Null Safety Pada Bahasa Aktivitas Kotlin

Seiring kita melaksanakan acara coding memakai bahasa pemrograman Java, kita niscaya telah mengenal wacana NullPointerException atau disingkat NPE , yang dimana kita memaksakan suatu object yang tidak mempunyai nilai atau value ,untuk di compile. Ada aneka macam jenis variasi code ,yang sanggup kita coding ,yang sanggup berpotensi menghasilkan NullPointerException. Namun ,di bahasa pemrograman Kotlin ,kita sanggup mengatasinya tanpa harus memakai library tambahan. Pada artikel mencar ilmu Kotlin kali ini ,kita akan mengenal wacana fitur Null Safety yang ada di bahasa pemrograman Kotlin. Mari kita simak lebih lanjut :




 Seiring kita melaksanakan acara coding memakai bahasa pemrograman Java Belajar Mengenal Fitur Null Safety pada Bahasa Program Kotlin




Apa itu Null Safety ?

Null Safety yaitu salah satu fitur di bahasa pemrograman Kotlin ,yang dimana untuk mencegah potensi terjadinya null , atau tidak adanya nilai atau value , karena NullPointerException.

Di bahasa pemrograman Kotlin , sistem secara otomatis akan membedakan , tumpuan yang sanggup menahan null (nullable references ) , dengan yang tidak sanggup menahan null ( non-null references),  contohnya menyerupai code dibawah ini:


var nama: String = "okedroid" nama = null 


Code diatas ,sebelum dijalankan akan terdeteksi erorr (Compile Erorr).

Karena secara default , variable dari tipe data String biasa ,tidak sanggup menahan tumpuan null. Hal ini ,ditujukan biar developer sanggup menghandle NPE.

var nama: String? = "okedroid" nama = null 


Untuk itu kita perlu memakai tanda atau simbol (?), pada tipe data String,  agar sanggup menangani tumpuan null.


Cek kondisi null

val x = if (nama != null)     nama.lengthelse -1  println("Tampil $x")


Kalian sanggup melihat pola code diatas , untuk cek kondisi null. Jika variabel nama tidak sama dengan null, maka tampil nilai panjang (nama.length) , atau jikalau tidak maka tampilkan nilai -1.

Output : Tampil -1


 if (nama != null && nama.length > 0) {      println("Panjang String ${nama.length}") } else {     println("String kosong") } 


Atau kalian juga sanggup meggunakan cek kondisi diatas.  Jika  variabel  nama tidak sama dengan null , dan (AND = &&) panjang nama lebih dari 0. Maka ,tampilkan "Panjang String (panjang nilai variable nama) , Atau jikalau tidak maka tampilkan "String Kosong".

Output : String kosong


Pilihan kedua


 var panjang = nama?.length  println("Panjang $panjang")
 


Kalian juga sanggup memakai tanda atau simbol (?.) , untuk mencegah potensi terjadinya null.

Output : Panjang null


Elvis Operator

 val panjang = nama?.length ?: -1  println("Panjang $panjang")
 


Kalian juga sanggup memakai tanda atau simbol (?:) , atau yang disebut Elvis Operator. Dimana fungsinya mempunyai kegunaan untuk menggantikan null ,yang tidak mempunyai nilai atau value.


Output : Panjang -1


Kurang lebih itu saja ,artikel wacana pengenalan dan penjelasan Fitur Null Safety, yang ada di bahasa pemrograman Kotlin. Selengkapnya kalian sanggup baca lebih lanjut, di dokumentasi resminya disini
Semoga sanggup membantu dan bermanfaat untuk Kalian. Terima Kasih.


Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Fitur Null Safety Pada Bahasa Aktivitas Kotlin"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close