Cara Memindah Data Directory Database Server Mysql 5.7 Di Ubuntu - Tempat Blogging

Cara Memindah Data Directory Database Server Mysql 5.7 Di Ubuntu

Pada tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana caranya memindah data directory yang menyimpan database MySQL pada sistem operasi Ubuntu. Tahukah kau bahwa sebetulnya setiap database yang anda buat di dalam server MySQL disimpan di dalam suatu folder di system aplikasi MySQL. 

Secara default pada aplikasi MySQL server di dalam sistem operasi Ubuntu, setiap database yang dibentuk akan dismpan dan ditaruh di dalam folder /var/lib/mysql ibarat yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:


dari gambar di atas anda sanggup melihat bahwa di dalam server MySQL yang saya miliki sudah terdapat beberapa database ibarat database guestbook, homestead, phpmyadmin dan lain-lain. Untuk mengecek kebenarannya saya akan mencoba masuk ke dalam server MySQL dengan perintah:

 mysql -u root -p

kemudian saya jalankan perintah:

 select @@datadir;

dari karenanya terlihat bahwa benar database yang saya miliki disimpan di dalam folder /var/lib/mysql sesuai tampilan output di bawah ini:


pada skenario kali ini, saya ingin mencoba memindah folder daerah menyimpan database mysql ke daerah baru, ialah saya letakkan di /mysql (dari sebelumnya berada di /var/lib/mysql). Berikut langkah-langkahnya:

Sebagai informasi, saya memakai aplikasi MySQL server 5.7 di dalam Ubuntu Desktop 16.04, tetapi cara ini juga sudah berhasil dicoba pada sistem operasi Ubuntu Server 14.04 LTS.

Langkah pertama jelas, anda harus mematikan service MySQL terlebih dahulu dengan perintah:

 sudo service mysql stop

kemudian lihat statusnya denganmenjalankan perintah:

 sudo service mysql status

setelah itu silakan salin folder /var/lib/mysql dengan mejalankan perintah rsync ibarat di bawah ini:

 rsync -av /var/lib/mysql /

kemudian silakan ubah nama folder /var/lib/mysql ke nama lainnya sebagai backup untuk berjaga-jaga saja apabila perpindahan ini gagal dilakukan, disini saya merubah nama folder /var/lib/mysql menjadi var/lib/mysql-default dengan menjalankan perintah:

 sudo mv /var/lib/mysql /var/lib/mysql-default

kemudian ubah file konfigurasi mysqld.conf dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/mysql/mysql.conf.d/mysqld.cnf

kemudian ubah bagian:

 datadir = /var/lib/mysql

menjadi:

 #datadir = /var/lib/mysql  datadir  = /mysql

simpan, kemudian edit juga konfigurasi apparmor dengan menjalankan perintah:

 sudo vim /etc/apparmor.d/tunables/alias

tambahkan konfigurasi ibarat di bawah ini deidalamnya:

 alias /var/lib/mysql/ -> /mysql/,

kemudian simpan dan restart layanan apparmor dengan menjalankan perintah:

 sudo service apparmor restart

sesudah itu silakan aktifkan lagi layanan mysql dengan menjalankan perintah:

 sudo service mysql start

dari hasil menjalankan perintah tersebut, saya mendapati pesan error ibarat gambar output di bawah ini:



hal ini dikarenakan default folder daerah menyimpan database tidak ada (karena sudah saya ubah menjadi /var/lib/mysql-default) untuk menangani pesan error tersebut, saya cukup menciptakan gres folder tersebut dengan perintah:

 sudo mkdir -p /var/lib/mysql/mysql

kemudian saya mencoba menjalankan kembali perintah untuk mengaktifkan layanan mysql server ibarat di bawah ini:

 sudo service mysql start

maka karenanya tidak nampak lagi pesan error ibarat sebelumnya, silakan lihat status layanan MySQL server dengan perintah:

 sudo service mysql status

apabila layanan database MySQL berjalan normal, maka karenanya akan nampak ibarat pada gambar di bawah ini:


untuk mengecak apakah  data direktori database sudah berpindah ke folder MySQL, saya juga mencoba masuk ke dalam shell MySQL dengan perintah;

 mysql -u root -p

kemudian menjalankan perintah:
 select @@datadir;

maka karenanya terlihat ibarat pada gambar di bawah ini:
 

yup, data directory daerah menyimpan database MySQL telah berhasil saya pindahkan, untuk emmastikannya saya mencoba menciptakan sebuah database gres dengan perintah:

 create database_testing;

dengan hasil ibarat di bawah ini:


kemudian saya juga melihat isi folder /mysql untuk memastikan bahwa benar database_testing disimpan di dalam folder yang saya ubah, dengan menjalankan perintah:

 sudo ls /mysql

sehingga karenanya ibarat di bawah ini:


yup, berikut langkah-langkah memindah direktori database MySQL di Ubuntu, selamat mencoba dan agar membantu.

Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Memindah Data Directory Database Server Mysql 5.7 Di Ubuntu"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close